Membaca kadang merupakan layaknya gerbang menuju petualangan lain yang berbeda,

Membaca juga seperti gaya hidup yang mampu mengembangkan imajinasi dan pemikiran kita terhadap apa yang ada, membangun cara pandang dan nalar terhadap sesuatu masalah. Maka dari itu, penting sekali mengajarkan dan mulai memperkenalkan kegiatan membaca pada anak sejak usia dini. Anak layaknya investasi berharaga dalam hidup kita, sudah sepatutnya kita bisa menumbuhkan minat bica sedari dini. Hal tersebut dapat membantu membentuk pola pikir, intelegensi dan juga rasa ingin tahu yang tinggi pada anak.

Berikut 3 cara yang terbukti efektif untuk menumbuhkan minat pembaca pada anak ;

 

baca untuk anak

Membaca untuk mereka.

      Bacalah buku-buku untuk anak anda dengan tema ringan seperti dongeng klasik atau cerita pendek. Biarkan suasana mengalir, jawab setiap pertanyaan yang diajukan anak anda. Diskusikan karakter yang ada dalam kisah cerita tersebut. Anda juga bisa memberikan cerita dongeng dengan gambar disetiap halamannya, hal ini membuat semua informasi lebih cepat tercerna oleh pemikiran anak anda, karena anak lebih mudah mengolah informasi melalui gambar. Namun pastikan anda duduk dengan mereka, memberikan perhatian sekaligus menerangkan deskripsi dari setiap gambar pada halaman buku tersebut. Waktu yang tepat melakukan hal ini adalah sebelum tidur.

baca buku dengan anak

Membaca dengan mereka.

      Jangan berhenti mengajarakan anak anda membaca saat mereka sudah bisa membaca, terkadang di Indonesia hal ini sering kali terjadi. Pilihlah buku dengan perbendaharaan kata yang lebih bervariasi, contohnya seperti novel atau buku sastra lainnya. Terus temani mereka, biarkan mereka membaca satu paragraf, lalu anda bisa membaca paragraf selanjutnya. Jika sudah cukup lancar anda bisa tingkatkan untuk membaca perhalaman. Cara ini terbukti efektif agar mereka mempelajari kata kata asing. Daya pikir mereka juga terangasang karena kata kata baru yang ia ucapakan, dengan sendirinya mereka akan bertanya pada kita arti kata tersebut, juga inti dari cerita yang dia baca. Namun perlu diingat jangan biarkan anak anda tertekan dengan kegiatan ini, sediakan waktu khusus agar kegiatan ini menyenangkan bagi anda berdua. Anda juga bisa pergi ke toko buku atau perpustakaan terdekat dan memilihkan genre buku yang bisa mereka baca tanpa paksaan.

buku anak

Membaca di sekitar mereka

      Anak anak lebih cenderung mengikuti apa yang orang tua lakukan, begitu juga pada saat membaca. Dalam tahap ini, peran kita sebagai orang tua sangat dibutuhkan. Kita bisa memilihkan buku-buku berdasarkan tingkat usia dan genre. Jika memungkinkan, kita bisa membuat sebuah perpustakaan keluaga di rumah kita, atau kita membuat ruang khusus untuk membaca di salah satu ruangan dirumah kita. Mulailah dengan diskusi ringan dan pembahasan mendalam terhadap buku yang anda baca atau anak anda baca. Jika ada bagian atau fakta yang menarik bagi mereka, beritahukan pada mereka dengan cara yang mudah dipahami. Cara ini juga terbukti efektif untuk mempererat hubungan antar keluarga dan untuk menambah wawasan pengetahuan sekeluarga.

     Anak anak jauh lebih interaktif dalam menyerap segala pengetahuan yang berasal dari manapun dibanding mereka yang sudah dewasa. Sudah selayaknaya kita sebagai orang tua sebisa mungkin memantau apa yang mereka baca. Namun bukan berarti kita juga membatasi kebebasan mereka untuk memperoleh informasi, kita harus mengajarkan mereka tentang tanggung jawab terhadap materi dalam buku yang mereka baca. Mulailah dari langkah kecil untuk membuat perubahan besar.