Dalam hati kadang pengen banget menumbuhkan minat membaca, seperti teman-teman yang sering bawa buku kemana-mana dan asyik mengupas isinya. Tetapi kok baca beberapa halaman saja kadang sudah tidak dilanjutkan lagi. Ada yang pernah mengalami?

Padahal kalau melihat orang yang gemar membaca itu rasanya asyik dan tentunya bikin kelihatan ‘smart‘. 😀 Kadang ketika melihat ada orang bisa membaca satu buku dalam seminggu itu rasanya wow banget. Dalam hati pengen, ya nggak sih.

Kamu pun juga bisa kok melakukannya. Nah kali ini BukuPedia.com ingin memberikan beberapa tips buat kamu supaya bisa menumbuhkan minat baca kamu.

1. Mulai dari yang disukai. Ya, membacalah dari buku yang kamu sukai. Kalau kamu suka membaca buku mengenai travelling, ya baca saja. Selanjutnya cari buku-buku yang direkomendasikan. Karena kebiasaan itu diawali dari yang kita sukai. Benar nggak sih.

2. Pinjam teman. Kamu mungkin takut buat beli buku karena nanti nggak dibaca atau kamu takut isinya tidak sesuai yang kamu suka. Cobalah untuk meminjam saja, ke teman lah atau ke perpustakaan dan sumber-sumber buku di sekitar kamu. Intinya yang nggak bikin kamu keluar duit dulu. Haha.

3. Beralih ke genre buku lain. Ketika kamu sudah mulai nyaman membaca buku-buku yang kamu sukai, cobalah untuk beralih, eh bukan beralih sih, tapi mencoba buku dari genre lain. Misalnya kamu awalnya suka buku-buku tentang travelling, kamu bisa mencoba buku tentang history, kan ada relasinya tuh. Sehingga nantinya kamu bisa menambah wawasan lain tentang buku yang kamu baca.

4. Sediakan waktu. Nah ini yang penting, menyediakan waktu untuk membaca setiap harinya. Nggak usah banyak-banyak deh, minimal 10 menit cukup kok. Intinya kamu nyaman dan bisa rutin dulu. Kalau sudah bisa rutin tinggal naikan durasinya. Tapi ingat, jangan lupa waktu juga. Nanti baca buku terus malah lupa kewajiban utamanya. 😀

5. Bikin target. Lhah? Baca buku kok harus ditarget? Ya namanya juga supaya terbiasa. Maksudnya target adalah misalnya dalam satu bulan kamu harus menyelesaikan membaca 2 buku. Dengan ditarget seperti ini maka kamu akan membiasakan diri untuk selalu membaca setiap waktu.

Baca juga : Gemar Membaca Membuat Seseorang Mudah Cair Dalam Pergaulan

Jangan khawatir, ketika kamu nanti sudah terbiasa membaca, kamu akan memiliki cara pandang yang luar biasa. Dan wawasan kamu bakal bertambah. Kamu akan bisa memandang segala hal dari berbagai sudut pandang. Itulah salah satu keuntungan membaca buku. Apakah kamu siap?