Dari banyaknya bahasa yang ada di dunia, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang harus kita pelajari. Karena dengan mempelajari Bahasa Inggris, kita akan mendapatkan segudang manfaat yang bisa saja menjadi pintu rejeki di masa depan.

Tapi sebagian orang menganggap tidak perlu untuk belajar Bahasa Inggris. Ada yang beralasan sulit mempelajarinya, hingga merasa memang buat apa mempelajari Bahasa Inggris. Apalagi aktivitasnya sehari-hari tidak ada sangkut pautnya dengan Bahasa Inggris.

Nah, sebelum kamu benar-benar putus asa dalam belajar Bahasa Inggris, lebih baik baca alasan berikut ini mengapa kamu harus mempelajari Bahasa Inggris.

#1 Mudah memahami teknologi

Coba lihat saja teknologi yang saat ini baik gadget atau media sosial, semua menggunakan Bahasa Inggris. Ya meskipun dapat diubah menjadi Bahasa Indonesia, tetapi penggunaan Bahasa Inggris justru akan memudahkan. Bukan bermaksud meremehkan bahasa sendiri, tetapi saat ini tidak dipungkiri beberapa teknologi menggunakan Bahasa Inggris untuk memberikan informasi.

Kalau kamu tahu dasar-dasar Bahasa Inggris tentu ini akan sangat memudahkan kamu untuk cepat memahami dan menerima teknologi yang ada.

#2 Bahasa Internasional

Kalau kamu ke luar negeri meskipun tidak ke negara Inggris atau Amerika, kamu tetap bisa menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi utama. Karena Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang akan memudahkan orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi.

Itu kalau kamu ke luar negeri. Tapi kalau kamu cuma di Indonesia tetap dapat mendapatkan manfaatnya, terlebih jika suatu saat kamu kedatangan orang luar negeri. Misalnya saja mereka datang untuk berwisata, nah kamu sebagai orang Indonesia tentu ingin menjelaskan potensi wisata di daerahmu kan? Kalau bisa Bahasa Inggris tentu akan sangat memudahkan.

#3 Melancarkan Urusan Bisnis

Kalau kamu punya usaha/bisnis, ada baiknya juga menyempatkan untuk belajar Bahasa Inggris. Karena jika sewaktu-waktu bisnis kamu berkembang atau mendapatkan kesempatan untuk didanai dari investor luar negeri, kamu harus bisa presentasi. Dan jika tidak bisa Bahasa Inggris, tentu akan sangat menyulitkan menyampaikan visi misi.

Belum lagi jika kamu ingin bekerja sama dengan pihak luar, tentu harus lancar berbahasa Inggris. Ingat sekarang ini sudah era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), sehingga Bahasa Inggris harus bisa menjadi modal dasar.

#4 Peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik

Ya, sekarang ini masih banyak pengangguran. Tetapi banyaknya pengangguran ini disebabkan karena banyak SDM yang tidak mau belajar. Salah satunya belajar Bahasa Inggris. Sangat penting belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan karier seseorang. Percuma jika kamu memiliki keahlian yang bagus, tetapi dalam hal komunikasi Bahasa Inggris kurang.

Sekarang ini banyak lowongan kerja yang mengharuskan kamu untuk bisa Bahasa Inggris, minimal ya pasif.

#5 Nonton film bisa paham

Sekarang ini mayoritas film internasional menggunakan Bahasa Inggris untuk penyampaiannya. Nah kalau kamu suka nonton, tentu akan memudahkan memahami alur cerita dalam film ketika mengerti Bahasa Inggris. Masa ya harus nunggu film muncul subtitle Bahasa Indonesianya dulu.

#6 Menambah pengetahuan

Kalaupun kamu tidak bekerja atau berwirausaha yang menuntut harus bisa Bahasa Inggris, paling tidak kamu bakal bisa menambah pengetahuan dan wawasan. Misalnya saja membaca berita-berita dari luar negeri melalui website. Di situ kamu akan bisa mengetahui perkembangan negara-negara lain dengan membaca berita yang berbahasa Inggris.

#7 Bisa kuliah di luar negeri

Nah buat kamu yang masih sekolah atau kuliah, tentu akan bisa berpeluang untuk kuliah ke luar negeri. Misalnya saja melalui jalur LPDP yang disediakan oleh pemerintah Indonesia. Karena untuk bisa kuliah di luar negeri, syarat utamanya ya harus lancar Bahasa Inggris. Kalau bahasa Inggris saja tidak bisa ya percuma punya bakat untuk bisa kuliah di luar negeri.

Buku terkait tentang Belajar Bahasa Inggris:

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan alasan mengapa kamu harus mempelajari Bahasa Inggris. Namun yang terpenting adalah karena di era sekarang ini seseorang dituntut untuk berkembang dan agar mampu bersaing dengan setiap orang. Maka mempelajari Bahasa Inggris sudah menjadi kewajiban. Sekarang tinggal Anda sendiri mau berkembang atau tidak.