Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menjadi keinginan banyak orang. Buktinya ketika ada pendaftaran CPNS langsung diserbu ribuan orang. Padahal posisi yang dibutuhkan tidak seberapa. Lantas apa yang menjadi latar belakang utama seseorang memilih pekerjaan sebagai PNS?

Meskipun banyak pro kontra, tetapi menjadi PNS tetaplah pilihan yang baik. Karena baik buruknya pekerjaan itu tergantung yang melakukannya.

Dari sekian banyak orang, ada beberapa alasan mengapa PNS dipilih sebagai pekerjaan utamanya.

1. Gaji tetap

Ini yang menjadi alasan banyak orang. Menjadi PNS nantinya gaji per bulan sudah tetap. Jadi mereka menganggap kalau masa depannya tidak akan bermasalah (dalam hal ekonomi).

Tetapi meskipun gaji tetap, untuk bisa naik sangat susah. Ada banyak proses dan syarat yang harus diikuti jika ingin naik gaji. Berbeda jika menjadi pegawai swasta, apabila perusahaan mendapatkan omzet tinggi, biasanya pegawai akan diberikan bonus.

2. Dapat Dana Pensiun

Alasan kedua adalah mendapatkan dana pensiun. Karena sebanyak besar orang masih takut akan masa depannya ketika nanti tidak bekerja. Dengan menjadi PNS otomatis setelah pensiun tetap akan mendapatkan gaji tiap bulannya. Meskipun nominalnya tidak banyak tetapi itu sangat membantu ketika masa tua.

3. Gengsi di Masyarakat

Masih banyak pandangan yang muncul di masyarakat kalau menjadi PNS adalah pekerjaan yang bergengsi dan sangat terhormat. Orang yang menjadi PNS pasti bakal dihormati di lingkungannya. Oleh karena itu ini juga yang mendasari mengapa banyak orang ingin menjadi PNS. Yaitu karena gengsi di masyarakat.

4. Mengabdikan Diri

PNS adalah pelayan masyarakat dan gaji yang didapatkan pun dari masyarakat. Ada juga orang-orang yang ingin menjadi PNS karena alasan ingin mengabdikan diri. Mengabdikan diri dengan bekerja melayani masyarakat melalui berbagai instansi pemerintah yang ada.

Tetapi nampaknya sangat sedikit seseorang yang memilih alasan ini.

5. Kerjanya Mudah

Ini yang tersebar di masyarakat, kalau kerja jadi PNS itu kerjaannya mudah. Cuma duduk-duduk dibayar. Tetapi sebenarnya tidak begitu juga. Justru PNS pekerjaannya berat, PNS khususnya yang melayani masyarakat harus selalu inovatif dan kerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Apapun itu alasannya, yang terpenting bekerjalah sesuai dengan titahnya. Karena pekerjaan apapun itu sama saja. Semua intinya saling membantu.