Mengelola uang secara bijak adalah hal yang penting yang harus anda lakukan. Sekalipun anda berkecukupan dan mempunyai banyak aset investasi, atau anda yang hidup hanya mengandalkan gaji dari akhir bukan ini ke akhir bulan selanjutnya tetap saja anda akan memerlukan pengelolaan uang yang bijak. Teknik pengelolaan uang yang tepat dapat menghemat uang anda atau mungkin akan menciptakan pemasukan baru bagi penghasilan anda. Berikut kami rekomendasikan 10 buku dengan tema personal finance yang mungkin bisa anda pelajari dalam hal mengatur uang anda:

1. The Money Book for the Young, Fabulous, and Broke karangan Suze Orman

buku 1


Kebangkrutan adalah hal yang sangat mengerikan bukan? Anda terjebak dalam lubang yang benama “hutang”, dan mungkin anda tidak tahu apa yang harus anda lakukan. Buku ini dapat membantu anda, berisi dengan berbagai pemecahan masalah seputar hutang, seperti hutang kartu kredit, pinjaman bank dan beberapa masalah hutang lainnya. Dengan buku ini, Suze orman membantu anda memecahkan masalah finansial anda. buku tersebut bisa anda dapatkan disini.

2.  I Will Teach You To Be Rich karangan Ramit Sethi

buku 2


Buku ini dikemas dengan materi yang tidak berat dan cocok bagi anda yang tidak ingin berpikir keras. Buku ini berisi tentang latihan selama 6 minggu untuk mengatur pola keuangan Anda. Membaca buku ini bertujuan untuk membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan financial. Sudah banyak review postif terhadap buku ini karena sukses merubah kebiasaaan buruk yang berhubungan dengan masalah keuangan pribadi. Anda dapat membeli buku tersebut disini.

3. Why Didn’t They Teach Me This in School? karangan Cary Siegel

buku 3


Sesuai judul buku tersebut, buku ini berisi tentang semua pelajaran keuangan pribadi anda yang tidak sekolah ajarkan , mulai dari yang dasar sampai masalah yang lebih kompleks . Kurang lebih ada 99 tip dan trik yang berhubungan dengan masalah finansial yang dialami setiap orang. Salah satu reviewer buku ini mengatakan bahwa buku ini adalah hadiah yang menarik bagi mereka yang baru lulus SMA atau kuliah. Hmm, saya setuju! Anda bisa memesannya disini

4. The Millionaire Next Door karangan Thomas J Stanley, Ph.D.

buku 4


Buku ini adalah hasil dari penelitian dan berbagai pengalaman yang telah dilakukan oleh Thomas J Stanley, Ph.D pada abad 20an. Berisi materi yang padat, mudah dipahami dan mudah diaplikasikan untuk mengelola keungan kita menjadi olebih stabil.  Banyak pelajaran penting yang terkandung dalam buku ini, contohnya seperti “spend less than you make.” Buku ini layak untuk anda baca dalam waktu luang anda. Buku ini bisa anda dapatkan disini.

5. Secrets of the Millionaire Mind karangan   Hary Eker

buku 5


Buku ini mengajarkan anda tentang pola pikir dan cara pandang para jutawan dalam hal mengelola keuangan pada tingkat bawah sadar anda. Menurut penulis, mereka yang kaya raya akan selalu menghargai apa yang mereka dapatkan baik itu uang, bakat atau keterampilan dalam bisnis yang mereka jalani. Tentu buku ini sangat menarik untuk dibaca bagi anda yang ingin memiliki pola pikir layaknya para taipan. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

6. Thinking, Fast and Slow karangan  Daniel Kahneman

buku 6


Hal yang harus pertama anda ketahui adalah bahwa sang penulis, Daniel kahneman adalah seorang ahli dan berkompeten terutama di bidang ekonomi, terbukti dengan hadiah nobel yang ia dapatkan. Dalam buku ini, kahneman mengeksplorasi cara kita bepikir tentang uang dan korelasi dalam mengambil keputusan, cepat atau lambat. Dia menjelaskan pro kontra pada masing- masing pilihan ketika kita harus menggunakan opsi tersebut untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan keuangan. Sedikit berat memang tema buku ini, namun masih layak untuk dibaca. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

7. The Investment Answer karangan Gordon Murray and Daniel C. Goldie

buku 7


Bagi anak muda, membaca buku tentang keuangan pasti sangat membosankan. Hal kompleks yang penuh aturan, peraturan, resiko dan kata-kata yang susah dimengerti. Namun buku ini berbeda, buku ini direkomendasikan oleh business insider untuk pemula dalam dunia investasi. Mereka mengatakan “Buku ini mungkin sedikit kurang menantang bagi mereka yang sudah akrab dengan dunia investasi, namun disisi lain, buku ini mudah dimengerti bagi pemula yang baru berkenalan dengan dunia investasi”. Anda bisa mendapatkan bukunya disini.

8. You’re So Money: Live Rich, Even When You’re Not karangan Farnoosh Torabi

buku 8


Dalam buku ini mengajarkan anda untuk bersenang-senang bahkan ketika anda tidak mempunyai cukup uang untuk melakukan hal tersebut. Membaca buku ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hal-hal yang anda inginkan tanpa harus bangkrut atau terlilit hutang. Buku ini mengajarkan “pengorbanan” dalam hal-hal tertentu agar anda bisa mewujudkan  hal yang lebih penting. Jika anda ingin bersenang senagn tanpa mengeluarkan banyak uang, saya rasa ini buku yang cocok untuk anda. Anda bisa mendapatkan bukunya disini.

9. How to Retire Happy, Wild, and Free karangan Ernie J Zelinski

buku 9


Mengapa kita bekerja? Alasan pertama Tentu untuk memenuhi kebutuhan finansial anda dan keluarga dan alasaan kedua ketika anda bekerja adalah agar suatu hari kita tidak perlu bekerja lagi, klise bukan? Dalam buku ini, Zelinski tidak hanya mengajarkan anda bagaimana untuk pensiun yang baik secara finasial tetapi juga bagaimana anda dapat menikmati hidup bahkan jika anda tidak pensiun dengan satu juta dolar. Tema buku ini ringan dan menyenangkan jika dibaca untuk segala usia. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

10. Your Money: The Missing Manual karangan J.D. Roth

buku 10


JD Roth benar benar menginspirasi saat ia datang dan membahas masalah personal finance. Mulai saat dia miskin dan bukan siapa-siapa, melakukan penelitian dan menemukan missing links yang mencegah dia menjadi sukses. Dia menceritakan perjalanan hidupnya diblog, lalu menulis buku ini. Jika anda memiliki masalah kebiasaan yang berhubungan dengan finansial dan ingin memperbaikinya, mungkin membaca buku ini merupakan awal yang tepat. Anda dapat mendapatkan bukunya disini.