Pernahkah anda merasakan satu waktu dalam hidup anda benar-benar kehilangan semangat hidup dan tidak tau apa yang akan kita kerjakan untuk masa depan. Tak peduli berapa keras kita mencoba untuk merubah keadaan, pada akhirnya itu tak bisa mengubah apapun, dan membuat anda putus asa, kebingungan menyelimuti anda dan anda berpikir tidak ada jalan lain. Setiap dari kita mungkin akan melewati fase ini, hanya saja tidak semua orang bisa melewatkannya dengan baik. Faktor eksternal juga berperan penting pada saat situasi ini, jika anda dihadapkan pada situasi seperti ini anda mungkin bisa membaca 9 buku dengan genre self-help dibawah ini dan membuat anda lebih menghargai hidup anda.

 1.  The Art of Non-Conformity, Chris Guillebeau

The Art of Non-Conformity

“As a general rule, if you don’t know what to do at any given day, spend at least some of your time helping someone else.”

Dalam buku ini sang penulis menantang anda untuk keluar dari zona nyaman dan membuat keputusan yang lebih baik untuk hidup anda. Penulis terus menekankan betapa bahayanya untuk menjalani kehidupan yang “biasa” kita jalani dan membuat anda menentukan pilihan lain. Guillebeau membuat buku ini seakan sebagai perenungan untuk anda, akan banyak pertanyaan yang dberiikan oleh buku ini, seperti;“menagapa saya melakukan in?i” dan “apa yang terjadi jika saya tidak melakukannya?”. Menjawab semua pertanyaan yang ada buku ini akan memperjelas bahwa ada tanggung jawab besar dalam hidup anda. Anda bisa mendapatkan buku ini disini .

2. High Expectations Are the Key to Everything, Michael Bergdahl

High Expectations Are the Key to Everything

“If you are going to compete and you hope to win, always go into the competition expecting to win and the outcome can become a self-fulfilling prophecy”

Jika anda pernah dikecewakan karena harapan anda yang tidak tercepai terhadap diri anda atau seseorang, maka buku ini adalah obat yang mujarab. Penulis dalam buku mengatakan “kita akan lebih baik jika kita selalu berharap menjadi lebih baik untuk diri kita sendiri, dan saat kita membantu orang lain menjadi lebih baik maka kita telah menambah kemungkinan pada diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik”. Buku ini mengajarkan untuk  menetapkan harapan yang besar, bermimpi besar, membuat rencana yang besar, dan menetapkan tujuan yang pasti. buku ini memacu diri anda untuk lebih baik dari diri anda sebelumnya dan orang lain. Anda bisa mendapatkan buku itu disini.

3. The Magic, Rhonda Byrne

The Magic, Rhonda Byrne

“Those who don’t believe in magic will never find it.”

Ini adalah buku yang anda perlukan saat anda mengalami krisis batin. Seringkali kita lupa bersyukur disaat kita merencanakan sesuatu. Dan saat rencana tidak sesuai dengan ekspektasi kita, kita kehilangan arah. Penulis dalam buku ini mengingatkan kepada kita untuk terus bersyukur atas apa yang kita miliki. Mereka yang bersyukur akan mendapatkan berkah yang lebih banyak lagi, namun bagi mereka yang tidak, mereka akan terus merasa kekurangan bahkan akan kehilangan apa yang telah mereka miliki. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

4.  The Speed of Trust, Stephen R. Covey

The Speed of Trust

“Once you create trust — genuine character and competence based trust — almost everything else falls into place.”

Penuls menekankan dalam buku ini bahwa salah satu kualitas yang membuat segalanya berbeda adalah “kepercayaan”. Dia menulis “Ketika anda pergi bekerja, tanggung jawab utama anda adalah membangun kepercayaan. Dalam segala hal yang anda lakukan seperti hubungan dengan lingkungan anda atau apapun itu, kepercayaan memiliki dampak yang sangat besar. Berusaha untuk terus membangun kepercayaan akan membantu anda mendapatkan peluang lebih baik.” Anda dapat mendapatkan buku tersebut disini.

