Apakah saat ini Anda merasa kalau barang-barang yang Anda miliki banyak yang tidak berguna, atau mungkin ternyata gaya hidup Anda sekarang ternyata sangat konsumtif sekali. Kalau Anda memang ingin mengubahnya, itu adalah niat yang sangat bagus. Di era sekarang ini menjadi seorang minimalis sangat bermanfaat untuk kehidupan Anda khususnya keluarga.

Menjadi seorang minimalis ini bukan soal miskin atau kaya, tetapi lebih melakukan hal yang benar-benar ada manfaatnya dan menghemat uang tanpa harus merasa kekurangan.

Dengan menjadi minimalis, maka Anda akan bisa menyimpan banyak uang untuk diinvestasikan atau digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting lagi. Dan Anda pun akan merasa kalau hidup Anda akan lebih tenang.

Ingin menjadi seorang minimalis di era milenial? Begini caranya!

1. Stop Langganan TV Kabel

Kalau sekarang Anda berlangganan TV Kabel, sebaiknya pikir-pikir lagi dan lihat seberapa banyak waktu Anda gunakan untuk menonton tayangan TV. Kalau Anda jarang menonton TV dan masih berlangganan TV kabel, sebaiknya stop saja langganan TV kabel.

Biaya TV kabel per bulan ini bisa dipangkas dan bisa digunakan untuk keperluan lain.

Lalu bagaimana nanti kalau mau cari hiburan tayangan TV?

Sekarang sudah ada YouTube, dan TV Anda pun bisa diubah jadi smart TV dengan mudah dan murah. Ini akan lebih efisien, dibanding harus berlangganan TV kabel yang perlu mengeluarkan biaya per bulan.

2. Kurangi Makan di Luar

Kalau sekarang Anda sering makan di luar, sebaiknya mulai dikurangi. Kalau tidak bisa masak, ya belajar atau beli sayur matang dan makan di rumah. Itu akan lebih menghemat biaya. Makan di luar untuk sekali makan mungkin tidak terlalu besar, tapi coba hitung jika hampir tiap hari makan di luar. Kalikan saja jumlahnya per bulan berapa, pasti akan sangat besar dibanding memasak sendiri di rumah atau beli sayur matang dan makan di rumah.

Tapi ini bukan berarti tidak boleh makan di luar. Makan di luar boleh-boleh saja, tapi jarang terlalu sering. Ya sebulan sekali dua kali cukup.

Tidak hanya makan, minum pun juga. Seperti mengurangi ngopi di cafe.

3. Beli barang-barang yang memang dibutuhkan

Kadang karena merasa punya uang, ada barang yang menarik saja pasti akan dibeli. Akhirnya barang itu setelah beberapa bulan tidak terpakai dan tak ada gunanya untuk Anda. Atau coba sekarang lihat, barang apa yang pernah Anda beli dan sekarang tidak pernah dipakai lagi. Kalau ada, lebih baik jual.

Apalagi sekarang ini banyak e-commerce yang menjual barang-barang unik, kadang menjadi daya tarik untuk dibeli. Padahal belum tentu barang itu akan digunakan setiap hari.

4. Beli kebutuhan sehari-hari secara grosir

Kalau Anda sudah berumah tangga, sebaiknya pikirkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari secara grosir bukan eceran. Misalnya saja untuk kebutuhan makan dan minum, lihat satu bulan ke depan kira-kira mau makan apa dan minum apa yang memang dibutuhkan, kemudian beli secara grosir. Karena itu akan jauh lebih murah dibanding beli eceran.

5. Pakai barang yang Reusable

Cobalah untuk menggunakan barang yang bisa digunakan kembali bukan yang sekali pakai buang. Misalnya saja kalau untuk perempuan bisa pakai pembalut yang Reusable.

Intinya menjadi seorang minimalis itu bukan bergaya hidup yang serba kekurangan. Akan tetapi bagaimana kita bisa menggunakan uang untuk kebutuhan yang memang diperlukan. Dijamin Anda akan bisa memiliki sisa penghasilan yang lebih banyak dan bisa diinvestasikan.