Pernahkah Anda saat menonton film superhero dibioskop kesayangan, Anda berpikir untuk bisa menjadi mereka? Entah itu seperti menaklukan gedung tinggi layaknya spiderman, kekuatan penyembuhan diri menakjubkan seperti wolverine, atau apapun itu. Para ilmuwan telah merancang kemampuan luar biasa untuk menghasilkan kemampuan luar biasa yang bisa Anda miliki, dan beberapa teknologi menakjubkan di bawah ini dapat membuat Anda merasa seperti superhero di kehidupan nyata:

 

wolverine

1. Penyembuhan diri layaknya wolverine

Kekuatan penyembuhan mengagumkan dari wolverine mungkin nampak mustahil bagi manusia biasa. Namun penelitian eksperimental militer Amerika Serikat telah mengembangkan implan kecil yang membantu manusia menyembuhkan dirinya sendiri (tidak termasuk dengan cakar adamantium milik wolverine, yah.)

The Electrical Prescriptions Program, atau ElecRX berusaha mengembangkan implant miniatur yang akan terus memantau kondisi fisik seseorang dan memberikan rangsangan untuk penyembuhan ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Perangkat ini sangat kecil sehingga bisa ditanamkan di ujung saraf dengan jarum. Implan dapat digunakan untuk mengobati kondisi peradangan kronis yang menyakitkan seperti rheumatoid arthritis, inflamasi sistemik atau penyakit radang usus. Namun perlu Anda ingat, alat ini tidak memberikan umur panjang yang luar biasa layaknya wolverine.

 

superman

2. Pengelihatan sinar X layaknya superman

Pengelihatan sinar X membuat superman mampu melihat objek yang terhalang dinding, dan sekarang berkat karya para ilmuan dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) Amerika serikat, manusia juga bisa, Hampisr sih.

Sistem RF Capture ciptaan MIT ini menggunakan sinyal radio gelombang pendek untuk melacak pergerakan melalui dinding dan dalam eksperimen ini ilmuwan berhasil mengidentifikasi 15 orang dibalik dinding dengan akurasi 90%. Penemuan ini pertama dipakai untuk kepentingan penelitian tanah, dan rencananya pengaplikasian teknologi ini adalah untuk bidang kesehatan. Para Ilmuwan berharap dapat menciptakan sebuah sistem yang dapat memantau para manula yang berisiko jatuh sakit, sebuah proyek yang pasti didukung Superman…

iron man

3. Kostum terbang milik ironman

Seorang pengusaha di Inggris telah membuat dirinya menjadi soranng Tony stark sejati, dengan membuat kostum bertenaga mesin jet yang memungkinkannya terbang. Richard Bowning menciptakan kostum ini dengan menggabungkan tiga set mesin jet mini dan menempelkannya ke lengan dan punggungnya. Dia mengendalikan kecepatan dan kemudi dengan mengubah arah dorongan mesin hanya dengan menggunakan bagian atas tubuhnya, tidak ada mekanisme kemudi lainnya.

Kostum ini tidak memiliki beberapa fitur pelengkap Iron Man, seperti kekuatan super dan sinar repulorpsi, namun ini memungkinkan Browning terbang hingga 10 menit. Pada percobaan awal, Browning mampu melambung 3 sampai 6 kaki (1 sampai 2 meter) di atas permukaan tanah sekitar 5 mph (8 km / jam), namun menurut dia prototipe masa depan bisa terbang dengan kecepatan hingga 60 mph 100 km / jam) pada ketinggian hingga 330 kaki (100 meter). Dan tentunya kostum ini  tidak murah harganya. Browning mengatakan prototipenya berharga sekitar $ 250.000 atau sekitar 3 milyar rupiah.

