Menjadi sukses adalah hal yang tidak mudah dicapai, anda tidak bisa mengharapkan hal itu terjadi dalam waktu semalam. Menjadi sukses memerlukan pola pikir, tekad, dan tentu saja kerja keras. Jika anda hanya berpikir tanpa melakukan apapun, itu tidak akan cukup. Anda harus mengambil tindakan untuk merancang keberhasilan anda sendiri.

     Periode waktu yang ideal dalam meniti karir adalah setelah anda lulus dari kuliah. Saat berusia dua puluhan anda masih sangat bersemangat dan penuh dengan energi positif, anda memiliki banyak waktu untuk bereksperimen, belajar dari kesalahan anda dan mempelajarinya sebagai pengalaman. Kadang kala, orang-orang mungkin akan memandang anda sebelah mata dikarenakan usia anda masih muda dan minim pengalaman, namun percayalah ada yang harus anda pelajari sebelum umur 30 tahun. Dengan cara ini bisa menjadi dasar kuat dan membuat pengalaman berharga yang diperlukan untuk perkembangan masa depan Anda, seperti yang dilakukan para inovator lain.

1. Harus tahu caranya untuk gagal lebih cepat

fail fast

     Sebuah cara yang hebat dan bisa menyelamatkan diri kita dari masalah adalah belajar bagaimana caranya untuk gagal lebih cepat. Kita semua tahu bahwa kegagalan tidak bisa dihindari dalam hidup, dan satu-satunya kegagalan yang benar benar-benar menyakitkan adalah saat kita tidak pernah mengambil pembelajaran dari kesalahan itu.

      Namun, mengetahui moment saat anda merusak segala yang anda rencanakan dan mundur lebih cepat terkadang adalah pilihan yang terbaik. Hentikan stress anda dan luangkan waktu anda untuk rencana baru. Jika anda nekat untuk terus menjalankannya, apalagi hanya untuk membuktikan bahwa orang lain salah, anda akan berkahir dalam kondisi yang lebih menyedihkan lagi. Sekali lagi, tidak ada rasa malu dalam kegagalan. Semua yang perlu anda lakukan adalah belajar bagaimana melakukannya lebih cepat, yang pada akhirnya akan menuntun anda untuk sukses lebih cepat. Ini bukan putus asa, ini adalah kesadaran untuk berhenti di waktu yang tepat.


2. Menentang otoritas

fuck the sistem

     Menjadi pemberontak ada dalam setiap gen manusia, itu sifat dasar manusia,  tidak! Itu sifat dasar makhluk hidup. Saat kita remaja, kita sering menentang otoritas, melanggar peraturan, menembus sistem dengan berbagai bentuk yang kita lakukan, sebagai contoh saat kita mulai merokok tanpa sepengetahuan orang tua kita atau kenakalan lain saat beranjak remaja. Meskipun kita tahu hal-hal ini berbahaya, kita tetap melakukannya, hanya untuk menunjukkan bahwa hal ini tidak berbahaya seperti yang dikatakan orang lain. Kita membangun identitas kita sendiri, dengan menunjukkan bagaimana kita tidak membabi buta percaya segala sesuatu yang diberitahu.

     Ini adalah sifat yang baik, anda harus mempertanyakan segala sesuatu, terutama jika kedengarannya terlalu nyaman dan tidak sesuai dengan jalan pikir anda. Contohnya, ketika menerangkan konsep, namun anda dianggap salah menurut orang banyak padahal  anda hanya mengemukakan  cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu, Perjuangkan ide anda! Ini adalah salah satu kunci utama untuk sukses, mengetahui dan melakukan sesuatu yang lebih baik dari pesaing Anda dan ambil alih!

     Sepanjang sejarah, orang-orang yang membuat penemuan-penemuan inovatif, melakukannya dengan mempertanyakan apa yang disajikan kepada mereka sebagai kebenaran universal. Nicolaus Copernicus membuat langkah yang sangat berani, ketika dia menantang tesis bahwa bumi adalah di pusat alam semesta, dan memiliki teori yang bertentangan dengan apa yang gereja percaya. Sebuah contoh yang bagus bagaimana kita seharusnya tidak membiarkan rasa takut kita  mencegah kita untuk menantang kepemimpinan yang buruk. NOTED!!


3. Aktif mengeksplorasi “kelemahan” anda dan perbaiki hal tersebut.

exploration you weakness

     Menginjak usia  30 tahun kita kurang atau mungkin tidak menyadari orang macam apa kita ini. Sementara itu kita dibombardir dengan berbagai poster atau jargon motivasi, mengatakan “kelemahan saya adalah siapa saya”, atau “Jadilah diri sendiri tidak peduli apapun itu” dll. Namun, jelas bahwa anda harus melepaskan motto ini cepat atau lambat.  Tidak ada yang salah dengan menerima diri sendiri, dan menjadi diri sendiri, tetapi jika saat melakukannya anda hanya menghambat kemajuan pada diri anda sendiri, maka ada yang salah dalam pendekatan logika tersebut. Perbaiki kelemahan anda, sehingga anda bisa bangga pada diri sendiri.


4. Menemukan cara untuk beradaptasi

adaptasi

     Melakukan apa yang anda cintai tanpa mengganggu kehidupan anda adalah skenario kehidupan yang ideal. Anda tidak akan terganggu dengan kewajiban dan bisa bebas memilih dalam hal yang anda sukai. Sayangnya hal ini tidak mudah, dan bahkan sering kebalikannya, anda harus mengorbankan salah satu dari dua point tersebut, hal yang anda cintai atau hidup anda.  Dunia dipenuhi dengan hal yang “diinginkan” atau “dibutuhkan”, bijaklah dalam memilih, Anda dapat cukup terampil dan berbakat pada suatu hal, tetapi tanpa kemampuan untuk beradaptasi, Anda tidak akan berhasil.

     Mengetahui bagaimana beradaptasi, bukan berarti bahwa anda meninggalkan prinsip anda dan menjadi penjilat, Bukan! Beradaptasi seperti layaknya menunjukan pengetahuan yang anda dapat dari tempat atau pengalaman lain dan menerapkannya di lingkungan sekitar anda. Misalnya, jika anda tahu psikologi, Anda dapat menggunakan apa yang anda pelajari dari studi anda dan mencoba untuk  menerapkannya dalam pekerjaan  manajer proyek, selama itu lebih efektif, tidak masalah. Atau, jika anda sangat mengerti dengan hukum, anda dapat menggunakan pengetahuan tersebut pada bagian penulisan skenario dan membuat drama menarik seputar persidangan. Ini hanya contoh, tetapi ide dasar di balik adaptasi ini adalah untuk menemukan cara memanfaatkan apa yang sudah anda ketahui dan pelajari


5. Selalu persiapkan rencana cadangan dan pendapat kedua

you must have plan B

     Hal terakhir yang penting bagi masa depan yang stabil adalah menerima kenyataan bahwa Anda bukanlah orang yang paling kompeten, terampil, atau terpandai di dunia. Terlepas dari bagaimana tanggapan orang disekitar anda tentang betapa hebat atau pintarnya diri anda. Usahakan untuk selalu mencari umpan balik yang konstruktif.

     Setelah semua, orang disekitar anda menaruh harapan besar atas tindakan anda. Mereka mengharapkan sesuatu yang baik yang anda buat dan berhubungan dengan apa yag anda lakukan. Oleh karena itu, tidak penting jika Anda berpikir tindakan besar jika hanya berhenti pada pemikiran, bukan tindakan