Kapan terkhir Anda membaca? buku, artikel majalah, atau bahan bacaan lainnya? Atau mungkin anda malah melakukannya setiap hari? Jika anda adalah seseorang yang memiliki hobi membaca, maka anda bisa berbangga diri, karena tidak semua orang menyukai buku sebagai sarana pengetahuan. Padahal buku adalah jendela ilmu paling murah dan buku memiliki banyak manfaat yang baik untuk diri sendiri, berikut 10 manfaat membaca yang mungkin jarang kita ketahui.

1. Menstimulasi mental dan otak anda

     Penelitian telah menunjukan bahwa membaca dapat merangsang perkembangan mental juga memperlambat (atau mungkin mencegah) alzheimer dan dementia. Seperti penelitian yang kami ulas disini, bahwa membaca dapat menjaga otak agar terus aktif dan mencegah kehilangan kontrol atas tubuh kita. Sama seperti otot dalam bagian tubuh lainnya, otak juga memerlukan latihan untuk tetap kuat dan sehat. Tidak hanya membaca, bermain teka teki dan bermain catur juga dapat membantu menstimulasi otak anda secara aktif.

2. Mengurangi stress

membaca mengurangi strees

     Tidak peduli berapa banyak tekanan yang anda dapatkan ditempat kerja, konflik hubungan anda dengan pasangan anda atau apapun yang membuat pikiran anda terbebani, dengan membaca setidaknya dapat meringankan tingkat stress anda. Sebuah novel misalnya, kan membawa anda larut kedalam dunia yang ada di dalam cerita novel tersebut atau sebuah artikel menarik yang akan menyegarkan pikiran anda dan membuat ketegangan pada pikiran anda mengalir pergi dan memungkinkan anda untuk bersantai.

3. Menambah pengetahuan

      Semua yang anda baca akan terserap kedalam pikiran anda dan akan memberikan informasi baru. Semakin banya pengetahuan yang anda miliki maka akan semakin banyak peluang anda bisa mengatasi setiap tantangan yang akan anda hadapi dalam hidup. Bayangkan saja anda dalam kondisi terendah, anda mungkin bisa kehilangaan semuanya, seperti harta, uang, keluarga, atau bahkan kesehatan anda tapi perlu anda ingat pengetahuan adalah hal yang akan sulit dihilangkan dan sangat mudah untuk diwariskan.

4. Peningkatan fokus dan konsentrasi

peningkatan fokus

     Dalam kemajuan jaman,terutama di era internet seperti sekarang, banyak orang yang terpaksa melakukan pekerjaan secara bersamaan atau multitasking. Penelitian menunjukan dalam rentang waktu 5 menit rata-rata orang akan membagi waktu antara bekerja, memeriksa email, chatting, mengecek notifikasi dari sosial media baik melalui komputer atau smartphone, dan berinteraksi dengan rekan kerja mereka. Sebenarnya jenis prilaku seperti ini menyebabkan tingkat stress meningkat dan menurunkan produktivitas. Hal sebaliknya terjadi jika anda membaca buku, saat membaca semua perhatian anda akan terfokus pada cerita yang ada dalam buku. Anda terbawa pada setiap detail cerita dan membuat tingkat konsentrasi lebih tajam. Cobalah membaca setidaknya 20-30 menit sebelum anda pergi bekerja, saat anda bangun tidur atau mungkin membaca di kendaraan umum. Hal ini juga dilakukan oleh orang-orang terkenal seperti Steve Jobs atau Oprah Winfrey.

5. Menambah keterampilan berpikir dan analisa

keterampilan analisa

     Pernahkan Anda membaca novel misteri atau komik detektif? Secara tidak langsung, pikiran anda akan berusaha memecahkan misteri yang anda baca sebelum menyelesaikan keseluruhan cerita di buku tersebut. Pemikiran kritis dan analitis anda akan bekerja mengambil kesimpulan dari semua rincian cerita dan setiap plot yang berjalan dan menentukan akhir yang mengesankan. Hal ini juga berguna saat anda mengkritisi setiap plot yang ada dibuku tersebut bersama orang lain.