 

flash

4. Lari cepat layaknya flash

Jika ide memiliki jetpack tidak cukup keren, bayangkan yang bisa membantu Anda berlari secepat kilat, seperti Flash kehidupan nyata. Jetpack bertenaga baterai ini  dipakai seperti ransel, dan satu subject test mampu berlari 1 mil dalam 50 detik. Teknologi ini awalnya dikembangkan sebagai bagian dari program DARPA yang ingin menemukan cara untuk membuat tentara bergerak lebih cepat di medan perang, dan sekarang para periset mencoba membantu atlet meningkatkan kemampuannya.

“Ini adalah masa depan di mana jetpack akan dipakai untuk berjalan,” Jason Kerestes, seorang mahasiswa pascasarjana teknik dan robotika yang memimpin proyek di Arizona State University mengatakan kepada Live Science. “Kami merasa bahwa jika kita dapat meningkatkan teknologi itu, kita bisa mendapatkan seseorang yang bisa berlari sejauh lima setengah mil dalam waktu 2 menit.”

spiderman

5. Berjalan di dinding layaknya spiderman

Spiderman mungkin tak masalah dalam hal memanjat gedung tinggi pencakar langit, namun untuk manusia biasa, hal semacam ini tetap akan menjadi cerita fiksi sampai sekarang. Terinspirasi dengan  kaki tokek yang lengket, Pentagon telah mengembangkan perangkat genggam yang memungkinkan manusia memanjat dinding , seperti Spiderman. Perangkat ini dikembangkan untuk memungkinkan tentara mendapatkan akses ke tempat yang lebih tinggi di lingkungan perkotaan. Pada saat yang sama, para periset di Stanford University menciptakan perangkat pendakian serupa, juga menggunakan teknologi yang terinspirasi dai tokek. Perangkat Stanford terdiri dari dua cakram yang ditutupi dengan plat ukuran prangko yang ditutupi rambut karet kecil.

“Saya adalah pendaki dalam tes ini,” kata peneliti Elliot Hawkes, seorang insinyur mekanik di Stanford. “Ini sangat mengasyikkan. Untuk bisa memanjat kaca terasa sedikit ajaib, rasanya Anda mengaitkan perangkat ini ke permukaan halus yang rata, dan rasanya ini tidak mungkin.”

 

hulk

6. Kekuatan super layaknya Hulk

Jika Anda pernah bermimpi tentang memiliki “Hulk Smash!” Baju besi berteknologi tinggi baru bisa membuat mimpi itu menjadi kenyataan. Alat yang dinamakan Taktis Assault Light Operator Suit , atau TALOS, buatan angkatan darat Amerika Serikat akan memberikan kekuatan super dengan perlindungan balistik yang besar. Setelan robot ini juga bisa membantu manusia membawa beban lebih besar, membuat mereka sangat kuat.

Selain meningkatkan kekuatan, pakaian tersebut bisa membuat pemakai antipeluru melalui exoskeleton yang terbuat dari cairan magnetorheological yang bisa berubah dari cairan menjadi padat dalam hitungan detik. Kau tahu? Bahkan Hulk pun akan terkesan dengan itu.

jean gray

7. Telekinetik layaknya Jean Gray

Ilmuwan di University of Minnesota telah menciptakan antarmuka otak-komputer yang memungkinkan pengguna menyalurkan kekuatan layaknya  mutan Jean Gray dan kemampuannya untuk memindahkan objek dengan pikirannya . Sistem ini memungkinkan pengguna menerbangkan quadcopter yang dikendalikan jarak jauh dengan pikiran mereka.

Pengguna memakai topi dengan elektroda terpasang yang mengambil sinyal listrik dari otak dan mentransmisikannya ke komputer, yang kemudian menerjemahkannya ke dalam gerakan. Peneliti pertama kali menghabiskan waktu untuk mempelajari bagaimana memindahkan pesawat virtual melintasi kampus Universitas Minnesota dengan menggunakan pemikiran mereka melalui simulasi, dan kemudian mencoba menerbangkan quadcopter melalui pikiran mereka.

Sebagian sumber diambil dari livescience.com