Tak ada angin, tak ada hujan, tiba-tiba ada seseorang yang awalnya sama sekali tidak pernah baca buku dan tidak pernah baca buku tapi tahu-tahu membeli buku novel. Tentu wajib kita syukuri jika ada yang demikian, karena ini termasuk progres yang positif.

Tapi apa sih yang kadang membuat seseorang ingin membeli buku novel? Jangan-jangan kamu juga pernah melakukan seperti itu.

Novel ini memang jenis buku yang banyak dibaca orang, karena sifatnya berupa cerita. Tetapi ada juga yang memang tidak suka dengan jenis buku non fiksi atau memang tidak suka baca saja.

Nah, beberapa alasan mengapa seseorang tiba-tiba ingin membeli buku novel, biasanya diakibatkan oleh hal seperti ini :

Mengikuti Tren

Ya, bisa saja karena sedang ada tren terus ikut beli buku. Bukan tren membaca novel, tetapi biasanya karena ada salah satu judul novel yang memang sedang trending kemudian ingin membeli supaya bisa tidak ketinggalan momen. Perkara nanti akan dibaca sampai habis atau tidak itu urusan belakangan, yang penting ikut beli dulu.

Ada Hal yang Membuatnya Merasa Suka

Bisa jadi karena tren tersebut akhirnya banyak cerita-cerita yang ada di novel beredar di masyarakat, akhirnya seseorang ini menjadi tahu. Dan ternyata ada bagian membuatnya merasa tertarik dengan ceritanya. Entah ada kesamaan cerita atau lainnya.

Selain dari sisi cerita, bisa juga karena ada tokoh yang berpengaruh di hidupnya yang berhubungan dengan novel itu. Misalnya saja ternyata idolanya menerbitkan novel untuk pertama kalinya, akhirnya membeli novel bukan karena ingin membaca novelnya, tetapi karena idolanya.

Bisa Jadi Korban Iklan

Mungkin tidak sengaja melihat ada iklan promo buku murah, atau iklan novel yang sangat menarik perhatian sekali. Sehingga itu membuatnya untuk membeli, entah mumpung murah atau memang karena tertarik dari iklannya.

Ingin Hijrah Menjadi Pembaca Buku

Mungkin karena perenungannya selama ini, dan karena bisikan teman, akhirnya memutuskan untuk hijrah menjadi seorang pembaca buku. Ia memutuskan untuk mengoleksi buku-buku kemudian dibacanya sampai tuntas. Yang awalnya tidak pernah menyentuh buku sekarang setiap hari ingin membaca beberapa halaman.

Ingin Mendekati Seseorang

Ada juga yang tiba-tiba beli novel kemudian diperlihatkan kalau dirinya adalah pembaca novel juga, tetapi dengan maksud agar bisa mendekati seseorang. Biasanya cara ini digunakan yang ingin mencoba mendekati gebetan yang notabene targetnya memang suka membaca.

Dari beberapa alasan di atas, kira-kira kamu termasuk yang mana? Kalau beli buku mending di BukuPedia.com saja. Kamu cukup beli lewat online, dan tinggal tunggu di rumah. Jadi kalau kamu awalnya tidak suka baca, tidak perlu bingung dan canggung untuk membeli buku.