Seperti yang kita tahu, teknologi tidak pernah berjalan di tempat. Di tahun 2012 misalnya, smartwatch hanyalah sebuah konsep yang sangat keren waktu itu, namun sekarang hanya dengan harga murah anda sudah bisa mendapatkan perangkat dengan embel-embel smartwatch di toko online. Semua berawal dari ide dan konsep, lalu konsep apa saja yang akan berkembang pesat penggunaannya? Berikut daftarnya.

1. Data selular 5G

5G network

      Kurang puas dengan kecepatan internet anda? Walaupun banyak provider internet yang menawarkan 4G, namun memang harus kita sadari jaringan internet di negara kita ini sedikit tertinggal daripada negara tetangga. Banyak wilayah yang masih terjebak dengan jaringan 3G bahkan lebih parah lagi tidak terjangkau sinyal seluler . Sarana yang terbatas menjadi kendala tersendiri terutama di daerah yang sulit terjangkau. Namun di amerika dan sebagian negara eropa saat ini sedang melakukan penelitian pengembangan jaringan 5G. Penyesuaian dan pembuatan infrastruktur terus dilakukan guna kepentingan penelitian tersebut. Hanya butuh 2 dekade untuk melakukan transisi dari 3G ke 4G di negara maju, apakah ini juga berlaku untuk peralihan ini, atau mungkin lebih cepat? Kita lihat saja.

2. Artificial Intelligence

artificial intelligence

      Film-film bergenre sci-fi biasanya banyak sekali memasukan unsur artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, ambil saja contoh sekuel film star wars, namun apakah itu bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari hari? Tentu saja bisa. IBM sebagai perusahaan IT ternama pada tahun 2011 mengikutsertakan robot ciptaannya yang diberi nama Watson dalam acara kuis amerika serikat, Jeopardy!. Dan hasilnya memang diluar ekspektasi, robot buatan ini mampu menjawab banyak pertanyaan yang diberikan pembawa acara. Perjalanan panjang masih akan terus dilakukan untuk penyempurnaan teknologi kontekstual ini, namun saat ini kemajuan dalam teknologi kecerdasan buatan sudah cukup pesat. Seperti yang kita tahu, Siri, Google Now, Cortana adalah perangkat lunak berbasis artificial Intelligence yang mampu berinteraksi dengan penggunanya bahkan memprediksi sesuatu. Tidak lama lagi semua akan terintegrasi hanya dengan pikiran kita, mungkin saja.

3. Smart home

smart home

      Konsep ini sudah banyak yang menerapkannya. Google misalnya, seperti yang telah kami ulas disini. Dengan segudang fitur yang ada menjadikan rumah anda lebih nyaman dan membuat pekerjaan rumah anda menjadi lebih mudah. Mungkin tidak akan lama lagi anda dan rumah anda bisa saling berbicara.

4. Menjadi penyedia jasa secara universal

uber driver

      Di indonesia hal ini sedang menjamur terutama aplikasi online berbasis transportasi seperti uber, grab, atau gojek. Siapapun kini dapat menjadi pengemudi pada perusahaan tersebut. Kini konsep tersebut menjadi universal berkat keajaiban internet. Dengan hanya dirumah, pengemudi bisa mendapatkan pelanggan selama perangkat mereka terhubung dengan internet. Ada banyak ide yang terus berkembang selain transportasi, yang menyediakan jasa dan berhubungan dengan internet. Seperti kuliner atau jasa reparasi kendaraan

