Writer’s block adalah sebutan bagi orang (penulis) yang kesulitan dalam menulis. Sudah di depan komputer/laptop/buku tulis tapi bingung mau nulis apa, seakan otak berhenti tidak bisa berpikir apa yang perlu ditulis. Itulah writer’s block. Apakah writer’s block wajar terjadi? Ya wajar. Bahkan penulis yang sudah berpengalaman pun akan mengalaminya.

Karena menulis sendiri ada kaitannya dengan kinerja otak dan saraf, sehingga wajar jika ada momen dimana seseorang sulit ingin menulis apa.

Tapi masalah ini bisa diatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi sebelum mencari tahu caranya, kita perlu cari dulu apa saja penyebabnya. Bicara soal penyebab, juga banyak. Diantaranya :

  • Tidak ada inspirasi
  • Terlalu perfeksionis
  • Takut dengan pendapat orang (pembaca)
  • Ragu dengan kemampuan diri sendiri
  • Sedang tidak berada di mood terbaik
  • Kondisi lingkungan yang kurang kondusif
  • dan masih banyak lagi

Nah kalau sudah tahu apa penyebab kamu mengapa Writer’s block, maka akan sangat mudah untuk mencari solusinya. Dari sekian banyak solusi, berikut beberapa yang bisa kamu lakukan.

1. Tinggalkan Meja Kerja Kamu

Ya, cara paling mudah adalah meninggalkan meja kerja kamu. Menjauh dulu dari layar komputer, dan cari tempat yang bisa mengalihkan pikiranmu. Tapi ingat, lakukan ini untuk tujuan mendapatkan inspirasi menulis bukan untuk lari dari masalah.

Kamu bisa coba mengobrol dulu dengan orang lain atau sekadar jalan-jalan ringan di sekitar tempat kamu. Buat pikiran kamu menjadi fresh. Lihat sekeliling, siapa tahu bisa jadi inspirasi.

2. Pergilah ke toilet

Kalau kamu pas lagi kebelet ya syukurlah, tetapi kalau tidak ya pergi saja ke toilet. Sekadar duduk di kloset juga tidak masalah sambil menghidupkan kran air. Mengapa ke toilet? Karena toilet ini memang gudangnya ide. Entah mengapa banyak orang menganggap kalau pas ke toilet lagi ‘nongkrong’ akan mendapatkan ide-ide baru. Mungkin karena tempatnya yang tenang dan jauh dari orang.

Tapi jangan lupa siapkan catatan atau ponsel untuk mencatat ide-ide yang muncul saat di toilet.

3. Ngemil

Jangan buat meja kerja terlalu garing. Cobalah kasih satu toples berisi cemilan kesukaan kamu, supaya ketika lagi writer’s block bisa ngemil dulu. Tapi ketika ngemil ya ngemil saja dulu, jangan sambil kerja. Hentikan dulu aktivitas di komputer dan fokus untuk ngemil sebentar.

Karena ngemil dapat memberikan energi positif untuk diri kamu. Gerakan rahang dan kuyanan membuat saraf-sarah kembali aktif bekerja. Sehingga otak kamu akan lebih fresh lagi.

Ngemil

4. Mendengarkan musik

Ini sih tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena ada juga orang (penulis) yang justru terganggu ketika menulis sambil mendengarkan lagu. Tapi kalau kamu yang bisa menulis sambil mendengarkan lagu, cara ini bisa dicoba. Dengarkan lagu yang memiliki ritme cepat, bukan melo. Yang penting dengarkan lagu yang kamu suka.

Ini akan membuat mood kamu berubah dan kamu bisa mendapatkan ide-ide cemerlang untuk tulisan kamu.

5. Cari tempat tenang

Kalau ini kebalikan poin 4. Ada penulis yang justru terganggu ketika di dekatnya banyak orang, sehingga malah buntu mau nulis apa. Kalau seperti ini, coba kamu cari tempat yang tenang dan jauh dari orang. Atau kalau kamu di kantor, minta tolong sama rekan kantor untuk jangan mengganggu dulu.

Tempat yang tenang bagi sebagian penulis akan membuat pikiran lebih fokus.

6. Buka MedSos

Buka media sosial juga bisa mengatasi kebuntuan. Apalagi sekarang ini banyak yang share lucu-lucu. Misalnya saja di Instagram kamu bisa buka-buka akun lucu yang bisa bikin kamu tertawa. Nantinya kamu pasti akan lebih fresh lagi.

Tapi ingat, jangan lama-lama. Yang ada nanti kamu malah tidak nulis tapi mainan ponsel saja.

7. Membaca buku

Selalu siapkan buku di dekat kamu, supaya ketika kamu buntu mau nulis apa, langsung bisa baca buku. Bacalah buku yang sedang kamu suka. Nantinya kamu akan bisa lebih fresh lagi. Dan membaca buku ini juga akan merangsang otak agar bisa muncul ide-ide baru untuk tulisan nanti.

Women Reading Book

Kalau penulis tidak suka baca buku, aneh sih.

8. Tidur

Kalau kamu writer’s block nya lagi di rumah, mending coba untuk tidur sebentar. Atau minimal tidur sadar, maksudnya kamu merem seperti orang tidur tetapi dalam kondisi masih sadar, bukan tidur beneran. Yang penting tujuannya adalah menenangkan pikiran. Cara seperti ini juga ampuh untuk mengatasi Writer’s Block. Asal jangan kebablasan tidur saja sih.

9. Membuat kerangka tulisan

Bisa saja karena kamu tidak membuat kerangka tulisan yang akan kamu buat, lantas muncul kebuntuan. Coba saja kamu buat kerangkanya dulu, di breakdown dulu. Sehingga kamu akan punya poin-poin baru yang bisa dijabarkan dengan mudah.

10. Menulislah

Ya, cara paling jitu untuk mengatasi writer’s block adalah dengan menulis. Kamu bisa membuka dokumen baru kemudian menulislah sesuka kamu (menulis bebas). Tujuan dari menulis ini adalah untuk membebaskan diri dari kebutuhan menulis. Karena ini menulis bebas, jadi kamu tidak perlu khawatir akan penilaian tulisan kamu. Ini tulisan hanya untuk memecah kebuntuan saja.

Buku rekomendasi : Spiritual Mental block Breaking

Kalau dilihat, masalah Writer’s block ini ada hubungannya dengan psikologis. Ya memang benar. Jadi masalah hati dan pikiran harus disinkronkan agar ketika kita nanti menulis bisa lancar tanpa hambatan. Coba saja!