Seseorang membutuhkan motivasi dari orang lain itu wajar, karena kita bukanlah manusia yang sempurna. Motivasi dibutuhkan tidak hanya ketika kita sedang down, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat kita tetap bersemangat dalam melakukan suatu hal.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan motivasi. Ada yang menonton tayangan motivasi di televisi, ada yang mendengar cerita dari orang lain, dan ada yang membaca buku motivasi.

Nah membaca buku motivasi ini sangat efektif sekali. Karena kita bisa membacanya kapan saja ketika kita butuh motivasi. Sebaiknya jika Anda ingin membeli buku motivasi, harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

#1 Motivasi seperti apa yang Anda butuhkan?

Setiap orang pasti punya alasan berbeda-beda ketika membutuhkan motivasi dari orang lain. Ada yang ingin motivasi hidup, motivasi dalam berbisnis, motivasi untuk sekolah, motivasi dalam beribadah, dll.

Nah sebelum membeli buku, sebaiknya Anda cari dulu apa yang Anda butuhkan. Baru setelah tahu, bisa mencari buku yang sesuai.

#2 Pilih buku yang paling related dengan kehidupan Anda

Pilih buku yang sesuai dengan kondisi kehidupan Anda. Ini bisa dilihat dari sinopsis atau ringkasan isi bukunya. Mungkin Anda tidak akan menemukan yang sama dengan kondisi kehidupan Anda, tapi carilah yang paling mendekati agar Anda bisa mudah dalam memahami.

Misalnya saja Anda saat ini sedang sekolah di luar negeri, maka Anda bisa memilih buku Mimpi Sejuta Dolar karya Merry Riana. Karena dalam buku itu mengisahkan perjuangan Merry Riana saat kuliah di Singapura dan hanya punya uang 10 dolar setiap minggunya untuk bisa hidup di sana.

#3 Jangan berharap hidupmu akan berubah

Maksudnya adalah, jangan berharap dengan buku motivasi yang Anda beli nanti maka itu akan membuat hidup Anda akan berubah menjadi lebih baik lagi. Karena perubahan hidup Anda itu sebenarnya bukan disebabkan karena buku motivasi tapi karena dirimu sendiri.

Buku motivasi hanya sebagai pemicu semangat Anda, selebihnya aksi ada di tangan Anda. Percuma Anda beli buku motivasi yang bagus-bagus tetapi tidak bisa melakukan aksi untuk membuat diri Anda berubah.

#4 Percayalah proses

Membeli buku motivasi adalah salah satu bagian dari proses untuk menjadikan hidupmu lebih baik lagi. Begitu juga dengan cerita yang ada di buku motivasi itu. Jangan mengambil hasilnya saja, tapi serap proses yang disampaikan dalam motivasi tersebut.

Sehingga Anda nanti tidak akan merasa kecewa atau malah menyalahkan bukunya karena hidup Anda tidak menjadi lebih baik.

Baca juga : Daftar 10 Buku Psikologi yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Jadikan buku motivasi sebagai referensi dan suntikan motivasi di diri Anda. Tidak selamanya yang ada di buku motivasi bisa Anda terapkan, karena setiap orang punya caranya sendiri-sendiri. Ambil sisi positifnya yang ada di buku motivasi dan tetaplah berpikir secara terbuka.