5. Konten yang bisa diunduh akan mengeser konten fisik

mengunduh konten

      Keterbukaaan informasi pada era digital membuat kita bergantung pada internet. Hal ini membuat kita lebih mudah mendapatkan berbagai konten digital dari internet. Contohnya musik, film, atau game. Itunes misalnya, aplikasi buatan apple.inc ini menyediakan lagu lagu favorit dengan kualitas yang sangat baik dan dapat didownload secara legal, anda tidak perlu lagi ke toko kaset. Semua lagu keluaran lama dan baru sudah ada disana. Beda lagi dengan Steam, Jika anda pecinta gane DOTA, pasti anda tidak asing dengan software ini. Steam adalah distributor game milik Valve yang menyediakan Game yang dapat dibeli lalu diunduh secara online. Sistem pembayaran dapat menggunakan Kartu Kredit dan Steam Wallet. Game di Steam adalah game original bukan bajakan, kita dapat mengupdate game yang kita miliki di Steam secara resmi. Dengan adanya Steam, diupayakan agar pembajakan game yang marak bisa ditekan. Cara kerjanya dengan mengunduh software Steam, dengan begitu dapat dicek dan langsung membeli permainan yang ada. Lupakan kaset, DVD, dan segala hal yang yang rentan rusak, sediakan saja internet dengan kecepatan tinggi untuk mendownload semua dan tentunya media penyimpanan yang besar.

6. Pengisian daya nirkabel

wireless charging

      Untuk konsep ini sudah banyak sekali terealisasi, contohnya adalah Qi wireless, perangkat yang berfungsi sebagai pengisi daya smartphone yang mendukung wireless charging. Lebih jauh, penerapan konsep ini juga mulai direncanakan untuk mobil listrik. Bisa anda bayangkan, saat mobil anda terparkir secara bersamaan mobil anda juga sedang mengisi daya. Kedepannya konsep ini akan diterapkan lebih jauh untuk hal hal berguna lainnya.

7. Bahan bakar ramah lingkungan dan energi terbarukan

green energy

      Sadarkah kita, kita adalah makhluk hidup terakhir yang akan menjadi bahan bakar fosil sebagai sumber energi yang tersedia di planet ini, menggantikan dinosaurus yang sebelumnya sudah punah. Dalam beberapa waktu mendatang, langkah besar diharapkan untuk membuat green energy yang berasal dari bahan yang ramah lingkungan, sepoerti angin, panas bumi atau cahaya matahari. Eksplorasi sunber bahan bakar potensial dari tumbuhan seperti gandum atau ganggang sudah gencar dilakukan untuk mengurangi ketergantungan kita pada minyak dan batubara yang masih cukup tinggi. Dalam 10 tahun kedepan diharapkan ini memberikan dorongan besar untuk kelangsungan hidup manusia.

8. Graphene

graphene

      Tahun 2004, saat lembar pertama graphene diproduksi. Sejak saat itu banyak ilmuwan yang terus mencoba memproduksi masal benda ini, lalu mengapa?

Graphene adalah adalah molekul yang terdiri dari atom karbon murni. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa graphene merupakan unit struktural dari grafit. sesuatu yang jutaan kali lebih tipis dari rambut manusia namun punya kekuatan 300 kali baja, dan 1.000 kali lebih konduktif atau bisa mengalirkan panas lebih kuat dari silikon.
Untuk kegunaannya sendiri, Graphene mampu membuat segalanya menjadi lebih baik. Sangat mengagumkan jika menciptakan sesuatu menggunakan graphene. Benda ini juga bisa digunakan sebagai baterai yang tidak beracun dan ramah lingkungan dan dapat diisi ulang dalam waktu singkat. Tidak hanya sampai disitu, karena kekuatannya itu, samsung sebagai produsen smartphone ternama, sedang melakukan riset dan mengembangkan graphene sebagai pelapis layar pada produk-produk mereka. Benda ajaib ini juga bisa menjadi panel surya yang extra tipis dibanding panel surya konvesional untuk mengubah panas matahari menjadi energi yang lebih ramah lingkungan. Tentunya masih banyak lagi kegunaan yang berdampak positif pada teknologi dan kehidupan.

Tidak lama lagi sebagian besar konsep tersebut akan terus berkembang dengan penyempurnaan yang lebih baik, dan kelak semua akan lebih berguna bagi kita. Pada kenyataannya, manusia terus berusaha menciptakan hal-hal yang membuat semua lebih efisien. Semoga saja ini merupakan langkah menuju dunia yang lebih baik, dari segi lingkungan atau sisi kemanusiaan itu sendiri.