Merasa sulit fokus dengan kegiatan sehari hari anda? Ketika pikiran anda merasa lelah dan terkuras, akan sulit untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang anda rencanakan, bahkan bisa berdampak lebih buruk.
Apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan semua energi kita kembali agar dapat menjalani rutinitas dengan normal? Berikut sebagian tips dari dalai lama, kita bisa mengetahui apa yang menyebabkan kita tidak fokus, merasa energi terbuang percuma dan mencari solusi untuk membuat diri anda kembali bersemangat dalam menjalani hidup.

berkumpul dengan orang negatif

1. Berkumpul dengan orang negatif

      Poin ini cukup jelas, tetapi cukup banyak orang mengalami kesulitan mengidentifikasi mereka yang negatif dan mereka yang tidak. Entah teman maupun anggota keluarga, anda harus berani mengambil sikap ketika anda menghadapi masalah ini. Jika terus berkumpul bersama dengan orang negatif dapat dipastikan akan menambah lebih banyak stress dalam hidup anda, dan akan membawa anda jauh ke dalam lingkaran yang tak berkesudahan.

Memang akan menyakitkan memutuskan hubungan dengan orang yang anda sayangi, tetapi kesehatan mental anda lebih penting. Ini akan memberi anda waktu untuk meremajakan mindset anda. Carilah teman yang membuat anda merasa tenang dan dapat melakukan hal-hal berguna. “Jika anda menyalakan cahaya untuk untuk orang lain, jalan anda sendiri juga akan tercerahkan” Budha.

menyimpan dendam

2. Menyimpan dendam

      Belajar untuk memaafkan orang-orang yang salah kepada anda adalah suatu langkah penting untuk perkembangan anda. Anda tidak bisa membawa beban kebencian di bahu anda selamanya, itu hanya akan membuat anda mulai menderita. Layak atau tidaknya mereka mendapatkan pengampunan itu tidak masalah, karena anda tidak melakukannya untuk mereka, anda melakukan untuk diri anda sendiri, pribadi anda!

tidak berusaha menepati janji

3. tidak berusaha menepati janji

      Hal ini cukup penting, tidak menepati janji dapat menyakiti orang orang di sekitar anda, dan memberikan stigma buruk kepada anda. Mereka berpikir anda orang yang tidak dapat dipercaya.

Tepatilah setiap janji yang anda buat dan tidak ada salahnya juga jika anda membuka diri untuk menceritakan rahasia kecil anda sendiri kepada orang lain. Kepercayaan adalah jalan dua arah, akan memakan waktu lama untuk membangunnya tapi bisa hancur dalam hitungan detik, maka dari itu, jagalah.

terlalu ambisius

4. Terlalu berambisi

      Kita terus berambisi pada rancangan besar yang berikutnya terjadi, seperti membeli mobil, membeli rumah atau peningkatan karir. Hal ini yang membuat anda mengejar sesuatu yang sifatnya semu, dan akan terjebak dalam lingkaran tidak berkesudahan, Santailah sedikit, nikmati waktumu. Kita hidup memang harus memiliki tujuan, tetapi tidak ada salahnya juga kita menikmati apa yang telah kita dapat.

Jalani hidup Anda, dan bertemanlah dengan orang orang yang membawa perubahan. Setiap orang bekerja untuk menata masa depan yang lebih baik, namun mengambil istirahat untuk melihat sejauh mana kita sudah melangkah juga bukan hal yang salah.

khawatir dengan perasaan orang lain

5. Khawatir dengan perasaan orang lain namun tidak dengan perasaan sendiri

      Banyak juga orang yang terlalu khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan terhadap dirinya. Jika Anda hanya menghabiskan hidup anda untuk mencoba menyenangkan orang lain, anda tidak akan bisa membuat perubahan pada sesuatu yang jauh lebih penting yaitu diri anda sendiri. Jangan khawatir terhadap cara pandang orang terhadap kita, jadilah diri sendiri dan buatlah sesuatu yang berarti. Kemungkinan akan semakin banyak orang yang berteman dengan anda dan sejalan pikiriannya.

penting menjadi sehat

6. Melupakan pentingnya menjadi sehat

      Tubuh dan pikiran anda bergantung pada kesehatan yang terjaga. Mulailah untuk melakukan kegiatan yang lebih sehat dari sebelumnya. Jika anda kelebihan berat badan, mulailah untuk melakukan olah raga ringan sebelum anda berangkat kerja. Jika anda perokok, cobalah untuk membatasi diri anda untuk beberapa batang rokok hingga anda bisa terlepas sepenuhnya. Hargailah tubuh anda dengan cara sendiri yang menurut anda menyenangkan.

bersama kekacauan

7. Anda selalu bersama kekacauan

      Anda merasa hidup anda berantakan sepanjang waktu? mulai dari kamar anda, perabotan di rumah anda, atau bahkan aplikasi pada komputer anda. Hal ini akan memperburuk pikiran anda, hal-hal semeraut akan membuat anda lebih mudah stress. Mulailah untuk menata ulang dan membersihkan segala hal-hal yang berantakan pada rumah anda. Gunakan teknik tata ruang yang tepat agar membuat lebih banyak ruang dirumah anda.

Jadikan ini sebagai hal rutin misanya 2 kali setiap bulan. Jika anda igin membersihkan pikiran anda, anda harus terlebih dahulu membersihkan hidup anda. Dan tentunya hidup anda tidak bisa terlepas dari apa yang ada disekitar anda.

melakukan tepat waktu

8. Tidak melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat

      Seiring waktu, dalam hidup kita pasti akan mempelajari waktu dan tempat yang tepat untuk melakukan sesuatu. Misalnya, saat kita mempunyai masalah dalam keluarga kita, jangan membawa masalah tersebut dalam lingkungan kerja. Bertindaklah profesional!

Lalu anda juga perlu beristirahat setelah melakukan rutinitas yang berat, semua ada waktu dan tempatnya sendiri. Namun masih banyak orang berpikir berkerja lebih keras dan memaksakan diri akan menghindari kita dari rasa malas. Pemikiran itu salah! anda memerlukan suatu waktu dimana anda bisa bermalas malasan untuk menikmati hidup dan kesehatan yang tuhan berikan sebelum badan anda menjadi bubur karena bekerja terlalu keras.

ketakuatan sendiri

9. Terjebak oleh ketakutan sendiri

      Ini adalah sesuatu yang menjadi masalah banyak orang. Menghadapi ketakutan sendiri lebih sulit daripada yang terlihat di acara-acara uji nyali di tv favorit anda. Dibutuhkan banyak keberanian dan pengetahuan untuk melakukannya (bisa juga karena keterpaksaaan sih). Jika ada seseorang menyakiti anda? Hadapilah dengan kepala dingin. Jika mereka menolak untuk mendengarkan anda? Putuskan agar mereka keluar dari kehidupan anda. Jangan membuang banyak energi percuma dan membiarkan ada hal mengganjal menggangu pikiran anda.

Jangan menunggu sebuah jawaban atau keputusan. Buatlah pilihan lain dan jadilah dewasa. Setiap dari kita memiliki kekuatan untuk melawan sisi buruk dari diri sendiri, anda hanya perlu mempelajarinya.

Anda mungkin bisa mencoba berbagi tips di atas dan lihat kemajuan positif untuk diri anda. Semoga.