Akhir akhir ini telah banyak sekali berita dengan topik mengenai konsep mobil pintar yang memberikan fitur autopilot pada setiap unitnya, Hal ini menjadi sebuah inovasi baru sejak TESLA meluncurkan mobil autopilot pertama pada akhir tahun 2014, banyak raksasa otomotif yang mengikutinya dan mengembangkannya. Namun apakah sebenarnya fitur autopilot tersebut? Seperti dalam konsep lainnya, apakah fitur autopilot ini akan menggunakan robot untuk menggantikan manusia untuk mengendarai? Apa yang harus kita ketahui dengan fitur ini? Berikut 5 hal yang harus anda ketahui dengan salah satu fitur hebat ini.

1. Autopilot dan Autonomous

Maksud dari autopilot pada mobil pintar mungkin akan berbeda seperti yang kita bayangkan. Seperti unit awal yang tesla buat, bayangan anda tentang fitur ini mungkin seperti anda mencari lokasi tujuan anda melalui GPS, tekan tombol, lalu anda tinggal duduk santai, lalu anda sampai pada tujuan tanpa harus fokus mengemudi. Namun kenyataannya tidak seperti itu.

autopilot dan autonomous

Autipilot disini adalah melakukan seperti yang tidak bisa mobil biasa lakukan, fitur ini dapat menyesuaikan kecapatan degan mobil disekitarnya, mencari tempat parkir kosong, dan parkir otomatis. Namun pada tahun 2016 tesla mengembangkan sistem autonomus pada Model X buatannya. Fitur ini memungkinkan semua mobil listriknya bisa beroperasi tanpa sosok manusia di balik kemudi, sistem ini masih dalam proses penyempurnaan pada setiap unitnya. Meski belum akan tersedia dalam waktu dekat, Tesla memastikan sistem baru yang dibenamkan lebih bertenaga dari segi keamanan dan kenyamanan.

2. Proyek masa depan yang terus disempurnakan

Meskipun mobil autopilot sudah beredar dipasaran terutama di amerika, tapi masih banyak penyempurnaan yang mesti dilakukan. Adalah benar bahwa mobil itu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki mobil biasa, namun berarti bukan berarti berarti tanpa cacat.

proyek masa depan

Harus kita akui meskipun sudah dipasarkan ke publik, Setiap unit yang beredar masih berstatatus “Beta” atau masih perlu penyempurnaan terutama dalam sistem software dalam setiap unitnya. Seperti Tesla yang terus meminimalisir kegagalan autopilotnya namun disaat yang sama juga harus menyempurnakan konsep mobil autonomus, mereka terus bekerja keras berinovasi untuk lebih baik. Elon musk, pemimpin Tesla motor tetap menyarankan agar pengemudi selalu bersiaga dalam berkendara, tangan harus siap mengambil alih kemudi saat mengetahui ada sesuatu yang salah.

3. Lebih aman dijalan

Apakah jika banyak mobil autopilot yang beredar di jalanan membuat perjalanan lebih aman?

lebih aman

Kebanyakan kecelakaan disebabkan oleh kesalahan sang pengemudi. Misalnya seperti ngebut, mabuk saat mengemudi, penggunaan narkoba atau ugal-ugalan. Sebuah mobil autopilot akan meminimalisir kesalahan seperti yang dilakukan saat manusia mengendarai kecuali jika mobil itu cacat produksi atau sistem sensor pada unit tersebut tidak bekerja,namun itua hanya kemungkinan kecil. Jika 85% sampai 90% seluruh mobil dijalanan dunia berubah menjadi mobil autopilot diperkirakan 4,2 milliar kecelakaan dapat dihindari.

4. Peringatan keamanan

Hingga september 2016, Tesla telah mengimplementasikan fitur lain dalam mobil auto pilot mereka untuk meningkatkan keselamatan. Sangat bermanfaat, fitur ini selalu mengingatkan pengemudi untuk selalu berkonsentrasi dalam mengemudi dan dan tidak akan membiarkan anda dalam keadaan lengah atau off-guard bahkan saat dalam keadaan fitur autopilot diaktifkan.

peringatan keamanan

Pada saat tertentu, mobil ini akan menuntut anda untuk selalu meletakan tangan ada pada setir kemudi. Jika anda menolaknya, mobil ini akan memberi peringatan dengan membuat suara alarm yang cukup mengganggu, jika anda tetap mengabaikan tanda itu maka mobil ini akan menurunkan kecepatan lalu berhenti dimanapun dan bisa normal kembali jika anda menonaktifkan fitur autopilot pada mobil tersebut. Cukup mengganggu ? Mungkin iya, namun sebanding dengan manfaatnya bukan?

5.Meningkatkan produktifitas

Diperkirakan rata-rata orang menghabiskan sekitar 250 jam hanya untuk pulang pergi bekerja setiap tahun, termasuk didalamnya adalah kemacetan yang memuakkan. Pernahkah kita berpikir jika waktu tersebut kita lakukan untuk hal-hal yang lebih menguntungkan?

meningkatkan produktifitas

Jika menggunakan mobil autopilot, anda dapat mengambil laptop lalu membuat dokumen untuk proyek yang sedang anda tangani atau membalas email dari rekan kerja anda. Kecuali jika mobil anda meminta untuk mengambil alih kemudi, mungkin anda bisa melakukan pekerjaan yang tertunda kemarin selama di perjalanan dan menyelesaikan pekerjaan anda lebih cepat dari biasanya. Ini akan membuat anda lebih produktif , aman dan yang pasti meminimalisasi kekhawatitran selama perjalanan anda.

Kesimpulan

Dengan segala fakta yang ada, kita dapat melihat mengapa mobil dengan fitur autopilot begitu menarik terutama untuk industri otomotif. Penemuan ini akan membuat perjalanan kita lebih aman, meningkatkan produktifitas, menghemat waktu kita dan membuat hidup kita lebih mudah. Perpaduan antara teknologi dan otomotif ini memberikan manfaat yang sangat besar untuk masyarakat modern saat ini. Terlebih lagi mengingat banyaknya kecelakaan yang terjadi di lalu lintas dan memakan korban. Semoga teknologi ini terus disempurnakan hingga memberikan dampak yang lebih luas bagi dunia.