Baterai adalah komponen yang penting di dalam smartphone. Jika baterai habis, maka smartphone tidak akan bisa digunakan. Inilah mengapa kamu perlu juga membeli smartphone yang memiliki kapasitas besar. Beruntung saat ini sudah ada beberapa smartphone yang menawarkan kapasitas besar di atas 4000 mAh.

Dengan adanya kapasitas yang lebih besar ini tentu juga akan membuat waktu pengisian ulang baterai menjadi sedikit lebih lama. Ya meskipun beberapa smartphone sudah ada yang memiliki fitur Quick Charge, akan tetapi waktu pengisian ini juga perlu dijadikan perhatian.

Apalagi jika kita memiliki mobilitas yang tinggi, kadang harus menunggu baterai smartphone penuh dulu agar bisa melakukan aktivitas lain.

Nah supaya hal-hal seperti itu bisa terhindarkan, ada waktu terbarik untuk mengisi ulang baterai smartphone kamu. Dan tentunya ini bisa meningkatkan daya tahan baterai.

1. Ketika kapasitas sudah 15%

Jangan menunggu kapasitas di bawah 15% untuk mengisi ulang baterai. Pastikan jika kapasitas baterai sudah mendekati 15% lakukan pengisian ulang. Jika kamu menunggu hingga kapasitas benar-benar habis, itu akan membuat umur baterai tidak tahan lama.

Selain itu dengan pengisi ulang baterai saat kapasitas sudah 15% akan membuat pengisian daya lebih optimal.

2. Lakukan di pagi hari

Kalau malam hari menjelang tidur baterai sudah habis, sebaiknya matikan saja ponsel dan lakukan pengisian ulang saat pagi harinya. Jangan mengisi ulang saat malam dan ditinggal tidur. Ya meskipun baterai smartphone sekarang ini sudah memiliki fitur anti overcharging, tetapi itu tetap saja berisiko terhadap komponen yang ada di smartphone.

Jadi sebaiknya lakukan pengisian di pagi hari saja. Toh sekarang mengisi baterai tidak lama, maksimal 2 jam sudah bisa 100%.

3. Isi ulang ketika baterai sudah habis

Sudah habis diisi seperti yang dijelaskan di poin pertama, yakni antara 10-15%. Jangan ketika baterai masih berkapasitas 40% lantas kamu mengisi ulang baterai. Ini akan sia-sia dan membuat siklus baterai berkurang.

Jadi keawetan baterai itu dihitung dari siklus penggunaannya. Setiap kamu mencolok smartphone ke charger dan mengisinya, maka itu dihitung 1 siklus. Tidak peduli berapa kapasitas baterai sisanya, jadi mau kapasitas sisanya 0%, 10%, 40% semua dihitung 1 siklus.

Maka dari itu akan sangat kurang efisien jika kamu melakukan pengisian di saat kapasitas masih cukup banyak.

Baterai itu memiliki siklus baterai yang menentukan daya tahannya. Misalnya saja ada baterai yang memiliki siklus 1.000 kali siklus. Jika sudah melebihi maka performa baterai akan menurun. Nah jika kamu sering melakukan pengisian ulang, maka akan menurunkan umur baterai.

Itu beberapa waktu terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengisi baterai smartphone. Dan yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya ketika melakukan pengisian ulang baterai, jangan sambil digunakan. Sebaiknya matikan smartphone atau jadikan ke mode Airplane untuk membuat proses pengisian berjalan optimal.

Semoga tips ini bermanfaat ya.