Warga negara jepang umumnya terkenal dengan umur mereka yang panjang, tidak hanya itu, kebanyakan wanita jepang juga memiliki tubuh yang langsing, sehat dan kencang. Genetika mungkin menjadi alasannya, namun penelitian juga menunjukan bahwa kebiasaan yang mereka jalani juga menjadi faktor penentu kesehatan mereka, seperti kebanyakan wanita jepang yang kebanyakan minum air putih segera setelah bangun tidur.

Sebenarnya hal ini merupakan budaya jepang yang sudah dilakukan sejak turun temurun, warga negara jepang sangata menghargai air sebagai sumber kehidupan. Secara ilmiah, kebiasaan tersebut dapat membantu memperbaiki sejumlah gangguan tubuh. Berbeda dengan amerika serikat den negara barat lainnya, jepang tidak pernah bermasalah dengan penderita gangguan berat badan, obesitas atau diabetes. Gaya hidup mereka yang sehat adalah alasan mengapa umur mereka panjang.

Mengapa air minum menjadi penting?

70% kita adalah air

Anda pasti tahu bahwa 70% tubuh kita terdiri dari air dan idu sebenarnya sudah menjelaskan keseluruhan pertanyaan. Ketika kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi maka akan terjadi masalah dalam tubuh anda, baik masalah jangka pendek maupun jangka panjang. migrain, angina, radang usus, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, TBC paru-paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim. Meminum air sesegara mungkin sebelum bangun tidar merupakan salah satu cara mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Bagaimana cara yang benar meminum air putih agar berdampak positif bagi kesehatan ?

Metode-metode dibawah ini telah terbukti membantu mengurangi gangguan pada tubuh, mengurangi gangguan pada saat menstruasi, dan penyakit yang terkait pada mata. Tubuh anda juga akan merasakan segar sepanjang hari jika anda mengkonsumsi air putih dengan tepat.

  • Minum sekitar 160 ml air empat kali segera setelah anda bangun tidur, sebelum menggosok gigi dan perut masih kosong.
  • Jangan makan apapun selama 45 menit sesudahnya.
  • Minum air putih minimal 30 menit sebelum makan.
  • Jika Anda tidak dapat minum empat gelas air pada saat perut kosong, maka anda dapat mulai dengan satu gelas atau sebanyak yang tubuh anda sanggup. Anda bisa secara bertahap meningkatkan asupan air sampai mencapai tingkat yang diinginkan yaitu 640 ml.

minum air penting

Lalu apa hasilnya?

  • Akan mengurangi gejala penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi dalam 30 hari
  • Mengurangi keluhan penderita sembelit dan gastritis dalam waktu 10 hari

Manfaat utama minum air putih saat perut kosong atau sesudah bangun tidur


1. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

minum air

Ketika Anda meminum air, secara alami akan akan membuat gerakan dalam perut Anda. Jika Anda meminim air pada malam hari sebelum tidur, hal itu membantu  perbaikan tubuh anda dan meluruhkan racun dalam tubuh anda, sedangkan saat anda meminum air putih setelah bangun tidur, secara otomatis racun yang mengendap dalam tubuh anda akan dikeluarkan bersama saat anda buang air kecil. Meminum banyak air putih juga dapat meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

2. Meningkatkan metabolisme

minum air tingkatkan metabolisme

Meminum air saat perut kosong dapat meningkatkan 24% tingkat metabolisme dalam tubuh. Hal ini sangat penting bagi mereka yang sedang menjalani diet ketat, jika tingkat metabolisme meningkat berarti sistem pencernaan meningkat. Anda dapat menjalani diet anda dengan efektif, karena tubuh anda mencerna lebih mudah.  Meminum air sesdah bangun tidur juga dapat membersihkan usus besar, sehingga tubuh anda dapat lebih mudah menyerap nutrisi

3. Menjaga berat badan anda

minum air menjaga berat badan anda

Hal ini mungkin bisa anda terapkan jika anda penderita obesitas, meminum air pada waktu perut kosong, akan meluruhkan racun yang dan itu akan meningkatkan sistem pencernaan anda, rasa lapar anda berkurang dan keinginan untuk makan menjadi rendah jika anda melakukannya bersamaan dengan diet kalori terkontrol.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

minum air mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan yang disebakan peningkatan keasaman dimulut akan menimbulkan mulas ketika asam lambung naik ke saluran kerongkonggan. Ketika anda minum saat perut kosong, asam ini kembali didorong ke lambung dan menjadi lebih encer. Hal ini bisa anda lakukan sebelum anda sarapan agar perut anda tidak berkontraksi.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

meningkatkan kesehatan kulit

Dehidrasi dapat menyebabkan penuaan dini dan pembesaran pori pori di kulit. Terdapat sebuah study yang menyebutkan bahwa meminum 500 ml air pada saat perut kosong dapat memperlancar aliran darah dibawah kulit dan membuat kulit lebih bersinar. Ingat, meminum air yang cukup berarti membuang racun pada tubuh anda, begitupun racun di kulit anda.

6. Meningkat kesehatan rambut dan membuatnya lebih berkilau

minum air menyehatkan rambut

Kekurangan air juga berdampak serius pada pertumbuhan rambut anda. meminum banyak air dapat menjaga kesehatan rambut anda luar dalam. Setiap helai rambut seperempat bagiannya adalah air, hal ini membuat peranan air sangat penting bagi kesehatan rambut. Kekurangan asupan air dapat membuat rambut menjadi rapuh dan tipis. Anda harus meminum air yang cukup setiap hari, dan meminum air saat perut kosong akan membuat rambuat anda lebih sehat dan kuat.

7. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

minum air mengurangi resiko batu ginjal

Meminum air segera setelah bangun tidur adalah hal yang penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Hal ini bersangkutan dengan fakta di poin 6, fakta bahwa meminum air pada saat perut kosong dapat mengencerkan asam lambung yang menyebabkan batu ginjal. Semakin bbanyak anda minum air puih (dalam takaran yang cukup), semakin anda terhindar dari infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun.

8. Memperkuat sistem imun

minum air membuat kau kuat

Meminum air saat perut kosong juga membantu dalam peluruhan dan menyeimbangkan sistem limfatik. Dan hal ini menyebabkan kadar imunitas dalam tubuh menjadi lebih baik, sistem kekebalan yang kuat membuat anda terjaga dari berbagai macam penyakit dan membuat hari anda menjadi lebih produktif.

Beberapa poin tersebut mungkin bisa anda jadikan referensi untuk kesehatan anda, dan membiasakan untuk minum air putih sesegera mungkin saat anda bangun tidur. Hal ini adalah cara termudah dan paling murah untuk membuat perubahan positif untuk gaya hidup anda, terutama kesehatan. Anda harus ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?