Mending doyan makan atau kurang nafsu makan? Ya kalau disuruh milih pasti tidak mau pilih dua-duanya, karena semua itu akan berdampak buruk pada kesehatan. Doyan makan akan membuat tubuh menjadi tidak sehat, karena terlalu konsumsi makan yang berlebih. Bisa saja tubuh menjadi gemuk yang tidak sehat. Kalau kurang nafsu makan sudah pasti akan membuat tubuh gampang terserang penyakit.

Jadi sebaiknya pilih mana? Ya pilih memiliki pola makan yang teratur.

Tetapi bagaimana kalau gampang lapar? Sudah makan tapi baru beberapa jam lapar lagi. Ada lhoh orang yang seperti ini.

Jika kamu termasuk diantaranya mending hati-hati, karena itu bisa memicu penyakit. Itu termasuk kebiasaan yang buruk. Lantas apa penyebab tubuh menjadi sering lapar? Berikut ini 9 alasan yang kami rangkum dengan singkat.

#1 Stress

Ya, orang yang stress secara berlebih bisa membuat gampang labar. Hal ini disebabkan ketika stress hormon kortisol akan meningkat dan itu menyebabkan munculnya keinginan rasa untuk makan. Selain itu, hormon adrenaline juga menjadi menurun. Padahal salah satu fungsi dari hormon ini adalah dapat menghilangkan rasa lapar.

Solusinya adalah jika kamu memang belum makan, ya makan saja. Tetapi kalau saat stress dan ternyata baru saja makan, lebih baik tenangkan pikiran agar stress hilang.

#2 Kekurangan cairan tubuh

Kalau kamu termasuk orang yang kurang minum air putih, mending coba untuk meningkatkan konsumsi air. Karena kekurangan cairan dapat membuat tubuh menjadi perlu konsumsi makanan. Lebih baik coba untuk konsumsi air dulu sebelum memutuskan untuk makan lagi.

#3 Gula darah meningkat

Faktor penyebab lain adalah meningkatnya gula darah. Hal ini bisa disebabkan pola makan yang tidak bagus, seperti kebanyakan konsumsi soda, makanan dengan gula tinggi (kue/donat/dll). Tingginya kadar gula darah membuat tubuh melepas hormon insulin. Hormon ini akan bereaksi membantu sel untuk membakar gula sebagai energi tubuh. Sehingga tubuh pun akan mudah lapar.

#4 Makan terlalu cepat

Bisa jadi kamu makan terlalu cepat. Ini mengakibatkan makanan tidak dicerna secara sempurna selain itu juga membuat tubuh merasa sudah kenyang. Sebaiknya ketika makan lakukan dengan tenang tidak perlu tergesa-gesa dan pastikan kunyah sampai halus.

#5 Hormon tiroid yang terlalu aktif

Dalam tubuh manusia terdapat berbagai hormon, salah satunya adalah hormon tiroid. Hormon ini bisa saja meningkat kala kamu gampang labar. Karena salah satu efek dari peningkatan hormon ini adalah membuat tubuh menjadi cepat lelah dan lapar.

#6 Efek samping obat

Apakah kamu sedang berkomsumsi obat? Bisa jadi efek samping obat tersebut adalah membuat kamu cepat labar. Misalnya saja obat-obat untuk mengatasi depresi, biasanya memiliki efek samping yang mempengaruhi nafsu makan. Coba cek efek samping obat yang kamu konsumsi.

#7 Sedang hamil

Sering merasa lapar bisa dikarenakan sedang hamil. Biasa kalau sedang hamil kadang dihantui rasa lapar. Apalagi kalau lagi ngidam.

#8 Kurang tidur

Kurang tidur juga membuat nafsu makan terganggu. Bukan kurang makan, tetapi malah pengen makan terus. Sebaiknya perbaiki pola tidur agar keseimbangan hormon juga terjaga.

#9 Cacingan

Bisa juga kamu punya penyakit ‘cacingan’. Orang yang cacingan memang mudah merasa lapar, padahal baru saja makan. Selain itu meski merasa sering makan tetapi berat badan tidak naik.

Kalau kamu memiliki kebiasaan yang mudah lapar seperti ini sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dan sebaiknya juga jaga gaya hidup sehat. Perbanyak olahraga rutin. Karena dengan olahraga dapat membakar makanan yang baru dikonsumsi menjadi tenaga dan tubuh tidak mudah lapar.