Fotografi adalah bentuk seni yang memerlukan banyak waktu untuk menguasai teknik penyempurnaan. Anda tidak bisa berharap bertransisi dari sekedar amatiran iseng menjadi seseorang profesional berpengalaman hanya dalam beberapa minggu, apalagi jika hanya berdiam diri dan tidak mengeksplore hal hal baru yang menunjang teknik fotografi itu sendiri. Namun jangan takut, 5 tips ini bisa anda pakai untuk menjadikan anda fotografer yang jauh lebih baik.

golden-hour-kecil

1. Ambil gambar pada saat “golden hour”

      Photography berasal dari 2 kata yaitu Photos yang berarti cahaya dan grafo yang berarti melukis. Alasan yang cukup kuat mengapa cahaya menjadi element terpenting dalam photography. Seperti yang anda tahu, ada saat-saat tertentu dimana cahaya matahari lebih friendly. Cahaya alami atau cahaya matahari lebih memiliki sense untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Banyak orang terus berdebat tentang waktu terbaik ini, sebagian besar setuju bahwa jam sebelum matahari terbenam dan setelah matahari terbit adalah yang terbaik, hal ini sering disebut sebagai “Golden Hour”.

      Menurut Lauren Lim, “sebelum matahari terbenam, matahari sangat rendah di langit. Ini menghasilkan lebih banyak cahaya yang terarah ke objek karena sudut rendah. Pada dasarnya, itu menambah lebih banyak dimensi ke objek. Bayangan menjadi lebih lembut daripada siang hari, dan banyak hal hal lain yang terlihat lebih menarik dan dinamis.”

     Jika memungkinkan, ambilah gambar selama golden hour, mencoba dengan lampu latar atau mengambil gambar dari setiap sudut yang berbeda agar menghasilkan gambar yang dramatis. Teruslah mengeksplore setiap setup atau pengaturan pada kamera untuk menghasilkan gambar yang unik.

bayangan dalam fotografi

2. Menggunakan bayangan dalam konsep

      Saat mengambil gambar pada golden hour atau siang hari, bayangan bisa anda manfaatkan untuk pemanis pada gambar yang akan anda tangkap. Perhatikan lingkungan sekitar objek untuk memastikan hal yang sudah ada rencanakan sebelumnya.

     “Bayangan berperan penting dalam untuk menciptakan garis dramatis dalam gambar anda. Sekalipun anda mengambil objek dibawah sinar matahari atau cahaya buatan, anda dapat memaksimalkan detail gambar dalam hasil fotografi anda.”  Waseem Abbas dari Envira Gallery.

     Sebelum mengambil gambar, pehatikan asal cahaya berasal dan perhatikan bagaimana dampak dari korelasi tersebut terhadap objek yang akan diambil gambarnya. Ambillah gambar dari beberapa sudut yang berbeda, buatlah perbandingan dan pilih gambar dari posisi terbaik.

rule of thirds fotografi

3. Patuhi rule of thirds

     Apakah anda pernah mendengar istilah Rule of Thirds? Aturan ini adalah salah satu prinsip dasar komposisi fotografi yang tepat. Fotografer melihat melalui layar kamera atau viewfinder dan membagi skema gambar menjadi tiga baris dan tiga kolom.

     Saat mengambil gambar, fotografer “seharusnya” membingkai subjek dari foto bersama salah satu titik persimpangan pada garis yang terbentuk di layar. Ini mendukung teori bahwa mata manusia secara alami melihat keseluruhan gambar, baik objek atau background bukan hanya di tengah gambar.

kamera roll film

4. Mencoba memakai Roll film

     Sementara kamera digital sudah sangat membooming dan memudahkan fotografi dalam segala hal, kamera roll film saat ini sudah menjadi barang kuno. Namun tidak selamanya hal hal kuno itu berarti lebih buruk.

     Apa anda pernah berpikir saat memotret dengan roll film, anda hanya mendapatkan 24 atau 36 eksposure? Tentunya hal ini akan memaksa anda berpikir tentang setiap “shooting” yang akan anda ambil. Anda akan menjadi lebih sadar tentang apa yang akan anda potret, menyusun komposisi pengaturan yang tepat sebelum memotret, dan mencari timing yang tepat. Seiring waktu, ini akan mengajarkan anda banyak hal dan menjadikan anda fotografer yang lebih baik. Ini semua tentang pembelajaran!

peralatan fotography

5. Peralatan yang anda gunakan

      Kalau ini lebih ke masalah teknis, setiap hobi pasti harus ada sesuatu yang dikorbankan. Seperti fotografi. Hobi ini membutuhkan bakat dan pengalaman. Namun terlepas dari itu, memiliki peralatan yang tepat merupakan sesuatu nilai tambah yang bisa mendukung fotografi itu sendiri. Terkadang hanya dengan melakukan upgrade dari gear-gear yang usang, kita sudah cukup untuk mengubah hasilnya

      Masalahnya adalah hobi fotografi adalah hobi yang terkenal mahal, maka bisa dibayangkan berapa banyak yang bisa dikeluarkan untuk semua item yang anda butuhkan. Lensa misalnya, harga lensa sendiri bermacam macam, namun bisa dipastikan untuk lensa dengan hasil memuaskan pasti sangat mahal. Tipsnya adalah, belilah yang hanya akan anda gunakan. Anda bisa membeli peralatan tersebut di toko online atau barang second dengan kondisi bagus di marketplace online, gunakan diskon dan event event tertentu untuk mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau.

      Pada akhirnya tidak semua orang bisa menjadi fotografer profesional berbakat, tapi anda tidak akan pernah tahu sebelum anda mencobanya. Teruslah berusaha pada peningkatan kemampuan dan keterampilan. Satu hal yang terpenting dalam fotografi adalah  berpetualanglah, Mengeksplore hal hal baru di sekitar anda, dan terus mengembangkan pengetahuan anda. Dengan demikian membuat jam terbang dan skill anda bertambah,