Memasuki Taman Kanak-kanak merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak karena mereka akan diajarkan banyak hal. Sebagai orang tua pastinya juga tidak ingin melewatkan masa keemasan ini. Apalagi di era modern seperti ini, saking senangnya memiliki anak yang sudah masuk TK, banyak orang tua yang membagikan aktivitas mereka di sosial media.

Anak yang sudah memasuki TK harus banyak diajarkan hal baru yang tidak hanya dilakukan di sekolah saja tetapi juga di rumah. Di luar lingkungan sekolah, anak TK harus diajarkan lebih banyak membaca. Agar lebih asyik, setiap orang tua tentu punya cara tersendiri untuk mengajari anaknya.

Berikut beberapa cara asyik mengajarkan membaca untuk anak TK

1.Menggunakan kaos dengan motif huruf

Anak zaman sekarang tentunya berbeda dengan anak zaman dulu. Sebagai orang tua tentu kita harus paham perbedaan tersebut. Lakukan cara belajar yang asyik seperti menggunakan kaos dengan motif huruf.

Dengan begitu akan memudahkan anak-anak untuk mengenal huruf dan belajar membaca.

2.Menggunakan karpet abjad

Sekarang sudah banyak karpet abjad yang dijual warna-warni. Selain nyaman dipakai, karpet abjad juga bisa dipakai untuk belajar membaca yang tidak membosankan. Anak-anak akan lebih suka cara ini karena terasa tidak sedang belajar, jadi akan lebih asyik.

3.Mengeja bacaan yang ada di sekitar

Belajar asyik tidak hanya dilakukan di dalam ruangan. Sesekali ajaklah anak keluar rumah. Cara ini biasanya akan membuat anak menemukan bacaan baru yang ditemukan di jalan, misalnya pelan-pelan, hati-hati dan masih banyak lagi. Hal ini akan lebih baik jika orang tua juga ikut membantu anak dalam mengeja bacaan yang mereka temukan.

4.Memberi nama benda yang ada di dekatnya

Semangat belajar anak TK akan jauh lebih besar karena sedang memasuki keingintahuan yang tinggi. Ini merupakan kesempatan orang tua untuk menanggapi keingintahuannya tersebut. Salah satu cara paling mudah adalah dengan meminta anak untuk menulis nama benda yang ada di dekatnya, misalnya meja, kursi, televisi dan lain-lain. Kemudian ajarkan anak untuk membacanya berulang-ulang.

5.Melalui buku-buku yang menarik

Bacaan anak-anak sekarang dibuat jauh lebih menarik agar mereka memiliki minat baca yang tinggi. Apalagi seumuran anak yang memasuki usia TK, pasti akan sangat mudah diajari membaca dengan metode bacaan yang menarik dan disertai gambar. Cara ini akan membuat anak lebih mudah belajar membaca  sekaligus berimajinasi.

6.Memperbanyak kosa kata baru

Kosa kata untuk anak-anak sangatlah banyak. Tugas orang tua adalah mencari dari yang paling mudah terlebih dahulu. Peran orang tua sangat penting untuk membantu anak agar dalam belajar membaca.

Jika ingin memiliki anak yang cerdas, maka orang tua juga harus mengajarinya dengan maksimal. Masa-masa taman kanak-kanak harus diperhatikan karena akan berpengaruh saat mereka dewasa.