Jika anda masih muda, traveling terutama backpacker-an harus menjadi daftar prioritas utama yang mesti anda lakukan. Berpetualang dan mengeksplorasi tempat baru adalah hal yang dapat membuat kita berkembang. Mendapatkan pengetahuan dari tempat yang belum pernah kita singgahi, membantu kita meningkatkan keterampilan, dan menemukan pengalaman yang tidak pernah kita dapat dari buku atau sekolah. Ini adalah 10 alasan mengapa kita perlu berpetualang sejauh mungkin selagi kita masih muda.

1. Menghargai waktu

menghargai waktu

      Disaat anda mengatur rencana dan mempertimbangkan beberapa hal yang ingin anda lakukan dalam hidup ini, anda pasti akan tersadar bahwa hidup ini terlalu singkat. Bahkan anda tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, bulan atau tahun selanjutnya. Ambillah ransel dan kunjungi tempat yang belum pernah anda kunjungi. Kesempatan ini harus anda lakukan sedini mungkin, berpetualanglah..

2. Mengeksplorasi diri

eksplorasi diri

      Terkadang amat sulit menemukan tujuan hidup atau mengambil sebuah keputusan penting dalam hidup kita. Perjalanan dapat membantu anda melihat masalah dari sudut  pandang yang berbeda. Selama perjalanan, anda akan terinspirasi dari orang-orang yang akan temui dan membantu anda menemukan jawaban yang anda cari, apa yang anda inginkan dan bagaimana memecahkan masalah anda.

3. Belajar hemat

menghemat

      Backpacker-an  tidak hanya akan memuaskan hasrat anda dan melepaskan penat rutinitas,tapi juga mengatur penegeluaran anda lebiih bijak. Saat berpetualang anda akan cepat belajar menyadari dampak buruk jika kehabisan uang, terutama ditempat yang belum pernah anda kunjungi dan anda tidak mengenal siapapun. Skill manajemen keuangan anda akan terasah pada saat itu.

4. Mandiri

membuat anda mandiri

      Sampai kapan kita bergantung pada orang tua? Mumpung masih muda, anda tidak perlu khawatir tentang segala hal yang rumit. Habiskan misalnya 4 atau 5 bulan jauh dari orang tua, jika anda takut kekurangan uang, belajarlah tentang penganggaran atau anda bisa mendapatkan uang dari penduduk lokal dengan cara memanfaatkan keahlian anda. Ketika anda sendirian bepergian jauh dari rumah atau mungkin bersama teman, keadaan akan memaksa anda untuk terus belajar mengurus diri sendiri. Terkadang disaat seperti itu kita dapat menemukan solusi dari masalah kita sendiri, menentukan pilihan dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih mandiri.

5. Kesehatan

travelling membuat anda lebih sehat

      Tidak selamanya anda muda, waktu tidak menunggu siapapun. Saat muda, badan lebih mudah beradaptasi dengan tempat baru, makanan baru, dan iklim baru. Banyak berjalan juga akan membuat jantung kita lebih sehat. Tiunggu apa lagi?

6. Fisik yang lebih tangguh

mumpung muda ayo jalan jalan

      Kebanyakan orang berpikir untuk mencari uang sebanyak banyaknya di waktu muda dan merencanakan travelling disaat mereka sudah memiliki banyak uang. Percayalah, sensasi yang akan anda rasakan saat melakukan travelling ketika tua nanti sangat berbeda. Saat anda muda, anda dapat melakukan olahraga petualangan seperti scuba diving, panjat tebing, terjun payung, bungee jumping, dan lain-lain. Semangat muda dan kesehatan adalah anugerah yang tidak boleh kita sia-siakan. Jangan sampai anda menyesal kehilangan kesempatan disaat anda tua nanti. Oleh karena itu lakukanlah perjalanan selagi anda bisa.

7. Meningkatkan pengetahuan

meningkatkan pengetahuan

     Backpacker tidak hanya membantu anda menghilangkan penat dan strees, tapi juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Ketika anda berpetualang, anda akan mendapat banyak pengalaman yang berguna yang tidak anda dapat dari sekolah. Contohnya seperti rasa percaya diri dan skill negoisasi anda akan bertambah ketika anda hanya memiliki sedikit uang lalu mencoba menawar makanan atau tempat penginapan di rumah penduduk lokal. Anda juga bisa mengenal dan mempelajari budaya setempat. Menarik bukan?

8. Mendapatkan teman baru

teman baru di perjalanan

      Saat berpetualang, kita lebih banyak bersosialisasi dengan penduduk lokal, dan mungkin kita bisa mendapat teman baru dari tempat yang kita kunjungi. Ini bagus untuk menambah relasi anda, ketika mengunjungi tempat baru anda mendapatkan banyak kesempatan untuk berteman dengan penduduk lokal dan berinteraksi selama perjalanan anda. Merasa tidak sendirian di tempat baru juga akan menambah semangat anda untuk mengeksplorasi hal baru.

9. Mengubah cara berpikir

mengubah cara anda berpikir

      Berdiam diri dirumah dan hanya membaca buku memang sangat asyik sekali kedengarannya. Tapi tahukah kamu, ada hal-hal indah diluar sana yang menunggumu? Bukan berarti membaca buku itu buruk, hanya saja pengalaman nyata akan memberikan lebih banyak ilmu yang berdampak pada sudut pandang dan cara berpikir untuk menghadapi suatu masalah. Merasakan sensasi melalui 5 indra anda saat berpetualang akan mendapatkan kenangan yang jauh lebih menarik daripada ketika anda  hanya menonton dari televisi.

10. Melihat tempat indah sebelum “terbunuh” oleh perubahan iklim

tempat indah yang terbunuh oleh perubahan iklim

       Tahukah anda bahwa planet kita semakin panas seiring perjalanan waktu? Banyak tempat di dunia yang keindahannya sedang terancam oleh perubahan iklim ini, contohnya es di puncak jaya yang semakin hari semakin sedikit karena meleleh. Oleh karena itu, anda harus melakukan petualangan secepat mungkin sebelum tempat-tempat indah tersebut menjadi kenangan.

Jangan habiskan waktu muda anda dengan sia-sia. Cari terus pengalaman dan mengeksplorasi hal hal baru, dengan begitu kita akan tahu bahwa dunia tidak hanya memberikan banyak problematika saja namun juga warna dan pemecahan masalah dengan cara berbeda, yang tidak pernah terpikir oleh kita sebelumnya. Bepetualanglah, membumi, dan jalanilah hidup kita dengan penuh kualitas selagi kita masih muda.