Tips memilih apartemen layak huni memang harus lebih diperhatikan, khususnya bagi  yang ingin membeli apartemen dalam waktu dekat. Pasalnya, apartemen yang akan dihuni tentu akan dipakai dalam jangka waktu lama. Untuk itu harus lebih berhati-hati dalam memilih.

Membeli sebuah apartemen memang keinginan setiap orang karena dianggap lebih murah daripada harus menyewa selama bertahun-tahun. Akan tetapi kita  juga tidak boleh asal-asalan dalam membeli apartemen. Supaya apartemen yang didapatkan sesuai dengan keinginan, berikut ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

Hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli apartemen

1.Survey lokasi

Bagi orang yang ingin membeli apartemen, melakukan survey lokasi sangatlah penting. Orang akan lebih memilih lokasi apartemen yang dekat dengan tempat kerja maupun pusat perbelanjaan agar lebih mudah untuk mencari sesuatu. Untuk itu, sebelum membeli sebaiknya cek lokasi sekitar. Untuk mengantisipasi ketidakcocokan tempat, sebaiknya cari alternatif lokasi lain sebagai pilihan kedua.

2.Memilih harga yang cocok

Kalau lokasi sudah cocok, kini tinggal menentukan anggaran yang kita miliki. Agar lebih hemat, sebaiknya pilih harga sesuai budget dan kenyamanan. Jika dirasa terlalu mahal, sebaiknya pilih alternatif kedua dari survey yang telah dilakukan. Jangan hanya mengandalkan gengsi dengan membeli apartemen super mahal. Sebaiknya pilih sesuai harga yang cocok.

3.Menanyakan fasilitas yang didapat

Dalam membeli apartemen harus berhati-hati. Untuk itu jangan malu untuk menanyakan fasilitas apa saja yang akan didapat. Ini sangat penting agar tidak menyesal saat sudah menempatinya. Banyak orang yang membeli apartemen tanpa menanyakan fasilitas yang didapat dan akhirnya menyesal.

4.Lebih teliti terhadap bangunan apartemen

Tak perlu terburu-buru saat  memutuskan membeli apartemen.  Ada baiknya mencari tahu berapa lama bangunan tersebut dibuat. Hindari memilih apartemen dengan bangunan yang sudah lama. Hal ini untuk mengantisipasi  terjadinya hal buruk, salah satunya adalah keadaan tembok yang sudah retak.

5.Perhatikan pengaruh lingkungan sekitar

Memilih apartemen untuk ditempati dalam jangka waktu lama sebaiknya harus memperhatikan lingkungan sekitar. Misalnya saja, ketika apartemen yang Anda beli dekat dengan tempat-tempat hiburan, maka harus siap-siap terganggu dengan kebisingan. Jika Anda tidak ingin terganggu, sebaiknya pilihlah lokasi apartemen yang tenang supaya tidak mengganggu saat beristirahat.

6.Perhatikan keamanan sekitar

Sebelum membeli apartemen, tanyakan juga apakah lingkungannya sudah terpantau CCTV selama 24 jam atau belum. Ini sangat penting untuk meningkatkan keamanan pada apartemen yang akan dibeli.  Memiliki apartemen kini semakin diminati. Namun untuk membelinya perlu banyak pertimbangan supaya lebih nyaman saat menempatinya.