6. Menambah perbendaharaan Kata

perbendaharaan kata

      Semakin banyak buku yang anda baca maka akan semakin banyak kata yang akan anda kenal. Dan kata-kata tersebut akan terbawa pada ucapan sehari-hari. Artikulasi dan olah kata yang baik dapat membantu anda dalam profesi apapun, rasa percaya diri anda juga akan bertambah. Sebagai orang yang gemar membaca, pandai berbicara dan memiliki pengengetahuan tentang berbagai topik akan cenderung mendapatkan karir lebih cemerlang dibandingkan mereka yang memiliki pengetahuan lemah, tidak gemar membaca dan kurangnya kesadaran bahasa. Tidak hanya perbendaharaan kata, membaca buku juga penting untuk mempelajari bahasa baru untuk menambah relasi anda.

7.  Menambah keterampilan menulis anda

      Saat anda sudah memiliki perbendaharaan kata yang beragam, anda mungkin bisa mencoba untuk menulis buku karya anda sendiri. Setiap buku yang Anda baca memiliki efek terhadap apa yang akan anda tulis. Hal ini sama seperti musisi yang terpengaruh satu sama lain atau pelukis yang menggunakan teknik yang sama dengan maestro sebelumnya, begitu pula penulis, mereka belajar dari karya orang lain yang mereka baca.

8. Peningkatan memory

peningkatan memory

      Saat anda membaca buku, anda akan mengingat berbagai macam karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, dan berbagai unsur juga sub-plot yang terhubung dari setiap cerita. Hal ini akan membuat anda mengingat setiap cerita dan tersimpan dalam otak anda secara otomatis. Setiap memori baru yang anda buat akan menciptakan jalur otak baru dan tentunya memperkuat yang sudah ada. hal ini juga akan membuat suasana hati anda menjadi lebih baik

9. Memberikan ketenangan

membaca memberi ketenangan

      Percayakah anda bahwa membaca buku membuat kita lebih tenang? Relaksasi juga bisa anda dapatkan saat membaca buku. Membaca akan membawa kedamaian batin dan ketenangan pada pikiran anda. Namun itu semua tergantung dari jenis buku yang anda baca. Menurut penelitian membaca buku spiritual atau kitab suci akan menurunkan tekanan darah dan membawa perasaaan yang menenangkan, sementara membaca buku Self-help atau inspirasional terbukti meringankan orang-orang yang mengalami gangguan mood dan penyakit mental ringan.

10. Hiburan gratis

      Poin ini sudah cukup jelas, banyak bermacam pilihan genre membuat buku menjadi hiburan sekaligus sumber ilmu pengetahuan. Banyak bahan bacaan yang akan membuat anda larut dalam petualangan yang belum pernah anda lewatkan. Di zaman sekarang banyak orang yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan segala hal yang serba praktis, ditambah lagi era eBook yang berkembang sangat luas, membuat kita semua bisa dengan leluasa mengunduh atau membeli buku dari berbagai toko buku online yang terpercaya. Bukupedia hadir untuk memenuhi kebutuhan anda terhadap itu semua, tidak hanya buku best seller lokal, kami juga menjual buku import dari 9 negara berbeda dengan bebagai macam genre. Kami berkomitmen bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pembaca dari berbagai daerah, genre, dan usia. Kami selalu percaya bahwa membaca adalah jalan untuk memperkenalkan dunia luas untuk diri sendiri dan orang disekitar kita.

     Bukalah buku, damaikan jiwa anda sementara waktu, dan latihlah pikiran anda. Menjadi lebih baik dengan apa yang kita baca akan berdampak luas pada hidup kita dan orang di sekitar. Apa yang anda baca mungkin akan membawa perubahan besar pada dunia.