Menulis review buku tidaklah sulit kalau kita sudah menyiapkan bahan yang akan di tulis. Saking sukanya dengan buku tersebut, kadang orang terlalu antusias ingin membahas semuanya. Ada dua cara dalam mengulas buku yang kita baca, yang pertama mengulas karena kita terlalu suka dengan buku tersebut, yang kedua mengulas dengan alasan agar orang lain juga mau membaca buku tersebut.

Keduanya sangat bagus. Hanya saja cara penyampaiannya yang berbeda-beda. Tapi tidak papa, toh pemikiran tak harus sama. Kita bebas berekspresi. Untuk memudahkan  dalam menulis ulasan buku, berikut ada poin penting yang bisa dicoba

Cara paling mudah dalam mengulas buku

1.Memperkenalkan buku.

Pada poin ini biasanya terdiri dari 1-2 kalimat. Tidak perlu panjang dan jangan terlalu pendek. Yang penting para pembaca tahu tentang buku ini melalui ulasan singkat kita.

2.Memperkenalkan pengarangnya.

Mengulas buku ternyata tak sekedar menulis apa yang ada dalam buku tersebut. Kita juga harus melibatkan pengarangnya. Tulislah 1-2 kalimat tentang pengarangnya.  Hal ini penting agar pembaca tau apa saja yang buku yang ditulis oleh pengarang tersebut.

3.Meringkas apa yang menarik pada buku tersebut.

Ketika membaca buku, kita  pasti menemukan hal menarik kan? Tidak mungkin nggak menemukan sama sekali . Secara kita sudah memutuskan untuk membeli dan membaca, artinya ada poin penting dalam buku tersebut yang menarik untuk diulas.

Tulis apa yang menarik antara 1 – 3 kalimat. Jika yang menarik lebih dari satu,  tuliskan saja masing-masing 1-3 kalimat. Pokoknya jelaskan secara singkat padat dan mendalam agar nantinya pembaca tahu apa yang menarik dari buku itu.

4.Ceritakan tentang apa yang paling kita sukai pada buku tersebut.

Yang menarik dengan yang kita sukai sangatlah berbeda. Tulis apa saja yang kita sukai pada buku tersebut. Setelah membaca, pasti akan ada hal yang paling ngena dan ingin kita  tulis. Di sinilah kita bercerita secara singkat dan mudah dimengerti.

5.Ceritakan apa kekurangan buku tersebut.

Pada poin ini sebenarnya bisa ditulis atau tidak ditulis. Bagi beberapa orang mungkin akan mengabaikan kekurangan buku karena tidak terlalu penting. Tapi jika masih ragu antara mau menuliskannya atau tidak, sebaiknya tuliskan saja.

6.Katakan apakah buku ini recomended atau tidak.

Selera orang dalam membaca buku sangat berbeda-beda. Namun, yang perlu diperhatikan dalam mengulas buku adalah, usahakan memberi rekomendasi yang jujur. Dengan begitu orang tidak akan tertipu. Jangan sampai orang merasa kecewa membaca buku karna hasil review kita yang terkesan mengada-ngada.

Mengulas buku haruslah jujur. Jika memang jelek, maka jangan mengatakan bagus karna akan merusak pasaran buku. Terlihat lebih jujur akan lebih bagus karena tidak semua orang bisa menilai buku dengan baik. Bagi yang suka membaca buku dan mengulasnya langsung, sepertinya cara di atas akan sangat membantu.