Untuk para orang tua yang ingin membelikan buku cerita untuk anak, sebaiknya cari tahu dulu kebutuhannya seperti apa. Apalagi yang tujuannya untuk membuat anak supaya bisa mengenal dan suka dengan buku. Jadi perlu memilih buku yang benar-benar tepat agar anak bisa suka.

Kita tahu saat ini banyak sekali buku cerita anak. Di Bukupedia saja banyak sekali pilihannya. Nah supaya bisa bisa mendapatkan buku yang tepat untuk anak Anda, sebaiknya baca tips ini.

Sesuaikan dengan usia anak

Anda ingin membelikan buku untuk anak Anda yang berusia berapa? Karena tiap-tiap usia juga perlu kriteria buku yang pas dengan usia anak. Misalnya saja usia 1-3 tahun, maka perlu mencari buku dengan kondisi kertas yang tebal agar tidak mudah sobek ketika anak membolak-baliknya. Kemudian cari yang berisi gambar-gambar rangkaian cerita.

Dengan gambar maka anak akan lebih tertarik. Lagi pula di usia ini anak belum bisa membaca. Bukunya menceritakan kehidupan sehari-hari. Ini juga baik untuk memperkenalkan anak tentang hal-hal yang ada sekitar.

Kalau untuk anak usia 3-5 tahun, bisa mencoba membeli buku yang isinya lebih variatif dan menggambarkan ekspresi kesenangan, kesedihan, dll. Tapi tetap berikan yang banyak mengandung gambar dan karakter lucu.

Intinya disesuaikan dengan usia anak saja.

Cari yang Full Gambar

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, carilah buku yang berisi banyak gambar visual berupa rangkaian cerita. Nantinya orang tua lah yang menceritakan ke anak apa yang ada di buku tersebut. Sehingga ini juga bisa digunakan sebagai media komunikasi yang positif antara orang tua dan anak.

Orang tua bisa menceritakannya saat bersantai di ruang keluarga atau ketika anak ingin tidur.

Beli Buku Tentang Tokoh yang Disukai Orang Tua Waktu Kecil

Kalau karakter tokoh itu masih ada, bisa juga membeli buku yang seperti itu. Nantinya orang tua bisa menceritakan kalau dulu ayah atau bunda waktu kecil suka dengan tokoh ini. Kemudian bisa menceritakan banyak hal tentang tokoh itu. Anak pun akan lebih antusias karena orang tuanya dulu juga suka.

Pilih yang Sesuai dengan Minat Anak

Anda mungkin bisa menanyakan ke anak kira-kira minatnya soal apa. Atau lagi suka hal apa. Nah nanti orang tua bisa membelikan buku seputar itu. Karena sesuai dengan minat anak, maka anak akan mudah menyukai buku itu.

Ajak Anak ke Toko Buku

Anda bisa mengajak anak Anda ke toko buku atau melihat koleksi buku di toko buku online. Suruh Anda memilih sendiri dengan dipandu Anda. Ini akan mengajarkan anak bertanggung jawab dengan apa yang sudah dipilihnya. Dan harapannya tentu anak bisa membacanya karena sudah memilih apa yang diinginkannya.

Pilih dari Daftar Rekomendasi

Biasanya ada daftar rekomendasi buku untuk anak. Nah orang tua bisa memilih di antara buku-buku itu. Yang jelas tetap dilihat dulu apakah itu sesuai untuk anak Anda.

Dengan memberikan buku ke anak, harapannya bisa membantu pembentukan pola pikir dan kepribadian anak menjadi lebih baik lagi. Buku juga dapat membuat otak anak bekerja lebih baik lagi. Anak akan terangsang daya kreativitasnya. Jadi tidak sekadar membuat anak menjadi cinta dengan buku.

Yang terakhirnya, sebaiknya sebelum memberikan atau menceritakan isi buku ke anak. Orang tua harus membaca atau melihat isi bukunya secara menyeluruh dulu. Untuk memastikan kalau isinya benar-benar sesuai dengan anak dan memberikan manfaat yang positif bagi anak.