Kadang masih ada orang berpikir, buku hanyalah kumpulan kertas berisi ribuan huruf yang membuat kita jengah membacanya, mereka tidak berpikir bahwa buku dapat merubah pola pikir, prilaku atau mungkin arah hidupnya. Sang penulis menuangkan ide-idenya melalui buku karyanya, lalu bagaimana jika ide atau imajinasi tersebut terkesan gila dan menuai kontroversi, Berikut sedikit daftar buku buku yang menuai kontroversi di berbagai belahan dunia :

1. The satanic verses

satanaic verses

      Buku karangan Salman Rushdie pada Tahun 1988 ini dicekal di seluruh negara islam karena isi dari buku tersebut sangat kontroversial, sang penulis memasukan Allah (tuhan dalam agama islam) sebagai tokoh, dan banyak sekali kontroversi menyangkut agama islam di buku ini. Bahkan pemimpin iran saat itu, Ayatollah Khomeini mengharagai kepala Salman rushdie seharga 3 juta dollar amerika. Buku ini juga menimbulkan kerusuhan di negara Pakistan.

2. The 120 days of sodom

120 days of sodom

      Buku ini menurut saya sangat berbahaya, buku karangan penulis perancis bernama Marquis de Sade yang diterbitkan pada tahun 1789 ini dilarang peredarannya di australia pada tahun 1957. Buku ini juga sempat di filmkan dengan judul “Salo” dan masuk dalam film terlarang di berbagai negara sampai saat ini, sebut saja dari sekian banyak itu inggris dan jerman melarang film ini. Novel ini dapat merusak moral, karena penggambaran pemerkosaan, penyiksaan, dan pembunuhan terhadap anak-anak dibawah umur sangat jelas dalam buku ini.

3. Lolita

lolita

      Berkisah dari sudut pandang phedophile, buku karangan Vladimir Nabokov pada tahun 1955 ini berkisah seorang bapak yang menyukai putri tirinya yang berusia 12 tahun. Penggambaran amoral pada novel ini menjadikan buku ini dicekal di negara negara seperti Inggris, Argentina dan Selandia Baru.

4. Tropic of cancer

tropic of cancer

“To have her here in bed with me, breathing on me, her hair in my mouth—I count that something of a miracle.”

     itu adalah salah satu potongan kalimat pada buku tropic of cancer karya Henry miller tahun 1934, buku ini sempat di cekal US karena konten sexual pada buku ini terlalu vulgar. Lalu menyusul Afrika selatan yang mencekal buku ini .

5. The Well of loneliness

the well of loneliness

     Sejak Buku ini diterbitkan pada tahun 1928, buku ini sudah dilarang peredarannya oleh Inggris. Sang penulis, Radclyffe Hall menggambarkan secara frontal sisi kehidupan dan juga seks kaum lesbian. Buku ini dibolehkan beredar kembali pada tahun 1949 setalah penerbit melakukan revisi ketat terhadap buku tersebut.

6. American psycho

american psycho

     Bagaimana jika anda harus membaca ratusan halaman berisi adegan mencongkel mata, mengiris payudara dan mencabut kuku dari manusia yang masih hidup? Itulah gambaran sedikit adegan kekerasan dari novel karangan Brett Easton Ellis pada tahun 1991. buku ini dilarang peredarannya di australia dan sekarang buku tersebut boleh dibeli dengan batasan umur pembaca diatas 18 tahun.

7. The satanic bibble

thesatanicbible-wp

     Anton LaVey pendiri dari gereja setan menulis buku ini pada tahun 1969, buku ini berisi esay, pengamatan dan ritual agama satanis atau setanis. Bagi satanisme buku ini merupakan kitab suci yang membahas konsep dewa, baik dan jahat, dan sifat manusia. Buku ini dicekal peredarannya di perpustakaan sekolah dasar di seluruh dunia.

8. Mein kampf

mein kampf hitler

     Siapa yang menyukai sejarah, terutama sejarah tentang perang dunia ke 2 pasti tahu buku ini. Buku karangan pemimpin NAZI, Adolf hitler ini ditulis pada tahun 1923 di penjara karena gagal melakukan pemberontakan. Buku ini berisi propaganda, fasisme dan rasisme yang sangat kuat. Buku ini dianggap berbahaya karena propaganda superioritas dan doktrin radikal yang ada di dalamnya. Sampai saat ini buku mein kampf peredarannya di awasi di negara Uni eropa.

    Itu adalah sebagian daftar buku-buku yang sempat atau masih pencekalannya di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri misalnya banyak buku yang sebenarnya tidak boleh beredar, terutama buku yang mengajarkan paham atau aliran tertentu. Sebenarnya masih banyak buku buku yang pernah dilarang peredarannya di dunia dengan alasan yang tidak rasional. Buku adalah kumpulan dari aksara yaang terbentuk dari ide dan menjadi berarti, setiap dari buah pikiran memiliki peluang untuk membuat suatu perubahan, pergerakan dan revolusi. Kata sebagai senjata.

Semua buku diatas dapat anda dapatkan di Bukupedia.com