Orang yang biasanya menyebarkan hal-hal negatif atau toxic tentu akan sangat dijumpai di mana saja dan kapan saja. Sebagai manusia, tentu kita harus berteman dengan siapa saja. Namun, jika ada teman yang Toxic, ada baiknya kita menghindar demi kebaikan diri sendiri. Terlebih di dunia kerja, tentu tipe orang Toxic akan sangat banyak ditemukan.

Sebagai mahkluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain, nampaknya sulit bagi kita untuk tidak berbuat baik kepada sesama. Tapi bagaimana kalau kita menemukan tanda-tanda teman yang sukanya hanya meracuni pikiran kita?

Agar tidak mudah tertipu, ada baiknya kita tahu tanda-tanda orang toxic yang ada di sekeliling kita, khususnya di dunia kerja.

1.Mudah mengeluh

Di dunia ini tidak ada orang yang tidak punya masalah. Tapi hanya sedikit orang yang sabar menjalainya. Lain halnya dengan orang Toxic, mereka cenderung suka mengeluh meski hanya hal sepele. Alhasil orang-orang yang ada di sekelilinya akan terpengaruh. Beban pekerjaan sangat berbeda-beda, tidak seharusnya kita mudah mengeluh.

2.Suka bergosip

Suka bergosip memang manusiawi, terutama bagi perempuan. Tapi kalau tipe orang seperti ini ditemukan di dunia kerja, tentu akan sangat mengganggu. Agar urusannya tidak panjang, sebaiknya kita menghindari orang seperti ini. Selain mengganggu ketenangan di tempat kerja, bergosip hanya akan mengusik ketenangan jiwa.

3.Suka menjilat

Menjilat yang dimaksud di sini adalah suka menjilat atau menjelek-jelekan orang lain tujuan agar dirinya menjdapatkan ujian.  Jika bertemu dengan karakter yang satu ini, sebaiknya kita berhati-hati. Orang yang memiliki karakter ini biasanya juga akan menyerang orang terdekatnya. Mereka tidak segan-segan memasang muka manis di depan orang yang akan diserangnya.

Sebaiknya kita harus berhati-hati dengan dengan orang dengan karakter seperti ini.

4.Suka mengadu domba

Dalam dunia kerja, kita akan bertemu banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Waspada boleh saja, asal jangan berlebihan. Sudah menjadin hal yang wajar kalau ada orang yang suka menyalahkan orang lain. Dari hal tersebut bisa dipastikan kalau rekan kerja kita adalah orang yang Toxic, jika ingin aman sebaiknya jauhi saja.

5.Susah diajak berfikir optimis

Saat berada di lingkungan kerja, maka yang kita lakukan untuk memudahkan hari-hari adalah selalu optimis. Namun selalu saja ada rekan kerja yang selalu mematahkan optimisme. Kalau rekan kerjamu termasuk tipe seperti itu, maka berhati-hatilah karena hanya akan merusak semangat kita.

6.Pemalas

Yang namanya orang pemalas memang susah dibilangin. Jangan biarkan diri kita dikelilingi oleh orang-orang malas. Saat bekerja kita harus bisa menyemangati diri sendiri. Bahkan, satu orang pemalas saja bisa membuat kita terpengaruh. Maka buat senyaman mungkin dan jangan biarkan orang lain merusaknya dengan menyebarkan virus toxic.