Sebenarnya tidak ada kewajiban seseorang untuk membaca buku genre ini atau itu. Membaca buku itu dibebaskan, semua orang berhak membaca buku apa saja yang mereka sukai. Akan tetapi kamu harus coba baca buku biografi. Karena akan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Buku biografi adalah buku tentang kisah nyata seseorang. Buku biografi ini ada dua tipe, yakni Biografi dan Otobiografi (Autobiografi). Kalau ingin mengetahui perbedaannya bisa dibaca di artikel kami sebelumnya.

Baca : Perbedaan Buku Biografi dan Autobiografi (Otobiografi)

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa membaca buku tidak ada kewajiban khusus dalam memiliki genrenya. Tapi kali ini kami ingin memberikan kamu alasan mengapa harus membaca buku biografi.

Akan ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan, diantaranya :

Mengetahui kisah kehidupan seseorang

Buku biografi ini adalah cerita nyata tentang kehidupan seseorang, baik itu tokoh negarawan, pengusaha, tokoh agama, aktor, atau bisa siapa saja. Dengan membacanya, kita bisa tahu bagaimana kisah seseorang tersebut dalam bidang atau lingkup yang sedang dijadikan sudut pandang cerita.

Misalnya saja kamu ingin memiliki semangat berbisnis seperti Jack Ma, kamu bisa membaca buku-buku biografi tenang Jack Ma. Kisah nyatanya bisa kamu jadikan referensi dalam kehidupan kamu khususnya dalam hal membangun bisnis.

Bisa dijadikan contoh yang baik

Sejatinya di dalam hidup ini kita belajar. Belajar dari kehidupan maupun dari pengalaman orang lain. Dengan membaca buku biografi suatu tokoh, kamu akan bisa menjadikan kisah baiknya sebagai contoh dan petunjuk yang bisa diikuti untuk kehidupan kita sendiri. Kita bisa menjadikannya kisah tokoh tersebut untuk teladan hidup kita.

Misalnya saja di dalam umat Islam ada tokoh yang sangat dijadikan teladan hidup yaitu Nabi Muhammad SAW. Membaca buku biografi beliau, hal-hal baik yang beliau lakukan bisa kita jadikan pedoman di dalam hidup kita. Tentu ini sangat berguna sekali walaupun beliau sudah wafat.

Meningkatkan rasa empati

Kita tahu setiap orang itu punya gaya dan karakter berbeda-beda. Dengan membaca kisah seseorang melalui buku biografinya, kita akan bisa belajar berempati. Karena bisa merasakan kesedihan, perjuangan, dan bagaimana seseorang tersebut menjalani kehidupannya.

Kadang ketika kita melihat tokoh yang saat ini sudah sukses, akan beranggapan bahwa ia pasti mudah mendapatkan kesuksesan tersebut. Tapi setelah membaca kisahnya, ternyata masih sekali perjuangan bahkan jatuh bangun yang dihadapinya. Sehingga ini membuat kita bisa belajar menghargai dan berempati kepada orang lain.

Meningkatkan rasa optimisme

Misal saja saat ini kamu sedang merintis sebuah usaha, kemudian usaha kamu jatuh. Janganlah bersedih. Coba baca kisah sukses tokoh-tokoh pengusaha, pasti mereka juga pernah jatuh bahkan jatuh lebih dalam. Tapi mereka bisa bangkit dengan caranya sendiri.

Dengan membaca kisahnya ini kita akan menjadi lebih optimis dalam meniti kehidupan apalagi ketika sedang merintis bisnis.

Ayo baca buku biografi, karena buku biografi bukanlah kisah fiktif yang dibuat mengada-ada. Buku biografi adalah buku kisah nyata dari orang-orang yang bisa kita ambil manfaatnya.