Menata ruang tamu biasanya menjadi hal yang penting karena disebut sebagai inti rumah. Bagaimana tidak?  Setiap tamu yang berkunjung pastinya akan langsung menuju ruang tamu. Tak heran jika banyak orang yang “menyulap” ruang tamu mereka menjadi sangat nyaman. Jika diperhatikan, beberapa orang memang memiliki desain ruang tamu yang berbeda-beda. Semua itu dilakukan agar para tamu merasa betah saat berkunjung.

Sayangnya, banyak orang yang masih belum paham tentang penataan ruang tamu yang benar. Mereka cenderung hanya asal-asalan dalam menata. Yang penting terlihat rapi. Tapi tanpa disadari, ada beberapa kesalahan kecil dalam mendesain ruang tamu yang masih sering diabaikan. Agar tidak lagi melakukan kesalahan kecil tersebut, ada beberapa trik yang harus diperhatikan antara lain,

1.Penataan sofa

Meski terdengar sepele, namun peletakan sofa sangat memperngaruhi kenyamanan saat berada di ruang tamu. Hal yang paling sering dilakukan adalah menempelkan sofa ke dinding. Mereka beranggapan bahwa hal ini akan membuat ruangan terlihat lebar, tapi ternyata salah. Cara ini justru akan membuat ruang tamu sempit dan tidak leluasa.

2.Peletakan foto yang berlebihan

Meletakkan foto di ruang tamu masih sangat digemari oleh beberapa keluarga. Sebenarnya tidak ada salahnya meletakkan foto keluarga di ruang tamu, tapi jangan terlalu berlebihan karena akan membuat ruangan terlihat penuh. Foto yang terlalu banyak hanya akan menjadi sarang debu sehingga membuat ruang tamu kurang nyaman.

3.Kurangi meletakkan pernak-pernik

Saat bepergian tentu Anda akan membeli pernak-pernik khas daerah yang akan dipajang di rumah, salah satunya di ruang tamu. Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak meletakkan pernak-pernik di ruang tamu. Pilihlah yang paling pantas untuk dipajang di ruang tamu. Hindari meletakkan souvenir-souvenir di ruang tamu karena hanya akan membuat ruangan terlihat sempit.

4.Tidak adanya bantal

Bantal mungil pada sofa masih sering dilupakan.  Adanya bantal pada sofa justru akan membuat para tamu lebih nyaman saat berkunjung. Bantal pada sofa juga akan menjadi aksesori pemanis saat berbincang-bincang dengan tamu.

5.Pemasangan gorden yang kurang pas

Fungsi gorden di ruang tamu tidak hanya sebagai penutup saja. Ini merupakan aksesori yang akan menambah ruangan terlihat lebih nyaman. Hindari memasang gorden yang terlalu pendek. Meski kaca atau jendela pada ruang tamu hanya berukuran pendek. Namun usahakan agar gorden lebih panjang hingga lantai agar terlihat lebih sempurna.

6.Pencahayaan yang kurang

Ruang tamu akan menjadi tempat berkumpul dan berbincang-bincang, untuk itu perlu  diperhatikan kualitas pencahayaannya. Usahakan agar ruang tamu terletak di tempat yang terang saat siang hari. Jangan lupa untuk memilih lampu yang terang. Hindari memilih lampu yang terlalu redup.