Hal-hal sepele yang muncul di kantor kadang bisa menjadi petaka, salah satunya resign kerja. Seperti sering ngomongin rekan kerja hingga kebiasaan-kebiasaan buruk yang melibatkan diri sendiri. Biasanya yang kerap terjadi adalah bosan di kantor.

Ya, bosan ini bisa disebabkan banyak hal. Tidak senang dengan rekan kerja, kondisi pekerjaan yang kurang nyaman dan lain sebagainya. Kebosanan saat di kantor ini tentu tidak baik jika dibiarkan, karena dapat menurunkan produktivitas kerja.

Baca juga : Kerja Tidak Produktif? Coba Tingkatkan Dengan Cara Ini

Untuk itu Anda perlu menghilangkan rasa bosan di kantor. Berikut ini beberapa yang bisa dilakukan.

#1 Minum kopi, teh atau ngemil.

Ketika Anda mulai mengantuk atau nggak fokus, menguyah atau minum akan mengembalikan kesadaran. Terlebih minum air putih, itu sangat efektif. Tapi kalau Anda mau bisa juga minum teh atau kopi.

#2 Main ke meja teman.

Jangan terus-terusan di depan meja kerja Anda. Kalau memang lagi bosan, cobalah untuk main ke meja teman. Dengan membawa minuman yang baru dibuat, Anda bisa ngobrol ringan dengan teman kerja. Obrolkan hal-hal yang di luar pekerjaan, misalnya jadwal film terbaru, cafe yang nyaman, atau hal-hal lain.

Intinya buat diri Anda menjadi kembali ceria dan siap untuk bekerja kembali.

Tapi ingat, ketika ngobrol dengan teman, jangan ngomongin teman lain atau bahkan ngomongin pimpinan.

#3 Browsing.

Ini bisa Anda lakukan asal di jam-jam istirahat. Atau kalau memang sedang jam kerja, lakukan sebentar saja. Ya sekedar baca-baca berita terbaru. Tapi ingat jangan membuka media sosial. Karena media sosial dapat membuat Anda lupa waktu.

Kalau mau buka internet sebaiknya cukup 5 menitan saja. Intinya supaya mengalihkan kebosanan.

#4 Foto OOTD.

Buat Anda yang suka foto-foto, supaya bisa mengurangi kebosanan di kantor, bisa melakukan foto OOTD (Outfit of The Day). Dengan seperti ini Anda bisa menjadi lebih ceria lagi dan bersemangat untuk kembali kerja.

Tapi ingat, jangan sampai mengganggu teman kerja.

#5 Membaca buku.

Ketika bosan datang, luangkan waktu sejenak untuk membaca buku. Kalau suka baca novel, bisa sembari menuntaskan ceritanya. Atau Anda juga bisa membaca buku-buku motivasi yang bisa kembali membangkitkan semangat kerja.

Rasa bosan di tempat kerja itu memang menjangkitan banyak pegawai, tetapi jangan sampai hal itu dijadikan alasan untuk melakukan hal-hal yang buruk seperti resign kerja. Belum tentu rasa bosan itu sebuah sesuai yang besar dan harus diakhiri dengan keputusan itu. Rasa bosan datang karena Anda terlalu sibuk dengan urusan yang itu-itu saja.

Sebaiknya untuk mengurangi rasa bosan, Anda bisa beraktivitas yang lain ketika di luar jam kerja, seperti piknik atau berkumpul dengan keluarga dan orang-orang tercinta.