Resign atau mengundurkan diri sebaiknya dipikir secara matang. Perkara tersebut menjadi keputusan penting sebelum benar-benar melepaskan profesi yang sudah dilakoni sekarang. Mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah, terlebih kalau sudah memasuki usia yang riskan. Riskan di sini dalam artian usia yang sudah memasuki “kepala tiga”.

Jika dilihat, lowongan pekerjaan sekarang ini rata-rata membutuhkan kandidat berusia 23- 27 tahun, jadi bagi yang berusia lebih dari itu merasa was-was ketika akan memutuskan untuk resign. Tapi apa boleh buat, ada kalanya kita memilih untuk mengundurkan diri demi kebaikan kita.

Memutuskan mengundurkan diri tidaklah mudah, kita harus punya alasan yang tepat agar lebih profesional. Nah, bagi yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan dan masih mencari alasan, berikut cara paling profesional resign dari pekerjaan.

Alasan paling profesional untuk resign :

1.Tidak ada perkembangan karier

Karyawan mana yang tidak bosan jika tidak ada perkembangan dalam kariernya. Apalagi sudah bekerja bertahun-tahun tapi hanya begitu-begitu saja, pastilah ada rasa bosan dan ingin mencari pekerjaan lain yang karirnya lebih cemerlang.

2.Urusan personal yang tidak bisa diselesaikan secara profesional

Masalah dengan rekan kerja di kantor pasti selalu ada, tapi ada yang bisa diselesaikan secara profesional dan ada yang tidak bisa dan membuat salah satunya memutuskan untuk mengundurkan diri. Jika cara ini dianggap menyelesaikan masalah, silahkan dijadikan alasan, dan ini tidak salah. Tentu semua orang ingin bekerja dengan tenang tanpa adanya “drama kantor” bukan?

3.Ada kesempatan mendapat pekerjaan lain

Kita tidak selamanya harus berhenti di suatu tempat. Ada kalanya harus berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Hal ini bukan karena mudah bosan terhadap pekerjaan melainkan mendapatkan pengalaman di bidang baru. Jangan hanya karena sudah nyaman lantas enggan mencari pengalaman baru karena semakin lama di zona nyaman akan semakin tidak berkembang. So, mengapa tidak mencoba kesempatan lain?

4.Pekerjaan memberi pengaruh buruk untuk diri sendiri

Apakah ada pekerjaan yang bisa memberikan dampak buruk untuk diri sendiri? Ada. Apalagi di zaman sekarang yang semakin banyak orang licik demi lancarnya pekerjaan, contohnya korupsi. Kalau perusahaan tempat kerja kita menggiring kita pada hal tersebut, maka memutuskan resign adalah pilihan terbaik.

5.Tidak ada apresiasi dari atasan

Apresiasi dari atasan memang sangat untuk karyawan. Kalau kita sudah tidak mendapat apresiasi dari atasan, mungkin ini bisa menjadi alasan untuk mengundurkan diri. Apa boleh buat, terkadang atasan punya cara tersendiri untuk menunjukkan rasa tidak sukanya pada karyawannya, salah satunya dengan bersikap cuek pada karyawannya. Jika kita merasa tidak nyaman maupun sudah tidak ada apresiasi lagi, maka keputusan resign secara profesional sudah kita dapatkan.