Terkadang kita sangat mudah teralihkan dengan hal-hal yang sebenarnya tidak penting dalam hidup kita. Baik itu pengalihan pikiran, pengalihan perasaan atau apapun itu. Setiap hari kita dibombardir dengan gangguan dari segala arah, meminimalkan gangguan tersebut dan memfokuskan waktu terpenting akan sangat mempengaruhi hidup anda.

Jadilah lebih produktif dengan waktu anda yang terbatas dan fokuskan hari pada hal yang benar-benar penting bagi anda. 5 menit kebiasaan yang akan kita bahas akan memberikan pengaruh yang signifikan pada kehidupan anda. Sederhananya: anda harus mengatur waktu anda untuk melakukan hal yang lebih penting dan berdampak besar.

to do list

Luangkan 5 menit setiap hari untuk menulis jadwal anda untuk hari berikutnya agar membantu anda tetap pada jalur menuju tujuan anda sebenarnya. Waktu yang terbuang pada pada hal-hal yang tidak penting akan membuat anda menghabiskan hari-hari menjadi sia-sia dan tidak produktif.

 Berikut kami berikan tips untuk memaksimalkan kekuatan “to do list” anda:

 

1.Sisihkan waktu untuk melakukan hal yang anda cintai

kegemaran dan passion anda

Setiap hari kita merencanakan waktu untuk melakukan hal yang kita cintai, bahkan terkadang kita lupa melakukan hal yang kita butuhkan, seperti makan, tidur, atau mandi. Namun tidak semua hal yang kita cintai memiliki dampak positif bagi hidup kita. Sisihkan waktu 5 menit untuk membedakan hal tersebut, luangkan waktu secara teratur melakukan hal-hal ringan yang bermanfaat. Hidup anda dan orang-orang disekitar anda akan merasakan dampak dari semua ini, cepat atau lambat. Jika anda tidak yakin dengan apa yang anda cintai sesuai passion anda, mungkin anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk menjawab 30 pertanyaan dibawah ini dan usahakan pikiran dan tubuh anda dalam keadaan tenang saat menjawab semua pertanyaan ini.

  1. Apa yang membuat hidup anda serasa lebih hidup?

  2. Apa yang membuat anda bahagia?

  3. Kegiatan apa yang membuat anda lupa waktu saat mengerjakannya?

  4. Jika Anda memiliki sumber daya terbatas dan kemampuan untuk melakukan apapun, apa yang akan anda lakukan dengan waktu anda?

  5. Aspek apa yang ada dalam kepribadian anda yang sering dipuji orang lain?

  6. Apa yang membuat anda marah?

  7. Apa yang paling menakutkan di dunia ini?

  8. Siapa yang menginspirasi anda? Mengapa anda memilihnya? Apakah ada ciri umum untuk mentor yang anda pilih?

  9. Apakah gaya hidup yang anda jalani saat ini adalah keinginan anda?

  10. Anugerah atau hal apa yang datang secara alami kepada anda? pikirkan hal yang anda dapatkan secara mudah disaat orang lain harus berjuang mendapatkannya.

  11. Apa yang membuat anda sangat bersemangat?

  12. Jika anda memiliki waktu luang untuk menlusuri toko buku favorit anda, ke bagian apa Anda akan pergi?

  13. Apa bagian favorit anda saat membaca Koran?

  14. Apa yang akan anda lakukan jika anda tahu bahwa anda tidak akan gagal.

  15. Apa yang anda prioritaskan untuk saat ini?

  16. Apa selama ini anda memiliki jam kerja yang ideal? (Pikirkan jam berapa anda bangun, terasa beratkah melakukan sesuai jadwal anda?)

  17. Apa alasan anda bahwa anda bisa mejadi teman yang baik? (Apa anda pendengar yang baik, atau suka mentraktir teman)

  18. Jika anda memiliki waktu luang, apa yang sering ada dalam lamunan anda?

  19. Apa liburan impian Anda? Apakah tujuan anda sudah terwakili dengan perjalanan itu? (Hiking mungkin menunjukkan Anda senang menjadi aktif, berlibur dengan sekelompok teman-teman dapat menunjukkan Anda sangat sosial, perjalanan solo mungkin menunjukkan Anda menghargai kemerdekaan.)

  20. Apa 3 kekuatan terbesar anda?

  21. Anda tertarik menguping percakapan tentang apa?

  22. Jika anda memiliki sarana untuk memecahkan salah satu masalah besar di dunia, apakah itu?

  23. Apa yang Anda ingin orang-orang katakan tentang anda di pemakaman anda?

  24. Jika anda bisa menaklukkan ketakutan anda, apa yang akan anda lakukan?

  25. Apa yang ingin anda pelajari, dan tentang apa?

  26. Jika anda tahu semua orang dalam hidup Anda akan baik-baik saja dan tidak berdampak apapun pada hubungan anda dengan siapapun, apa mimpi liar yang akan anda kejar?

