Banyak sekali tips dan trik disekitar kita tentang cara bagaimana cara untuk memperbaiki mood. Bahkan dalam ilmu psikologi mengajarakan bagaimana cara mendapatkan rasa bahagia itu sendiri contohnya dengan cara meditasi untuk mempertahankan kestabilan pikiran anda atau membaca buku dengan isi yang “positif”.

     Namun terkadang hanya dengan tindakan kecil yang sepertinya tidak masuk akal dapat merubah mood kita menjadi lebih baik. Beberapa cara ini mungkin bisa Anda terapkan disaat diri anda sedang badmood.

lakuakn sesuatui

1. Lakukan sesuatu.

      Gretchen Rubin, dalam bukunya “The Happiness Project”, mengemukakan bahwa perlunya bertindak seperti apa yang ada pikirkan dan lakukanlah tanpa paksaan. Amy Cuddy, seorang psikolog dari universitas harvard amerika melakukan penelitian dan menghasilkan kesimpulan bahwa bahasa tubuh dapat mempengaruhi apa yang kita rasakan. Contohnya jika kau ingin merasa dunia ramah padamu maka tersenyumlah. Maka dari itu bergeraklah..

mendengarkan musik

2. Mendengarkan musik.

      Musik memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pikiran Anda. Para peneliti mengatakan bahwa musik adalah penggambaran dari emosi kita . Musik yang menenangkan dapat mempengaruhi detak jantung secara bertahap

talk with other people

3. Berbicara dengan seseorang

      Manusia adalah makhluk sosial, sudah sewajarnya kita membutuhkan kehadiran orang lain. Ketika anda merasa badmood, berbicara adalah hal yang sangat membantu, entah dengan topik yang sebenarnya sepele sekalipun. Bersosialisasi merupakan kebutuhan pokok manusia. Dengan berbicara, mendengarkan dan saling tertawa itu dapat mengurangi rasa sakit, banyak rasa sakit.

jalan-jalan-dan-mengunjungi-tempat-baru-kecil

4. Jalan jalan dan mengunjungi tempat baru

      Berjalan jalan merupakan cara yang terbukti ampuh untuk menghilangkan penat. Anda bisa melakukannya bersama orang terdekat anda atau mungkin sendiri saja. Pengalaman kita saat di perjalanan atau di tempat liburan memberikan penyegaran dan menghilangkan sedikit beban. hal inilah yang kita butuhkan, menempatkan sedikit jarak antara diri anda dan masalah anda. Itu yang penting!

dengan anak dan peliharaann

5. Bermain bersama anak anak atau hewan peliharaan

“Cinta tidak pernah gagal untuk menyembuhkan, tanpa syarat, dan menuangkan ramuan ajaib pada luka anda.”

      Penelitian menunjukan bahwa menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan dapat membuat perbedaan besar untuk suasana hati kita. Lalu anak-anak, mereka selalu bisa meredam kemarahan, sebesar apapun itu.

tidur siang sejenak

6. Tidur siang sejenak

       Anda terseret dengan rutinitas dan terkadang enggan melakukan apapun, sekalipun itu hanya untuk melangkah kecil ke depan. Saat anda bangun dipagi hari anda sudah berpikir bahwa semua ini akan menyedihkan hingga hari ini berakhir. Beristirahatlah, tidur siang setidaknya 20 menit sebelum anda melanjutkan rutinitas anda. Percayalah, hal ini bisa membuat anda lebih produktif sekaligus membuat suasana hati anda menjadi lebih baik

memeluk-seseorang-kecil

7. Memeluk seseorang (jika punya)

        Sentuhan adalah hal yang dapat menyembuhkan. Syaraf manusia memiliki kemampuan untuk menafsirkan sentuhan dari orang lain. Bahkan bayi yang baru lahir dapat mengenali sentuhan dari ibu mereka. Memeluk erat dapat membuat seseorang tersebut merasa aman dan terlindungi, pelukan erat juga dapat melepaskan hormon endorfin dan oksitosin yang otomatis membuat perasaan kita menjadi lebih baik.

apa yang kamu kerjakan harus kamu selesaikan

8. Menyelesaikan sesuatu

       Buatlah daftar to do list untuk hari ini, jalani tugas yang ada dalam daftar tersebut dan selesaikanlah, menjadi produktif adalah pengharagaan untuk hidup anda dan orang disekitar anda, menyibukkan diri terkadang justru menjadi jalan terbaik untuk menenangkan diri, sebagai penyeimbang, anda juga bisa membuat daftar not to do list. Agar anda bisa menghindari kegiatan yang merusak suasana hati anda atau mungkin kebiasaan buruk anda.

Suasana hati memang tidak bisa kita duga, terkadang hanya dengan hal kecil kita merasa benar-benar badmood. Ada baiknya kita mengenali diri kita lebih dalam untuk mengetahui sebab apa yang membuat suasana hati kita menjadi suram. Ingatlah, dunia selalu merefleksikan apa yang anda pikirkan.