Pertumbuhan anak yang sehat dan cerdas tentunya menjadi kebahagiaan bagi setiap orangtua. Selagi anak masih dalam tahap perkembangan, sebagai orangtua sudah seharusnya mulai membangun pondasi karakter anak. Mumpung sedang memasuki usia emas, artinya orangtua wajib memberikan beberapa pelajaran yang akan membantu pembentukan karakter anak yang berguna saat ia sudah dewasa.

Jika dlihat sekarang ini mungkin banyak karakter orang dewasa yang seenaknya saja terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut seharusnya menjadi pelajaran supaya anak-anak kita nantinya bisa tumbuh dengan karakter yang bagus. Mengajarkan pondasi pada anak biasanya dimulai dari hal-hal kecil yang mungkin terdengar sepele. Tanpa disadari, yang sepele tersebut justru berdampak pada pondasi karakter anak.

Agar anak-anak tumbuh dengan karakter yang bagus, sebaiknya terapkan pondasi-pondasi berikut ini;

1.Jangan mengambil barang yang bukan milik kita

Ini perlu diajarkan sejak kecil. Mengapa? Karena masih banyak anak kecil yang dengan seenaknya sendiri masih mengambil barang yang bukan miliknya, meski hanya ditinggal di tempat umum. Sebagai orangtua yang ingin mengajarkan karakter yang baik, sebaiknya melarang hal itu. Walaupun hak kecil tapi jika dibiarkan akan terbawa saat anak-anak sudah dewasa. Tentu tidak mau kan?

2.Ajarkan meminta maaf jika menyakiti orang lain

Meminta maaf memang hal sepele, namun jika tidak diajarkan sejak dini akan membuat anak seenaknya menyakiti orang lain di sekitarnya. Cara ini juga meningkatkan rasa empati anak terhadap orang lain. Maka tidak ada salahnya jika sedini mungkin anak diajarkan meminta maaf jika menyakiti teman atau orang di sekelilingnya.

3.Biasakan untuk berbagi

Selagi masih kecil, mengajarkan berbagi sangatlah penting agar anak tidak pelit saat dewasa nanti. Ajarkan anak senantiasa berbagi dengan lingkungan sekitar agar mereka tahu masih banyak orang yang perlu dibantu dan membutuhkan orang lain.

4.Kembalikan mainan ke tempat semula

Saat anak sedang asyik bermain, kebanyakan mereka tidak mau mengembalikan mainannya. Hal ini sebaiknya jangan dibiasakan. Ada baiknya sebagai orangtua harus mengajarkan untuk mengembalikan mainannya ke tempat semula. Mengajarkan mengembalikan mainan ke tempat semula akan memberikan pelajaran tanggung jawab agar anak bisa tumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab saat sudah dewasa nanti.

5.Mengajarkan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan

Dalam hal mencuci tangan, jika tidak dibiasakan sejak kecil maka akan sangat susah jika sudah beranjak dewasa.Terbiasa mencuci tangan sebelum makan juga akan membuat anak lebih sehat. Sebelum makan, selalu ingatkan anak untuk cuci tangan terlebih dahulu meskipun makan memakai sendok.

6.Ajarkan menyiram setelah BAK maupun BAB

Mengajari perihal menyiram setelah kencing dan buang air besar ini sangat penting. Jika diabaikan maka akan berpengaruh saat dewasa. Meski hanya sepele, tapi jika tidak diajari sejak kecil hanya akan membuatnya terbiasa melakukan sampai dewasa. Itulah pentingnya membangun pondasi anak sejak kecil. Dalam hal ini peran orangtua juga sangat penting untuk mendampinginya.