  27. Jika Anda tahu minat anda bisa membawa keuntungan, apa yang akan anda lakukan?

  28. Anda ingin terkenal karena apa?

  29. Jika anda bisa menjentikkan jari anda dan memiliki pekerjaan impian anda sekarang, apa yang akan Anda lakukan?

  30. Bagaimana anda ingin membuat dunia lebih baik?

 

answer the question

Akan banyak pola yang terlihat setelah anda menjawab semua pertanyaan itu dan itu akan membantu anda untuk menemukan passion anda.

  • Apakah mayoritas jawaban anda menunjukkan bahwa anda mencari kebebasan dan petualangan? Atau, apakah anda menginginkan segalanya lebih terstruktur? jawaban anda dapat memberikan wawasan tentang apa jenis dan waktu kerja yang ideal untuk anda.
  • Apakah anda merasa paling hidup, bahagia, dan gembira ketika Anda sudah berguna untuk orang lain dalam hidup anda? hal ini menunjukkan bahwa peran sosial mungkin sesuatu yang akan anda senangi.
  • Apakah ada masalah sosial di dunia yang membuat anda marah dan anda akan senang untuk menyelesaikannya jika anda memiliki sumber daya dan tahu bagaimana caranya? Mulailah mempelajari orang-orang yang telah berjuang untuk perubahan sosial.
  • Apakah mayoritas model peran anda pengusaha? Menjelajahi, mengenal bisnis, dan memulai berdagang dalam skala kecil adalah ide yang baik.

 

2.Pastikan anda hidup dalam prioritas utama anda

prioroitize

Hal ini adalah untuk membantu agar anda tetap fokus pada apa yang benar-benar penting dalam hidup anda. Ketika anda menuliskan jadwal anda, pastikan anda menghabiskan waktu pada prioritas utama anda. Jika anda merasa hari demi hari anda mengabaikan hal yang penting dan mengisi jadwal anda dengan kegiatan sampah, maka sudah waktunya anda mengevaluasi diri anda.

Dengan konsisten menuliskan jadwal anda, saat anda keluar jalur dari prioritas utama anda, anda akan mengevaluasi diri anda sendiri dan membuat anda lebih jujur pada diri sendiri, dan tentunya ini sangat baik untuk pribadi anda.

3. Mengelompokan tugas dan mengerjakannya secara bersamaan

selesaikan semua hal

Saat anda membuat jadwal anda, pertimbangkan untuk menyelasaikan tugas yang berkelompok atau tugas yang serupa secara bersama-sama. Hal ini dapat membantu anda memangkas waktu yang dihabiskan saat transisi dari aktifitas satu ke aktifitas lainnya. Ini juga membantu meningkatkan produktifitas hari-hari anda

4. Terapkan deadline dalam hidupmu

deadline

Deadline adalah hal yang sangat baik. Dalam usaha yang sedang anda bangun, deadline dapat mebuat usaha anda menjadi lebih besar jika diikuti dengan tata kelola yang baik. Saat anda menuliskan jadwal anda, berikanlah batas waktu pada setiap kegiatannnya. Dengan seperti itu, anda akan merasa seperti memiliki tugas yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu dan dapat membantu anda menghindari penundaan pengerjaan dan segera mengambil tindakan. Salah satu cara untuk memaksimalkan penggunaan deadline pada diri sendiri adalah dengan menggunakan teknik Pomodoro (nanti di artikel selanjutnya akan kita bahas). Dengan menggunakan deadline, anda juga akan belajar menghargai waktu.

5. Sertakan langkah kecil untuk tujuan besar pada jadwal yang anda buat

langkah kecil berdampak besar

 

Untuk membuat kemajuan secara teratur menuju tujuan besar anda, berkomitmen untuk mengambil tindakan kecil setiap hari adalah hal yang sangat penting. Menulis hal tersebut setiap hari akan membuat anda lebih dekat dengan apa yang anda impikan selama ini.

Semua ini adalah strategi manajemen waktu yang banyak membantu. Menuliskan jadwal anda adalah latihan yang sangat sederhana, namun secara simultan mengubah hidup anda. Disaat anda bisa mengatur waktu anda seefisien mungkin, tentunya itu akan membantu anda untuk fokus pada hal yang benar-benar penting dalam hidup anda dan meluangkan pikiran untuk memikirkan langkah terbaik yang akan kita ambil selanjutnya. Sederhana, namun berdampak besar bukan?