Salah satu efek dari membaca buku adalah mata menjadi cepat lelah, alhasil dari yang awalnya ingin membaca buku lebih lama lagi tapi cuma bisa bertahan sebentar saja. Mata lelah saat membaca buku ini biasanya diakibatkan karena kesalahan pembaca sendiri.

Kalau diteruskan bisa berakibat buruk pada kesehatan mata. Untuk itu sebaiknya perhatikan cara membaca kamu agar mata tidak cepat lelah saat membaca buku.

Biasanya mata lelah ditandai dengan adanya rasa nyeri/pedih/gatal di mata, mata terasa kering atau berari, pandangan jadi kabur, mata jadi sensitif cahaya, kepala jadi nyeri dan di bagian punggung/leher yang nyeri.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata lelah karena membaca.

1. Perhatian kondisi cahaya di ruangan tempat membaca

Yang pertama perlu diperhatikan adalah kondisi cahaya ruangan tempat kamu membaca. Jangan sampai kondisi cahaya di ruangan terlalu terang atau terlalu gelap.

Masalah ini biasanya yang jarangan diperhatikan dan menjadi penyebab utama seseorang menjadi lelah matanya.

2. Buat jeda saat membaca

Meskipun buku yang kamu baca sangat bagus, jangan sampai kamu terus-terusan membaca buku tanpa jeda. Berikan jeda agar mata tidak fokus terus menerus ke bacaan. Ada rumus yang banyak digunakan orang, yakni 20-20-20.

Yaitu, 20 menit untuk membaca, 20 detik untuk memandang objek lain yang jaraknya 20 kaki atau sekitar 6 meter.

Cara ini bisa membuat mata kamu tidak akan cepat lelah. Dan jangan lupa sering-seringnya berkedip untuk membantu mata tetap terjaga kadar airnya.

3. Berikan waktu untuk mata beristirahat

Kalau kamu merasa lelah, istirahatkan mata kamu dengan menutup mata dan bisa memberikan pijatan pelan di bagian pelipis mata. Kamu juga bisa menggunakan mentimun yang diiris tipis yang sebelumnya sudah dimasukkan kulkas untuk dijadikan masker mata kamu. Ini akan membuat mata menjadi lebih rileks.

4. Lalukan Stretching

Salah satu faktor mata menjadi lelah adalah kurangnya asupan oksigen ke kepala. Dengan melakukan stretching, akan membantu aliran darah dan oksigen menjadi normal. Kamu bisa melakukan peregangan tangan, kaki, bahu dan punggung.

5. Gunakan obat tetes mata

Jika mata sudah mulai sangat lelah, pedih, dan terasa kering, kamu bisa gunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan. Tapi ingat, gunaka obat tetes yang aman digunakan untuk mata normal atau sekadar untuk memberikan kesejukan di mata.

6. Perbaiki posisi membaca

Jangan membaca dalam posisi tidur terlentang, itu akan membuat mata menjadi cepat lelah. Sebaiknya membaca dalam posisi duduk tegak dan posisikan buku sejajar dengan mata.

Banyak yang melakukan kesalahan saat membaca buku dalam posisi tidur, alhasil itu dapat memengaruhi kesehatan mata.