Setiap dari kita sebenarnya memiliki ide kreatif. sekalipun anda berkata anda tidak mempunyainya,

namun percayalah kreatifitas bukanlah bakat lahir, mengasah kreatifitas adalah sesuatu hal yang mampu di pelajari untuk beradaptasi terhadap perubahan segala hal. Tidak ada manusia yang tidak mempunyai kreatifitas, hanya saja mereka tidak bisa mengembangkannya dan sangat sulit untuk melihat potensi dari pemikiran mereka. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan ide ide yang tersembunyi di dalam pikiran kita.

Berikut adalah 5 langkah sederhana yang bisa menumbuhkan kreatifitas anda :

 

ide creativity

1. Melatih kesadaran diri untuk mengembangkan pemikiran

      Luangkan sedikit waktu, misalnya 10 atau 15 menit sekali dalam sehari selama 1 minggu. Anda dapat menulis atau mengetik apa yang terjadi dalam pikiran anda, penggambaran yang terlintas dalam pemikiran anda. Terdengar memang sangat mudah, namun perlu diingat, pemikiran setiap manusia tidaklah tetap, mungkin ada pemikiran lain yang mengalir dalam otak anda. Fokus pada pemikiran yang terlintas di kepala anda telebih dahulu, anda juga bisa memberi opsi pada pemikiran lain yang terlintas selanjutnya.

      Jangan ragu untuk menulis kata tanpa makna atau kalimat kosong, contoh seperti “matahari pagi ini cerah” atau “aku menggunakan sepatu berwarna hitam”, biarkan semua mengalir, jangan ditahan, anda tidak sedang menulis naskah buku untuk penerbitan, kok!!, hal ini untuk melatih kesadaran anda dan menstimulasi pikiran anda bahwa pemikiran anda memiliki “Background”.

ide dan kreatifitas

2. Buatlah daftar yang paling mencolok dari ide atau pemikiran yang muncul dari tulisan anda.

      Mungkin hal ini terasa aneh, membaca tulisan yang tidak jelas artinya yang kita buat selama seminggu ini. Namun tenanglah, semua itu hanya tulisan yang anda buat dan hanya akan anda baca sendiri. Sekarang temukanlah pola dari daftar tulisan yang anda buat, apa tema atau topik yang paling sering muncul dalam tulisan ini? Cari yang intensitasnya paling sering. Kemudian catat dalam catatan terpisah pemikiran yang menurut anda lucu, menarik, aneh atau yang tidak memiliki arti sama sekali. Hal ini untuk menganalisa apa yang kita lihat dan pemikiran yang muncul lebih dari sekali.

      misalnya ketika latihan ini dilakukan, Saya menyadari saya banyak menulis tentang emosi saya, kenangan, dan harapan. Saya juga tertarik dengan berbagai topik seperti photography, seni dan olahraga .

gambar ide

3. Pilih 3 ide, topik atau kegiatan dari daftar yang anda buat dan dedikasikan setidaknya 15 menit untuk satu kegiatan selama beberapa minggu kedepan.

      Ini hanya untuk memastikan bahwa Anda benar benar menikmati kegiatan atau gagasan yang sedang anda pikirkan. Misalnya; Sekali waktu coba ajak teman terdekat anda untuk joging di sebuah teman, berbaurlah bersama mereka yang biasa melakukan joging dan olahraga di taman, teman anda akan menyadari bahwa ini bukanlah Anda. Hanya karena anda tidak pernah melakukan hal yang tidak pernah anda lakukan, orang orang terdekat anda pasti akan menganggap anda aneh. Tentu saja ini subjektif, tapi kebanyakan setiap orang seperti itu. Dan inilah yang penting dalam program pengembangan kreatifitas ini. Menemukan passion anda, kekuatan dan kelemahan adalah kunci disini.

quote ide

4. Alokasikan waktu untuk membangun proyek kecil dari idemu.

     Kebanyakan orang berpikir jika setelah menemukan passion dalam hidupnya, meraka pasti akan menghabiskan uang dan waktu, lalu sibuk dengan dunia barunya. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun masih ada tahapan lain sebelum fase itu dimulai. Menyisihkan waktu dan membuat rencana untuk memulai proyek mini dari idemu adalah tahapan awal yang harus kamu lewati. Jadi, lest do it!

quote ide 5

5. Tetapkan tujuan yang jelas: mempersiapkan diri untuk memamerkan karya anda, keterampilan atau ide yang memotivasi dan menginspirasi orang lain.

      Pintarlah mengatur waktu antara “creative time” dan waktu kerja anda. Jangan sampai dua hal ini bentrok dan merusak semua rencana anda, ingat! Anda masih punya kehidupan, atur semua rencana dengan tujuan yang jelas dan berimbang. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada di kota anda, berbaurlah. Misalnya passion anda di dunia seni sastra, bergabunglah dengan komunitas penulis di kotamu, ungkapkan ide-ide yang anda pikirkan untuk membuat sebuah perubahan atau memotivasi orang lain. Buatlah sebuah buku dan pasarkan. Mungkin ekspektasi di buku pertama karangan anda jauh dari kenyataan yang terjadi, namun jangan khawatir, bekerja dengan tujuan yang jelas dan sesuai passion anda jauh lebih mudah daripada pekerjaan yang dipaksakan namun menuntut kesempurnaan.

     Tetaplah berfikir dan kreatif, andalah yang memiliki seluruh hidup anda untuk menyempurnakan keterampilan anda. Menampilkan hasil kreatifitas dan ide anda tidak hanya akan berfungsi memotivasi diri sendiri, tetapi juga akan menginspirasi orang lain.