Perkembangan jaman ternyata tidak hanya mempengaruhi perkembangan teknologi saja. Dari bidang kesehatan pun juga mendapat pengaruh besar yang pada akhirnya mempengaruhi gaya hidup masyarakat.

Sebut saja TOGA (Tanaman Obat Keluarga), di era sekarang hampir jarang ditemui masyarakat yang masih mempercayai penggunaan tanaman sebagai obat utamanya. Dan sekarang lebih suka untuk konsumsi obat-obatan kimia yang lebih praktis tapi sebenarnya juga punya efek samping.

Ya meskipun perkembangan obat-obat herbal sudah bermunculan, tapi tetap saja mengkonsumsi tanaman obat harus tetap dilestarikan. Karena ini dia alasannya…

Bebas bahan kimia

Ya, yang namanya tanaman obat sudah tentu tidak ada bahan kimianya. Mengkonsumsi obat kimia itu sejatinya juga tidak baik untuk tubuh khususnya organ-organ vital seperti ginjal. Makanya banyak yang menyarankan kalau sering minum obat kimia harus diimbangi dengan minum air putih yang banyak.

Aman dalam jangka panjang

Konsumsi obat yang berasal dari tanaman obat dalam jangka panjang tidak akan membuat tubuh Anda bermasalah. Justru semakin rutin akan semakin baik. Beda jika konsumsi obat-obatan kimia, kalau Anda sudah sembuh ya harus dihentikan. Kalau tidak malah bisa berakibat fatal untuk tubuh Anda.

Murah dikantong

Kalau Anda sudah punya tanaman obat ya tinggal petik saja, tidak perlu keluar biaya yang mahal untuk menyembuhkan sakit. Misalnya saja ketika sakit batuk, umumnya kalau batuk tidak sembuh-sembuh akan pergi ke dokter, maka keluar biaya mahal. Nah, coba sekali-kali kalau batuk minum air perasan kencur, selain murah khasiatnya juga sangat baik.

Mudah ditemukan

Sebenarnya salah jika ada yang mengatakan sulit menemukan tanaman obat. Yang ada hanyalah tidak tahu jenis-jenis tanaman yang bisa digunakan untuk obat. Ini masalah edukasi saja. Tanaman-tanaman yang bisa mudah ditemukan seperti jahe, kencur, lengkuas, alang-alang, jeruk nipis, kayu manis, belimbing, seledri, dll semua itu bisa dijadikan obat.

Coba Anda baca buku di bawah ini :

Buku-buku di atas menjelaskan berbagai macam tanaman obat dan khasiatnya. Sehingga Anda bisa mulai mengerti cara penggunaannya. Kalau tidak membaca ya bakal tidak tahu kalau ternyata tanaman-tanaman di sekitar rumah Anda bisa berkhasiat.

Menjaga metabolisme tubuh

Jika ingin menjaga metabolisme tubuh, jangan terlalu sering minum obat atau vitamin, minumlah jamu hasil racikan tanaman obat. Karena tidak memiliki efek samping, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi rutin.

Tapi perlu diingat, tanaman obat tertentu juga perlu dosis yang tepat. Bisa dikonsumsi terus menerus asal dosisnya tepat. Lalu bagaimana mengetahui dosis yang tepat? Cara paling mudah adalah dengan tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. Kalau sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsi sehari sekali.

Nah kalau masih bingung lagi, bisa membaca buku di atas tadi. Sehingga Anda mendapatkan referensi yang tepat.