Kita mungkin akan ke gym untuk membentuk otot dibadan kita menjadi lebih atletis, mendaki gunung atau pergi ke tempat ekstrem untuk melatih daya tahan tubuh atau mungkin melakukan relaksasi untuk menentramkan hati kita. Tidak salah memang jika anda ingin melakukan semua hal tersebut. Namun kalian jangan lupa, ada bagian tubuh lain yang juga termasuk organ vital yang memerlukan pelatihan : Otak kita.

Hal hal berikut yang mungkin akan kita dapatkan saat kita melatih otak kita:

  • menghindari anda dari situasi memalukan: Anda ingat wajahnya, tetapi anda lupa wajahnya. (sering banget nih…)
  • menjadikan anda pembelajar yang cepat dalam segala hal dan keterampilan berbeda.
  • menghindari penyakit berat yang melanda otak saat usia kita terus bertembah, sepeti Alzheimer.

Jadi bagaimana kita melatih otak kita untuk lebih cepat memahami dan mengingat lebih banyak? Berikut caranya :

1. Melatih memory

melatih memory

     Twyla tharp, seorang koreografer asal New York ini memiliki kebiasaan untuk  pelatihan memory yang unik, Setiap mementaskan pertunjukan, dia selalu mencoba memberikan  arahan  12 sampai 14 gerakan awal pada setiap penari latar dengan cara mendiskusikannya bukan dengan cara menuliskannya. Jika anda pikir ini adalah sesuatu yang biasa saja, pikirkan lagi! Dalam bukunya yang berjudul “the habit creative” dia mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak bisa mengingat lebih dari tiga hal.

     Memberikan pelatihan melalui diskusi dan praktek sebenarnya lebih efektif daripada sekedar teori dan hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian brain fitness studies. Aktifitas melatih memory membantu meningkatkan fungsi otak  mulai dari penerima, pengingat, berpikir dan memberikan tingkat intelegensi yang lebih baik

Cara lain yang mungkin bisa anda lakukan untuk menambah daya ingat anda adalah dengan cara “pengulangan”. Misalnya jika anda bertemu dengan orang yang baru pertama anda kenal;

“hai, nama saya steven.”

Kebanyakan  orang akan mejawab dengan jawaban;

“senang bertemu dengan Anda.”

Lakukanlah sebaliknya, katakanlah;

“Senang bertemu dengan Anda, Steven.”

Secara tidak langsung, hal itu merangsang daya ingat anda terhadap orang yang pertama kali bertemu dan berkenalan dengan anda.

2. Lakukan sesuatu berulang kali

melakukan pengulangan

      Dengan benar- benar melakukan sesuatu berulang kali, lagi dan lagi, dapat membantu anda melakukan hal yang baru lebih baik dan lebih cepat. Saat anda berumur 3 tahun tentunya anda  tidak akan cukup kuat untuk sekedar menahan garpu dan sendok. Namun saat anda makan sendirian, anda menciptakan kekacauan layaknya anak anak lain. Jadi ini bukan soal kekuatan, ini adalah kebiasaan yang menjadi keharusan dan jalur saraf anda secara otomatis menstimulasi kebiasaan tersebut dan akhirnya anda dapat melakukan kegiatan makan sendiri layaknya orang dewasa. dan pengulangan yang membuat itu terjadi.

Lalu mengapa hal ini sulit terjadi pada orang dewasa?

     Orang dewasa, terutama mereka yang suka menunda-nunda sesuatu akan membangun secara otomatis pola pikir dan membuat karakter diri menjadi suka menunda-nunda sesuatu karena ini sudah menjadi kebiasaan . Lakukan hal kecil yang bisa membuat anda berubah, itu berarti anda akan membuat jalur saraf baru pada otak anda. Semakin Anda tidak menunda-nunda, semakin Anda mengajarkan otak Anda untuk tidak menunggu menit terakhir untuk perubahan pikiran dan tentunya hidup anda. Jadi, jangan mengulangi penundaan.

