Masyarakat kita ini terkenal dengan gaya hidupnya yang konsumtif, suka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Bahkan yang dari segi ekonomi masih kekurangan, juga demikian, akhirnya menumpuklah hutang. Nah di era digital sekarang gaya hidup konsumtif semakin menjadi-jadi, karena orang sangat mudah untuk membeli. Cukup lihat di ponsel, bisa beli barang yang diinginkan.

Membeli barang itu sah-sah saja, tetapi kalau membeli yang selalu diinginkan itu biasanya nafsu, dan akan menimbulkan hidup yang konsumtif. Berbeda jika membeli barang yang dibutuhkan. Karena yang dibutuhkan pasti akan selalu digunakan dan tidak akan sia-sia.

Lantas bagaimana cara agar bisa menghindari hidup konsumtif di zaman sekarang ini?

Tidak perlu memiliki Kartu Kredit

Kartu kredit ini bahaya, karena akan membuat orang terlena. Dengan memiliki kartu kredit, seseorang akan selalu beranggapan kalau punya uang dan seketika itu juga akan terus membeli apa yang diinginkan. Tahu-tahu di akhir bulan tagihan besar.

Dan salah satu promo yang diberikan kartu kredit adalah cicilan 0%. Inilah yang perlu diwaspadai, karena kita bisa terjerumus untuk selalu membeli barang dengan cara cicilan.

Sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit.

Rencanakan Pengeluaran

Ini yang jarang dilakukan banyak orang, yakni mencatat pengeluaran. Padahal ini sangat perlu untuk bisa memaksimal kebutuhan dari penghasilan yang didapatkan. Mungkin bisa diawali dengan mencatat pengeluaran yang sudah pasti, seperti tagihan listrik, air, telepon, dll. Sedangkan untuk pengeluaran harian, bisa dicatat per harinya.

Sehingga di bulan yang akan datang, bisa memiliki daftar pengeluaran yang biasa dikeluarkan. Dari sini bisa dipilih mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang perlu dipangkas. Jadi jangan hanya mencatat penghasilan yang didapatkan saja.

Berinvestasi

Cobalah untuk memulai investasi dalam bentuk apapun itu. Karena dengan berinvestasi akan mengubah pola pikir dan gaya hidup Anda. Anda akan lebih aware dengan penghasilan yang dimiliki, dan mulai menata keuangan agar bisa digunakan untuk investasi.

Investasi di sini bukan hanya investasi seperti reksa dana, saham, dll, tetapi investasi secara umum seperti dengan membuka usaha kecil-kecilan untuk bisa memutar uang yang dimiliki. Intinya bagaimana agar uang yang keluar itu bisa putar untuk hasil yang lebih besar.

Menabunglah

Menabung sebenarnya juga termasuk investasi, tetapi pilihan untuk menabung ini sangat bisa menghindarkan Anda dari hidup konsumtif. Jadikan menabung sebagai gaya hidup, sehingga ketika Anda memiliki uang lebih yang ada dipikiran bukan untuk beli apa, tetapi ditabung berapa.

Kalau perlu buatkan program menabung harian. Misalnya saja per hari harus dipaksa menabung Rp 10.000,-. Yang kecil-kecil saja, tetapi nanti ketika sudah beberapa bulan atau tahun, kamu tiba-tiba sudah punya uang banyak.

Agar bisa terhindar dari hidup konsumtif ini sebenarnya kunci utama adalah niat dari dalam diri. Jika sudah niat, maka akan bisa mengontrol nafsu berbelanja. Gaya hidup konsutif itu dipengaruhi oleh nafsu. Jadi kadang membeli barang yang sebenarnya tak ada gunanya.