Sebagian penulis hanya suka bersembunyi di belakang layar dan tak peduli dengan masalah bisnis penjualan bukunya. Mereka hanya ingin fokus menulis saja. Kecuali jika Anda memang ingin terlibat dalam proses pemasaran bukunya. Tapi kalau Anda memang ingin terlibat dalam proses pemasaran dan Anda hanya terdiam di belakang layar saja, itu hanya akan membuat debu-debu menempel di tumpukan buku Anda.

Kita tahu bahwa ada jutaan buku yang diterbitkan setiap tahunnya. Jutaan peluang bagi pembaca untuk bisa menemukan sesuatu yang melibatkan waktu mereka. Mungkin Anda berpikir kalau dengan seperti itu banyak buku yang sudah membanjiri pasar, dan tidak ada ruang bagi Anda.

Tapi Anda salah, sebenarnya masih banyak ruang untuk Anda. Salah satu caranya adalah dengan memunculkan diri Anda ke para pembaca Anda. Karena para pembaca buku Anda sebenarnya juga ingin tahun tentang Anda. Untuk itu sebagai seorang penulis, ada baiknya jangan hanya bersembunyi di balik layar. Tampilkan diri Anda ke para pembaca.

Bagaimana caranya?

Berikut 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan agar terhubung dengan para penggemar Anda

#Aktif di Media Sosial

Percayalah, media sosial adalah media yang sangat berpengaruh di era sekarang ini. Anda bisa menggunakannya secara gratis dan bisa digunakan untuk membangun jaringan pembaca Anda. Gunakan Twitter untuk promosi buku Anda. Anda bisa menggunakan layanan seperti BookTweeters.com, TweetYourBooks atau TheBookPromoter.com.

Layanan tersebut dapat membantu Anda untuk mempromosikan buku Anda melalui Twitter. Ribuan followers mereka pun akan mengetahui buku dan tentunya Anda sebagai penulis.

Gunakan Instagram untuk memposting buku-buku Anda. Sesekali juga bisa memposting gambar quotes yang ada di dalam buku Anda. Atau kalimat-kalimat menarik yang ada di dalam buku. Post juga kegiatan Anda dalam hal promo buku atau yang bersinggungan dengan buku.

#Buat halaman situs web

Untuk lebih meningkatkan personal branding diri Anda sebagai penulis, Anda bisa membuat halaman situs website Anda sendiri. Melalui website akan lebih intim dan ini bisa dijadikan rujukan utama para penggemar buku Anda. Karena nantinya melalui website, semua informasi yang berhubungan dengan proyek buku dan Anda bisa dipublikasikan di website.

Buat juga formulir opt-in untuk berlangganan newsletter dan agar mereka tergabung dalam jaringan subscribers Anda.

Baca juga : Bagaimana Memulai & Membangun Email Newsletter yang Efektif?

Sehingga Anda juga bisa punya database para penggemar Anda jika suatu saat ingin mengadakan event tertentu.

#Ajak Gathering

Penggemar Anda tidak hanya ingin mengenal Anda melalui media sosial atau dunia maya, tetapi mereka juga ingin bertemu Anda secara langsung. Sesekali buatlah agenda untuk gathering dengan para penggemar Anda. Tidak perlu semuanya, bisa beberapa melalui seleksi atau pendaftaran.

Anda bisa ajak mereka makan atau berbagi tips tentang dunia kepenulisan. Bisa juga untuk mengadakan bedah buku yang sudah Anda tulis. Kegiatan semacam ini akan lebih merekatkan hubungan Anda dengan para penggemar. Dan ini juga sebagai bentuk rasa terima kasih Anda kepada para pembaca.

#Buat Kontes atau Giveaway

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda menjadi lebih terhubung dengan pembaca Anda adalah membuat kontes atau giveaway buku Anda. Ini juga sebuah cara untuk membuat mereka memberikan feedback untuk Anda.

#Mengajak Kolaborasi

Mungkin ini jarang dilakukan oleh para penulis, tetapi sebenarnya ini menarik untuk dilakukan. Anda bisa mengajak kolaborasi dengan pembaca Anda untuk proyek penulisan selanjutnya. Dari sekian banyak penggemar Anda, pasti ada satu dua yang memang suka menulis. Ajaklah mereka untuk kolaborasi dalam proyek buku terbaru Anda. Atau memang buat proyek buku khusus kolaborasi dengan para pembaca Anda.

Tentu ini akan sangat menarik. Dan pembaca Anda akan merasa dihargai karena bisa membuat karya bersama orang yang diidolakan.

Lalu apa manfaatnya jika menjalin hubungan dengan para pembaca? Yang jelas ini akan baik untuk karier Anda. Anda akan termotivasi untuk terus menelurkan karya baru dan ini juga akan membantu Anda dalam proses penjualan buku nanti.