Kalau sudah suka dunia fotografi, pasti akan terkena candu lensa. Ya, awalnya mungkin sekadar menggunakan lensa yang ada, biasanya lensa kit. Tetapi makin ke sini pasti kamu ingin memiliki lensa-lensa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Alhasil berbagai lensa ingin kamu miliki meski harganya terlalu tinggi.

Bagi kamu yang saat ini masih tahap belajar fotografi, kami sarankan untuk memiliki lensa fix dulu. Bisa dipilih yang 50mm saja. Lensa fix 50mm ini umumnya sudah memiliki bukaan lensa yang lebar yakni f/1.8. Itu yang paling banyak digunakan fotografer. Wajar jika lensa ini memiliki sebutan lensa sejuta umat.

Lalu mengapa meski memiliki lensa fix 50mm? Berikut beberapa alasannya.

#1 Harganya murah

Lensa 50mm f/1.8 memiliki harga yang relatif murah terlepas dari apa itu mereknya. Harganya masih di bawah Rp 2 jutaan. Bahkan ada yang di bawah Rp 1 juta. Dengan harga yang realtif terjangkau ini tentu menjadi solusi bagi fotografer pemula yang ingin upgrade lensa untuk belajar mendalami ilmu fotografi.

#2 Memiliki bukaan yang lebar

Lensa 50mm umumnya memiliki bukaan yang lebar yakni f/1.8, bahkan ada yang f/1.4 dan f1.2. Artinya dengan bukaan yang lebar ini maka akan banyak cahaya yang masuk lensa dan kamu bisa menggunakannya di shutter speed tinggi. Keunggulan lain dengan aperture lebar adalah bagus untuk kondisi minim cahaya. Sehingga ketika kamu ingin memotret di malam hari, kualitasnya masih bagus meski dengan memanfaatkan ISO rendah.

Nah yang menarik dengan lensa bukaan lebar adalah, kamu bisa mendapatkan efek bokeh (blur di bagian belakang objek) yang cantik. Ini cocok buat kamu yang suka fotografi portrait. Efek bokeh akan mempercantik hasil foto kamu.

#3 Bobotnya Ringan

Lensa fix 50mm ini ukurannya tidak panjang. Lebih pendek dari lensa kit. Dan ini membuat bobotnya lebih ringan. Jadi kalau kamu mau traveling bawa lensa ini tidak capek pegangnya.

#4 Cocok untuk belajar fotografi

Nah ini yang membuat nilai plus di lensa ini. Kalau kamu masih tahap belajar fotografi, kamu akan banyak belajar dari lensa ini. Karena focal lengthnya tetap 50mm, maka kamu tidak bisa melakukan zoom di lensa ini. Kamu jangan yang bergerak aktif untuk menentukan sudut pandang yang pas.

Buku yang cocok kamu baca : Dasar fotografi Digital 3: Menguasai Exposure

Di sinilah kamu akan belajar menentukan segala hal, sudut pandang, pencahayaan, dan lainnya. Kekurangan yang ada di lensa ini justru akan membuat kamu bisa belajar lagi teknik-teknik fotografi.

#5 Enak buat traveling

Karena bobotnya ringan, kamu jadi tidak perlu membawa tas yang besar dan tentunya tidak bikin capek. Ini cocok buat kamu yang suka jalan-jalan. Tetapi, kalau mau foto landscape pakai lensa ini kurang pas. Karena sudut pandangnya kecil.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memiliki lensa fix 50mm?