Apa itu Email Marketing? Pada dasarnya adalah penggunakan email yang ditujukan untuk mempromosikan produk dan atau sebuah layanan jasa. Tetapi definisi email marketing yang lebih baik adalah penggunaan email untuk mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan dan atau klien. Email marketing adalah salah satu satu strategi pemasaran internet, yang mencakup pemasaran online melalui website, media sosial, blog dan lainnya.

Dari segi pengiriman email, pada dasarnya ini sama dengan direct email hanya saja, teknis pengiriman dan formatnya berbeda.

Email marketing ini sangat efektif, karena langsung menyadar konsumen. Hanya saja kadang tidak tepat sasaran. Biasanya pihak advertiser melakukannya tanpa melalui proses riset dan sekadar ‘membeli daftar email’ untuk digunakan.

Sehingga yang ada email marketing malah mengganggu penerima, dan pada akhirnya berakhir pada unsubscribe. Ini jelas cara yang buruk. Bukan mendekatkan konsumen tapi malah menjauhkan.

Email Marketing Bisa Dipersonalisasi

Dengan email marketing Anda bisa melakukan kustomisasi secara personal kepada tiap-tiap email. Anda bisa mengelompokkan pelanggan tertentu yang sesuai dengan ketertarikannya masing-masing. Dengan email marketing juga memungkinkan kita bisa melakukan campaign-campaign yang berhubungan dengan personal pelanggan.

Misalnya saja mengirim email marketing kepada pelanggan yang akan ulang tahun. Kita bisa mengirim promo diskon belanja khusus untuknya di hari ulang tahunnya. Itu bisa dilakukan.

Sehingga ini semakin membuat hubungan kepada pelanggan semakin dekat dan pelanggan akan semakin loyal.

Praktek terbaik dalam email marketing adalah membangun daftar email pelanggan Anda sendiri, bukan membeli daftar email. Karena dengan seperti itu Anda akan mendapatkan daftar email pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda. Mereka pun juga tidak akan bermasalah jika nantinya mendapatkan email newsletter di emailnya.

Anda bisa melakukan ini dengan berbagai cara, misalnya membuat opt-in form berlangganan newsletter saat transaksi atau lainnya.

Keuntungan dari Email Marketing

Dua keuntungan besar dari email marketing adalah harga dan kemudahan. Mengiklankan perusahaan Anda melalui email ini adalah cara yang murah dibanding dengan jenis pemasaran lainnya. Dan ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah baik itu untuk mengatur penjadwalannya, melacak kampanye email marketing Anda dan mengkustomisasinya.

Newsletter dapat dikirimkan ke daftar email yang Anda buat dengan memberikan informasi yang diperlukan di website Anda. Misalnya mengirimkan berita terbaru seputar perusahaan, promo tertentu, informasi acara, atau penawaran lainnya.

Baca juga : Bagaimana Memulai & Membangun Email Newsletter yang Efektif?

Email Marketing Masih Relevan

Meskipun sekarang sudah banyak sekali media pemasaran yang baru, seperti pemasaran melalui iklan media sosial, akan tetapi email marketing masih sangat relevan di era sekarang. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh HostPapa, bahwa :

  • 94% pengguna internet menggunakan email, sementara hanya 61% menggunakan media sosial
  • 75% pengguna online mengatakan bahwa pemasaran email adalah metode pemasaran pilihan mereka
  • Fitur “opt-in” email memungkinkan pemasaran berdasarkan persetujuan. Jadi akan sangat saling menguntungkan.
  • Pemasaran email memungkin penargetan berdasarkan demograsi, seperti usia, lokasi, hobi, dll.
  • Pesan email memiliki format yang lebih luas dibanding pesan media sosial
  • Email menawarkan lebih banyak kemampuan pelaporan dan analitik, seperti CTR, Bounce rate, convertion, dll

Keuntungan besar dari email marketing dibanding media sosial adalah prospek pelanggan lebih cenderung melihat email daripada media sosial. Postingan Anda di media sosial pasti muncul tetapi tidak selamanya semua pengikut Anda akan melihatnya. Berbeda jika melalui email, pasti akan dibuka dan dibaca, atau bisa juga dihapus. Tetapi yang jelas di sini ada perbedaan yang sangat mendasar.