Manusia sekarang ini tidak luput dari yang namanya media sosial. Tak perlu heran, di era yang semakin maju seperti sekarang, semua hiburan bisa didapatkan dari bermain-main di sosial media. Setuju tidak? Akan tetapi beberapa survey menunjukkan bahwa tidak semua orang merasa bahagia dengan sosial media, yang ada malah depresi karena terlalu membanding-bandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Jika masih ada yang beranggapan seperti itu, berarti belum tahu bagaimana cara yang lebih asyik saat bermain sosial media.

Tidak semua orang bisa menemukan cara asyik bermain sosial media. Jika dilihat memang tidak semua konten di sosmed memberi pengaruh baik, terlebih bagi anak di bawah umur.  Sebagai urban worker, tentu akan ada saatnya bosan dan akhirnya lari ke dunia maya. Sayangnya tidak semua orang bisa lebih happy saat bermain sosmed. Semua di dunia ini memerlukan trik, termasuk dalam bermain sosial media.

Agar semakin asyik mainan sosial media, berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba;

1.Pilih konten yang paling menarik.

Setiap orang mempunyai ketertarikan yang berbeda dalam mengikuti konten sosmed. Agar lebih asyik, sebaiknya ikuti konten yang sesuai dengan passion kita, misalnya Tutorial make up, seputar traveling, motivasi dan masih banyak lagi. Kalau niatnya lari ke dunia maya hanya untuk hiburan, mengapa kita tidak follow konten-konten yang asyik saja?

2.Mute akun-akun toxic.

Menariknya jagad sosmed memang membuat semua orang bebas untuk posting apa saja. Kebebasan tersebut seringkali disalahartikan sehingga banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang posting hal-hal yang membuat kita merasa malas untuk melihatnya, dan yang lebih parah orang tersebut merupakan orang terdekat kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, tidak perlu unfollow mereka, yang kita lakukan cukup mute akun toxic tersebut. Dengan begitu feeds akan terlihat lebih menyenangkan dan mainan sosmed akan lebih asyik.

3.Atur waktu kapan harus bermain sosmed.

Ada yang beranggapan bahwa semakin lama orang berkecimpung di dunia maya, maka hidupnya akan semakin menyedihkan. Mengapa demikian? Itu karena mereka cenderung membandingkan kehidupan mereka dengan orang lain. Apakah semua orang yang bermain sosmed akan seperti itu? Jawabannya tidak , asalkan bisa membagi waktu.

Agar tidak mengganggu psikologis seseorang, sebaiknya atur waktu untuk membuka sosial media. Dengan begitu tidak akan menganggu kehidupan sosial seseorang di dunia nyata. Jangan terlalu egois dengan keseringan memegang handphone, sesekali berinteraksi dengan orang sekitar agar kehidupan lebih seimbang.

4.Manfaatkan sosial media menjadi hal positif.

Jika sudah masuk dalam kategori kecanduan sosmed, maka manfaatkan hal tersebut untuk hal-hal positif. Toh sekarang banyak konten yang bisa dibuat dengan cara yang lebih mudah, sebut saja Canva, aplikasi tersebut sangat cocok untuk orang yang suka berkreasi dengan cara paling mudah.  Siapa tau bisa membuat akun sendiri bertemakan simple design dan banyak yang suka. Dengan begitu akan semakin asyik bermain sosmed.