5.  Tuesdays with Morrie, Mitch Albom

Selasa Bersama Morrie

“The culture we have does not make people feel good about themselves. And you have to be strong enough to say if the culture doesn’t work, don’t buy it.”

Buku ini menjadi pilihan yang terbaik untuk anda menemukan jawaban atas banyak pertanyaan dalam hidup yang kita jalani. Pelajaran hidup banyak terangkum dalam buku ini mulai dari kematian, penyesalan, keluarga, emosi, rasa takut, penuaan, uang, cinta, pernikahan, budaya, penagampunan dan masih banyak lagi. Morrie, dalam buku ini adalah karakter professor tua dangan kebijaksanaan besar terhadap kehidupan yang memberi penjelasan tehadap mitch, seorang murid mahasiswanya, Morrie menceritakan pengalaman bahagia dan menyakitkan yang telah ia lalui sepanjang hidupnya saat kedua orang ini bertemu setiap hari selasa. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

6.  Choose Yourself, James Altucher

Pilih Diri sendiri

“Being honest at every level is really the most effective habit of all if you want to have massive success.”

Welcome to the “choose yourself era.” Jika anda pernah mundur dari suatu rencana akibat takut dengan orang lain, kegagalan atau tekanan eksternal lainnya, maka buku ini bisa membantu anda mengambil langkah pertama lebih cepat hingga  menyelesaikan semuanya. Penulis menyajikan beragam kemungkinan dan meminta anda untuk membuat “jalan” anda sendiri tanpa intervensi dari orang lain. Dia menjelaskan secara detail tentang apa artinya menjadi diri sendiri. Anda dapat membeli buku itu disini.

7. Who Will Cry When You Die, Robin Sharma

Siapa Yang Akan Menangis Ketika Anda Die,

“Get up early. There is something very special about the first few hours of morning.”

Buku ini mengajarkan kita untuk menjalani hidup secara arif dan bijaksana untuk mencapai potensi sejati seseorang. Ini adalah materi yang sederhana namun ampuh untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Tidak hanya itu, buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana hubungan antara membangun kebiasaan sehari-hari kita berkolrelasi menjadi pribadi yang lebih baik. Anda bisa mendapatkan buku yang sudah ditransalasi ke bahasa Indonesia disini.

8. Warrior of the Light, Paulo Coelho

Warrior of Light

“Warriors of light often ask themselves what they are doing here. Often they find their lives meaningful.”

Anda tidak salah jika menganggap buku ini sebagai pegangan hidup anda. Tidak peduli hal yang menjemukan dalam hidup anda, hal yang membuat anda patah semangat dan kehilangan arah hidup, buku ini akan menghapuskan keraguan dan kekecewaan yang telah anda alami. Recommended banget untuk kalian para pejuang hidup. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

9.  The 7 Habits of Highly Effective People, Stephen R. Covey

The 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

“Start with the end in mind.”

Kutipan diatas adalah salah satu kebiasaan yang dijelaskan dalam buku ini, kebiasaan ini saja sudah cukup membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik. Pengarang buku ini sama dengan pengarang pada buku urutan ke 4 dalam artikel ini, Stephen R. Covey. Penulis menjelaskan bahwa dalam perjalanan kehidupan, anda akan melewati fase yang mungkin tidak akan anda perkirakan, mulai dari kehilangan, dikalahkan, diejek dan lain-lain. Namun pada akhirnya anda akan menyadari bahwa semua ini adalah hal-hal yang anda harus lewati dalam hidup, ini hanya masa-masa sulit dan kita harus bisa mencapai fase selanjutnya. Anda bisa mendapatkan buku aslinya disini atau buku yang sudah di translasi ke dalam bahasa Indonesia disini.