Terkadang ada yang harus kita renungkan sejenak di dunia ini, tentang semua hal yang ada pada diri kita, hubungan antar orang lain dan segala masalah yang ada. Harus ada kekuatan yang mampu mengubah jalan pikir kita dan membuat kita lebih bijaksana, dan faktor eksternal adalah hal yang sangat berperan penting. Buku adalah salah satu hal yang dapat membuat perubahan  fantastis dalam hidup anda, memberikan ide dan menularkan pengetahuan baru yang menambah kebijaksanaan anda. Dan nilai tertinggi dalam membaca adalah bahwa bacaan tersebut tentunya dapat mengubah hidup anda. Sayangnya, terkadang kita bingung memilih apa yang harus kita baca dan terjebak kedalam bahan bacaan yang salah dan malah justru akan membuat anda membenci kegiatan membaca, maka dari itu kami berikan 10 rekomendasi buku bergenre psikologi yang akan membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik:

1. Civilization and Its Discontents karangan Sigmund freud

Most people do not really want freedom, because freedom involves responsibility, and most people are frightened of responsibility” – Freud

Apa anda pernah mendengar nama  Sigmund freud? Bapak dari psikoanalisis ini memberikan banyak sumbangan pemikirannya terhadap dunia sekitar.
Buku ini berisi ringkasan brilian dari sebuah pandangan kebudayaan dari perspektif psikoanalitik, salah satu karya besar yang ditulis Freud sebelum akhir peninggalannya ia memberi penanda dalam buku ini sekaligus telah mengembangkan peran teoritisnya sejak pergantian ini dianggap penting sebagai bukti dan penghormatan kepada teori psikoanalitik dan landasan pokok teori struktural dari perspektif psikoanalitik, budaya dan adab. dalam buku ini, ia menyinggung peran budaya dan egoisme individu sebagai sasaran kritik, freud memandang ketakutan dan libidinal ada atas keadaan yang sama dalam suatu kecenderungan yang saling mengikuti.

Civilization and Its Discontents

Buku ini cocok untuk bagi mereka yang tertarik tentang perkembangan peradaban, dan membaca buku ini pun memerlukan kesabaran untuk mencerna setiap materi yang ada, karena bisa dibilang materinya cukup berat. Anda bisa memesan buku tersebut disini.

2. Outliers: The Story Of Success karangan Malcolm Gladwell

Apakah anda ingin mengetahui dunia para orang sukses? Malcolm Gladwell adalah orang yang bertahun tahun mempelajari kebiasaan orang sukses dan menuliskan buku ini. Melalui buku ini Gladwell mengembangkan “aturan 10000 jam” diantara teori lain yang dia kembangkan dalam buku ini. Buku ini akan membuat pemikiran anda lebih matang dan mencapai tingkat keberhasilan lebih tinggi, tidak peduli apakah anda seorang atlet, musisi, atau apapun. Jika anda ingin serius dengan passions anda, mungkin buku ini bisa saya rekomendasikan.

Outliers

Buku ini cocok untuk siapa saja yang ingin menjadi juara dalam hidupnya, anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

3. Authentic Happiness karangan Martin Seligman

Martin Seligman adalah seorang psikolog handal yang sering menulis buku, termasuk buku ini. Buku ini bermanfaat bagi anda yang sering mencari arti kebahagiaan.  Didalamnya menerangkan bahwa kebahagiaan lebih merupkan faktor dari kondisi internal daripada eksternal, tidak hanya itu, Seligman juga menunjukan kepada kita bagaimana mengembangkan berbagai aspek kehidupan yang sering kita abaikan. Buku ini mengajarkan tentang bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik dan sekaligus berbahagia dengan diri mereka juga dunia mereka sendiri.

Authentic Happiness

Buku ini cocok untuk orang-orang yang sedang berusaha mengembangkan interaksi dengan orang lain. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

4. Thinking Fast and Slow by Daniel Kahneman

Dalam artikel ini saya pernah mengulas tentang buku ini. Pengaplikasian buku ini sangat luas, tidak hanya untuk membantu pengeluaran keuangan namun ke hal yang lebih luas lagi dalam hidup anda. Sekalipun Kahneman adalah seorang ekonom, namun dalam menulis buku ini ia menuliskan berdasarkan penelitian yang ia lakukan sejak lama. Penulis mendobrak berbagai bias kognitif yang orang-orang miliki, menerapkan hari demi hari, mengemukakan bahwa pikiran kita terdiri dari dua bagian: bagian naluriah dan bagian primal, bagian kritis dan rasional dan hal ini yang menurutnya sangat berhubungan pada saat anda mengambil sebuah keputusan

Thinking Fast and Slow

Buku ini cocok untuk membangun ketegasan dalam diri anda, mereka yang ingin belajar membuat keputusan yang tepat dari setiap pilihan. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

5. Flow: The Psychology of Optimal Experience karya Mihaly Csikszentmihalyi

  Ada yang bisa baca nama panjang penulisnya tanpa salah? Hahaha.. Buku ini banyak berisi tentang mindblowing yang tidak terduga, terutama dengan konsep kebahagiaan. Penelitian yang dilakukan selama beberapa dekade untuk mengetahui hubungan antara kebahagiaan kita dan pekerjaan yang terus kita jalani. Penulis berpendapat, bahwa kebahagiaan dapat dicapai melalui kondisi mental yang dikenal sebagai Flow. Flow adalah dimana keterampilan anda berkembang dengan cara melakukan pekerjaan yang lebih menantang dan hal itu menimbulkan kebahagiaan. Bisa anda bayangkan, seseorang ahli matematika yang memecahkan soal yang rumit dan membingungkan namun secara bersamaan, dia sangat menikmati hal itu, Paradoks!!

