Berkembangnya media sosial seperti Instagram, membuat beberapa orang tidak sekadar menggunakannya saja, tetapi memanfaatkannya sebagai portfolio pribadi. Tak jarang dari aktifitasnya di media sosial itu menjadikan ladang penghasilan dari produk-produk yang ingin bekerja sama.

Nah salah satunya adalah produk fashion. Di mana sekarang ini banyak menyasar orang yang suka foto-foto fashion dan menjadikannya sebagai media promo yang memikat orang. Biasanya orang yang sering memajang foto OOTD (Outfit Of The Day), bakal dicari brand atau pemilik produk fashion untuk diajak bekerja sama endorsement.

Kalau kamu kebetulan suka foto OOTD, manfaatkan kebiasaan itu, siapa tahu bisa mendatangkan rezeki. Tetapi, untuk membuat foto OOTD yang menarik itu tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Nah berikut ini beberapa diantaranya :

1. Pastikan memilih lokasi yang menarik

Di foto OOTD, kamu tidak boleh sekadar foto begitu saja. Kamu harus melihat lokasi dan memilihnya yang pas. Cari latar belakang yang cocok dengan tema outfit kamu. Tidak perlu jauh-jauh mencari tempat yang bagus, kamu cukup memanfaatkan lingkungan sekitar yang sekiranya cocok untuk dijadikan latar belakang.

Foto OOTD

Misalnya saja ketika kamu sedang di jalan menemukan zebra cross dengan kondisi kendaraan yang lalu latar di belakangnya. Nah kamu bisa memanfaatkan ini. Kemudian jika ada tembok tinggi dengan background tanaman merambat, kamu juga manfaatkan itu. Banyak lokasi-lokasi yang cocok untuk kebutuhan foto OOTF.

2. Melihat komposisi warna

Masalah warna ini juga menentukan menarik atau tidaknya foto OOTD kamu. Pastikan di tempat kamu foto, bagian yang fram memiliki komposisi warna yang pas. Misalnya kalau kamu sedang memakai outfit yang warnanya ngejreng, ya jangan pilih latar belakang atau lokasi yang warnanya juga ngejreng. Karena nanti kamu sebagai objek jadi kurang terlihat.

Masalah komposisi warna ini selain bisa melihat kondisi tempat fotonya, juga bisa memanfaatkan post production. Artinya masalah komposisi warna bisa kamu atur ketika sudah foto. Kamu bisa edit lewat aplikasi editor foto di smartphone atau komputer. Memainkan filter warna juga berpengaruh.

Yang penting agar komposisi warna terjaga dengan baik dan enak dilihat.

3. Perhatikan tampilan di media sosial

Kalau kamu memajang foto OOTD di Instagram, pastikan untuk konsisten dalam memilih tampilan atau ukuran. Misalnya kamu sukanya foto yang square, maka posting selalu ukuran square. Ini akan membuat halaman Instagram kamu nyaman buat dilihat.

4. Perbanyak stok foto

Foto OOTD jangan sekadar foto satu atau dua foto saja, coba perbanyak stok foto dari berbagai angle dan pose. Karena itu juga dapat dijadikan portfolio tambahan. Foto OOTD dengan berbagai angle juga akan memperlihat sisi yang berbeda dari outfit yang sedang dikenakan.

Buku terkait :

Foto OOTD

5. Buat foto bokeh

Foto OOTD sangat fokus pada diri kamu, jadi membuat foto yang bokeh di latar belakang akan membuat objek terasa lebih fokus. Ini akan mempertajam orang ketika melihatnya, sehingga mereka bisa fokus pada kostum yang sedang dikenakan.

Untuk membuat foto OOTD, tidak perlu modal yang besar, dan tidak perlu menggunakan kamera yang mahal-mahal. Cukup gunakan kamera yang ada di ponsel untuk membuat foto OOTD yang menarik.