3. Pelajari sesuatu yang baru

pelajari sesuatu baru

     Ini mungkin terdengar klise, tapi hal ini juga termasuk hal yang mujarab. Semakin anda menggunakan otak anda, maka dampak terhadap diri anda juga akan semakin baik. Misalnya seperti mempelajari alat baru akan meningkatkan keterampilan Anda, menganalisa atau menerjemahkan sesuatu yang menurut anda asing . Mempelajarai bahasa baru atau buku baru juga dapat mempengaruhi otak anda berpikir lebih kritis dan memberikan anda cara yang berbeda untuk mengekspresikan diri.

4. Berolahraga

berolahraga

     Olahraga tidak hanya berdampak bagi kesehatan tubuh anda namun juga berguna untuk meningkatkan kebugaran otak anda. Tahukah anda, berolahraga selama 20 menit saja mampu meningkatkan fungsi dari pengolahan informasi dan memori di otak, tidak hanya itu latihan-latihan kecil juga benar-benar membantu otak anda untuk menciptakan hubungan-hubungan saraf baru lebih cepat. Dengan begitu, otak anda akan lebih cepat megolah informasi dan meningkatkan refleks juga tingkat kewaspadaan anda, banyak yang memkai trik ini untuk meningkatkan daya pikir, terutama dikalangan militer.

5. Ikuti program pelatihan otak

program pelatihan otak

     Internet dapat membantu anda meningkatkan fungsi otak Anda meskipun saat anda bermalas-malasan duduk di sofa misalnya. Sebuah program terbukti mampu meningkat  memory para penggunanya contonya adalah seperti brainHQ , dengan mengunjungi web ini anda bisa berpikir lebih cepat dengan hanya mengikut konten dan soal latihan pada web mereka.

6. Hindari bermain teka teki silang

teka teki silang

     Banyak dari kita berpikir bahwa bermain teka teki silang dapat mempertajam kinerja otak, padahal itu salah. Studi menunjukan bahwa bermain teka-teki silang tidak akan mengasah otak anda, dan hanya akan  membuat anda tertekan. Jika anda menjadikan aktifitas ini hanya untuk bersenang senang mungkin itu pilihan yang baik, namun jika anda melakukannya untuk membuat daya pikir anda berkembang, kami rasa masih banyak alternatif kegiatan yang lebih bagus.

7. Makan sehat dan pastikan dark coklat ada dalam menu anda

dark coklat

      Makanan sehat seperti ikan, buah-buahan dan sayuran membantu otak anda untuk tampil maksimal, namun perlu Anda ketahui bahwa dark coklat juga memberikan dampak yang baik untuk perkembangan otak Anda. Ketika anda memakan coklat otak anda banyak menghasilkan dopamine, dan hormon ini membuat anda belajar lebih cepat dan mengingat lebih baik. Dalam coklat juga mengandung flavonol, dan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak anda.

8. Luangkan waktu bersama orang yang anda cintai

berkumpul

      Dan yang terakhir ini tidak kalah penting. Jika anda ingin mempunyai kemampuan kognitif yang optimal, maka anda harus memiliki hubungan yang bener-bener bermakna dalam hidup anda. Berbicara dengan orang lain dan bersosialisasi dengan orang yang anda cintai akan membuat pikiran anda lebih jernih dan juga merubah suasana hati anda. Tidak terkecuali bagi anda yang bersifat ekstrovert, orang ekstrovert cenderung memulai pembicaraan pada orang lain sebagai cara untuk memahami dan memproses pikiran mereka sendiri. Ingatlah, berbicara dengan orang yang anda cintai membantu anda membingkai perasaan anda sendiri dan mencairkan suasana. Apa kalian tahu kalau orang jomblo lebih mudah menjadi pelupa?

Melatih otak anda sebenarnya bisa kita lakukan dari hal yang sangat sederhana, pilih salah satu tips dari artikel ini dan buatlah perubahan bagi pola pikir anda, menikmati masa tua tanpa kepikunan mungkin bisa anda lakukan dengan langkah sederhana di masa muda. Mulailah perubahan dari diri sendiri untuk orang disekitar kita