Flow The Psychology Of Happiness

Buku ini cocok untuk pekerja baik sebagai professional, pekerja otodidak atau para pekerja yang menjalani pekerjaan sesuai dengan hobi. Buku ini bisa anda dapatkan disini

6. The Happiness Hypothesis karya Jonathan Heidt

Buku ini menurut saya adalah buku dengan pembawaan tema yang paling ringan. Jonathan Heidt menggabungkan tradisi yang kita anggap kuno dengan perspektif ilmu pengetahuan modern. Heidt adalah seorang pakar tentang psikologi dan neuroscience, penggambaran perbandingan sistem pemikiran lawas diadu dengan pemikiran modern dikemas secara cerdas namun tetap komprehensif. Penulis menunjukan kelemahan, kebenaran, kesalahpahaman dari berbagai sistem dan pemikiran, namun ia juga menawarkan solusi untuk kebanyakan kesulitan pribadi yang manusia modern rasakan.

The Happiness Hipotesis

Buku ini cocok untuk siapa saja yang menari kebahagiaan dalam kidah hidup mereka. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

7. Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ karya Daniel Goleman

Bisa dibilang buku ini adalah pemecah paradigma, disaat masih banyak orang yang beranggapan masih pentingnya besaran IQ seseorang. Dalam dunia psikologi sekarang, EQ atau emostional intelligence adalah penentu terbesar dari kesuksesan banyak orang. Buku ini mengupas tentang pentingnya kecerdasan emosional, penggambaran terhadap kemampuan kita untuk mengidentifikasi dan menangani tidak hanya emosi kita sendiri, tetapi emosi orang lain, dan kemampuan kita untuk menangani situasi sesuai dengan prinsip yang tertuang dibuku ini. Secara keseluruhan buku kaya dengan pemikiran.

Emotional Intelligence

Buku ini cocok untuk mereka yang ingin memperbaiki warna emosi mereka, mereka yang moodnya gampang berubah, dan mereka yang ingin memiliki tingkat emosional yang lebih baik. Anda bisa mendapatkan buku ini disini.

8. David and Goliath: Underdogs, Misfits and the Art Of Battling Giants karya Malcolm Gladwell

Buku ini adalah buku lain dari Malcolm Gladwell setelah buku di nomor kedua. Saya memasukan buku ini karena menurut saya buku ini juga sangat brilian. Buku ini mengajarkan kita untuk tidak menyerah terhadap apapun, dan memberikan cara juga penyelesaian yang bisa dibilang “Out of the box”. Kita akan mempelajari kemungkinan sekecil apapun dari sebuah tantangan yang besar. Dalam buku ini Gladwell, mengajarkan pada kita bahwa kita bisa, bahkan sekalipun peluang sangat kecil.

David dan Goliath

Buku ini cocok untuk mereka yang membutuhkan support dalam menghadapi kesulitan dan ingin bangkit kembali, bisa dibilang spirit buster. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

9. Influence: The Psychology Of Persuasion karya Robert B. Cialdini

Jika anda adalah orang yang sering berusaha melakukan pembuktian diri namun disisi lain anda juga mendapat penolakan terus menerus, banyak orang yang tidak pernah menganggap anda serius sekalipun anda sudah melakukan yang terbaik yang anda bisa, mungkin buku ini bisa membantu anda. Melalui pendakatan psikologi, Cladini membuat buku ini. Buku best seller ini akan mengajarkan kita 6 prinsip persuasif yang akan membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak terlihat bodoh. 6 prinsip yang akan membuat anda menjadi pusat perhatian dan mampu mempengaruhi orang lain dengan karisma anda.

Influence The Psychology Of Persuasion

Buku ini cocok untuk mereka yang mencari jati diri, mereka yang memiliki ide-ide besar namun tidak diakui, yang berjuan tapi tidak dianggap. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini

10. Mindfullness: A Practical Guide to Finding Peace In a Frantic World karya Mark Williams and Danny Penman

Sadarkah kita dalam laju dunia yang begitu cepat kita mudah tersesat dan kehilangan hal yang harusnya kita pentingkan terlebih dahulu. Buku ini mengajarkan mencapai kebahagiaan nurani. Williams dan Penman menerangkan pada kita bagaimana kita bisa kita menemukan ketenangan dalam dunia yang terus bergerak. Menemukan kedamaian saat hingar bingar dunia seakan menjadi sebuah kebutuhan. Dengan pendekatan psikologi yang telah diuji coba, buku ini terbukti menawarkan pencapaian kedamaian.

Mindfullness

Buku ini cocok untuk mereka yang terjebak dalam rutinitas yang memuakkan, mereka yang terperangkap dalam laju dunia, orang yang sedang mengalami masalah dan menimbulkan kecemasan. Anda bisa mendapatkan buku ini disini.