Kami percaya kamu suka membaca buku, tetapi jangan sampai aktifitasmu itu membuat perubahan negatif pada dirimu khususnya dalam hal fisik dan kesehatan tubuhmu. Karena membaca buku bukan saja soal apa buku yang dibacanya, tetapi juga bagaimana kamu membaca buku itu.

Ini banyak diabaikan oleh beberapa orang, yang lantas ketika membaca buku sangat sembarangan. Entah itu posisi dalam membaca buku, atau berada di tempat yang salah.

Pada akhirnya membaca buku malah membuat kesehatan tubuh terganggu. Tentu kamu tidak ingin seperti ini kan?

Jadi jangan sampai aktifitas membaca mu malah menjadikan hal negatif bagi tubuhmu. Nah, kali ini Blog Bukupedia ingin berbagi tips sehat saat membaca buku. Sehingga kamu bisa mencerna informasi yang ada di buku dengan kondisi tubuh yang tetap terjaga baik.

Berikut beberapa tipsnya.

1. Pastikan posisi duduk dengan sudut yang sempurna

Sebenarnya membaca buku yang sehat itu adalah dalam posisi duduk, bukan sambil tiduran, terkurap apalagi jongkok. 😀 Posisikan diri dengan duduk di kursi dan harus dalam sudut yang sempurna. Maksudnya adalah posisi duduk kamu tidak membungkuk atau bahkan terlalu mendongak ke atas.

Duduk dengan rilek dan gunakan sandaran. Kalau kursi sudah ada sandaran ya syukurlah. Karena kalau duduk terlalu tegak juga tidak baik, dan itu juga bisa membuat otot leher dan punggung menjadi kaku.

2. Jangan lupa berkedip

Aktifitas membaca sering dikaitkan dengan kesehatan mata. Ya, karena mata berfungsi untuk melihat huruf-huruf yang ada di buku. Pastikan kalau membaca buku, tetapi mengedipkan mata secara teratur agar mata juga menjadi rilek.

Dan sebaiknya setiap 10-20 menit atau ketika mulai terasa capek memandang buku, alihkan pandangan ke lain benda selain buku tersebut. Ini untuk menjaga mata agar tetap rileks dan tidak lelah.

3. Hindari membaca di kendaraan yang sedang berjalan

Pasti kamu pernah melihat ada orang yang membaca buku saat di bus, angkot, motor, mobil dan kendaraan yang sedang berjalan lainnya. Jangan dicontoh, karena itu akan membuat kamu menjadi pusing. Ketika mata kamu hanya fokus di buku sedangkan tubuh kamu sebenarnya dalam posisi bergerak di atas kendaraan, ini akan menimbulkan efek pusing di kepala. Bahkan sebagian orang mengalami mual.

4. Berada di tempat yang terang

Jangan membaca buku di tempat yang redup atau minim cahaya. Karena ini akan membuat mata kamu menjadi cepat lelah dan tentu juga tidak baik untuk kesehatan mata. Biasanya karena keadaan kurang terang, maka posisi membaca menjadi lebih dekat dengan buku. Dan ini sangat tidak baik bagi mata kamu.

5. Fokus pada satu buku dulu

Kami paham kamu suka buku dan punya banyak koleksi buku yang belum dibaca, akan tetapi jangan serta merta gonta ganti buku dalam waktu yang sama. Sebaiknya fokus dulu dengan satu buku untuk diselesaikan membacanya, kemudian baru beralih ke buku yang lain.

Karena kalau sering gonta ganti  buku dalam satu waktu, membuat otak tidak bisa menerima informasi secara penuh. Dan itu juga sangat tidak efektif.

6. Atur waktu

Membaca buku itu ada plus minusnya. Plusnya kamu akan mendapatkan banyak informasi baru, tetapi di lain sisi kamu akan banyak menguras waktu. Nah, kalau kamu suka membaca buku, jangan sampai asal-asalan dalam menentukan waktu. Sebaiknya mulai mengatur waktu kapan membaca buku. Kalau pun tidak bisa, ya alokasikan berapa menit atau jam kamu harus membaca buku.

Misalnya kamu alokasikan waktu setengah jam untuk membaca buku, kalau sudah setengah jam, ya sudah harus tutup buku. Karena apapun itu, kamu juga masih pekerjaan lain yang juga bermanfaat. Jadi jangan sampai karena suka membaca buku malah lupa untuk melakukan banyak hal.

Lagi pula membaca buku terlalu lama juga tidak baik.

7. Konsumsi suplemen atau makanan yang kaya vitamin

Membaca hubungannya tidak hanya dengan mata tetapi juga otak. Jadi tetap jaga kesehatan mata dan otak dari dalam. Caranya dengan mengkonsumsi suplemen atau makanan yang kaya dengan vitamin. Kesehatan mata sangat penting, karena banyak yang suka membaca dan ujungnya mata menjadi minus. Jangan sampai ini terjadi karena itu nantinya juga akan mempengaruhi aktifitasmu dalam membaca.

***

Pastikan hobi dan kesukaan mu dalam membaca juga diimbangi dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Membaca itu baik, tetapi kalau caranya salah ya akan berdampak pada kesehatan tubuh kamu. Semoga ini bermanfaat ya. 🙂

Kalau mau nambah koleksi buku baik buku Indonesia maupun manca negara bisa cek di Bukupedia.com