Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun Sendirian | Libur panjang akhir tahun akan segera tiba, sudah persiapan apa saja? Sebagian dari kamu mungkin hanya tetap ingin di rumah menikmati liburan bersama keluarga, tetapi banyak juga yang memanfaatkan liburan akhir tahun untuk berwisata ke tempat yang belum pernah dikunjungi.

Buat kamu yang ingin liburan akhir tahun, sebaiknya mulai persiapan sejak saat ini.

Karena kita tahu ini adalah musim libur panjang, yang mana banyak orang juga ingin liburan. Jadi semuanya perlu dipersiapkan sejak dini, seperti penginapan agar tidak kehabisan. Apalagi jika kamu ingin memutuskan liburan sendirian, perlu banyak persiapan agar tidak keteteran saat liburan nanti.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan liburan akhir tahun jika kamu memutuskan untuk liburan sendirian.

#1 Tentukan waktu dan tempat

Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah menentukan waktu kapan dan dimana ingin liburan. Ingin sangat penting untuk menentukan transportasi apa yang ingin kamu gunakan, serta untuk menentukan objek wisata mana saja yang ingin dikunjungi.

Kalau perlu buat timeline sederhana perjalanan yang akan kamu lakukan.

Sebaiknya mempersiapkan sejak 2 bulan sebelumnya atau minimal 1 bulan sebelumnya.

Tapi memang kadang ada orang yang cuek masalah ini. Ada yang liburan yang penting tahu kota mana yang ingin dituju, tapi kemananya melihat situasi kondisi. Yang seperti ini butuh mental dan harus benar-benar siap jiwa raga.

#2 Bawa perlengkapan yang perlu saja

Karena akan liburan sendiri, jadi cukup bawa perlengkapan yang perlu saja, tidak perlu bawa banyak barang. Kadang ada yang cukup bawa satu tas ransel, ada juga yang cukup bawa satu koper kecil.

Intinya kalau liburan sendiri jangan sampai bikin repot diri sendiri. Yang penting kamu bisa nyaman.

#3 Cari informasi tujuan wisata kamu

Kalau kamu belum pernah ke tempat wisata yang akan dituju, sebaiknya kamu cari informasinya jauh-jauh hari. Seperti makanan khasnya, hostel paling murah, tarif transportasi lokalnya, hingga gaya hidup masyarakat di tempat tujuan wisata kamu.

Kamu bisa mencarinya melalui internet baca-baca blog travel, atau travel vlog, bisa juga lewat buku panduan wisata.

Ini untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang akan terjadi, seperti penipuan, tersesat tidak jelas, dll.

#4 Bawa buku biar tidak kesepian

Kadang ada momen dimana kamu harus menunggu sesuatu, entah itu menunggu transportasi, menunggu check-in hotel, atau menunggu kepastian dari si dia. Supaya tidak bingung mau ngapain, lebih baik bawa buku supaya bisa jadi teman menunggu.

Mau maenan ponsel jelas lama-lama bosan dan bikin baterai boros. Lebih baik baca buku apalagi buku travelling.

#5 Jaga kesehatan

Ini yang paling penting. Kalau kamu ingin liburan sendiri, jagalah kesehatan dan kebersihan sebelum hari H kamu liburan dan tentunya selama liburan. Jangan sampai pas hari H kamu malah masuk angin, muka pucat dan keringat dingin. Kan tidak lucu!

Jangan sampai masalah kesehatan menggagalkan liburanmu.

Liburan akhir tahun sendirian itu tidak selamanya mengenaskan. Justru akan banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan. Bahkan kamu bisa mendapatkan teman baru saat liburan. Dan siapa tahu teman baru kamu itu adalah jodoh kamu.

Kira-kira liburan nanti ingin kemana?