Kemajuan teknologi membuat dunia medis semakin cepat dalam menjawab permasalahan pasien yang sebelumnya terbayang sulit untuk diatasi. Hasil penemuan – penemuan berikut membantu perkembangan dalam dunia medis.

Teknologi penyambung sel kulit dan tulang

Ohio University menghasilkan penemuan mengenai sebuah chip khusus yang dapat menyambungkan sel – sel kulit dan tulang pada pasien. Penelitian ini berguna bagi pasien dengan masalah patah tulang yang masih menunggu sebelum mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Seperti namanya, chip khusus ini ukurannya tidak lebih besar dari sim card handphone. Chip dipasang langsung ke bagian kulit dan tulang yang terpisah.

Jangan merasa takjub dulu, karena penemuan selanjutnya tidak kalah keren. Dengan mengandalkan teknologi Tissue Nanotransfection (TNT), Ohio University berhasil menghasilkan sebuah penemuan alat bernama cargo. Cargo adalah sebuah alat yang dapat mengalirkan arus listrik pada bagian kulit untuk menutup luka. Sekarang udah nggak perlu lagi menunggu luka kering dan menutup dengan cargo.

Teknologi pembakar lemak

Mengurangi berat badan selalu menjadi resolusi tahun baru yang dimiliki oleh banyak orang. Kabar baik untuk Anda yang tidak pernah bisa komitmen dalam diet dan olahraga, peneliti – peneliti dari Colombia University Medical Centre menghasilkan sebuah penemuan yang diberi nama “microneedle patch” . Microneedle patch dibuat dengan menggunakan teknologi nanopatch. Microneedle nanopatch mengendalikan obat yang diinjeksikan pada microneedle ke area – area tertentu yang ditentukan oleh dokter. Setelah microneedle diinjeksi, lemak coklat akan mencair secara perlahan ke dalam bentuk partikel nano. Selain menurunkan kadar lemak, microneedle patch juga digadang – gadang dapat menurunkan kadar glukosa.

Pen pendeteksi kanker

Di Indonesia, kanker menjadi penyakit yang semakin sering diidap oleh banyak orang. Penyakit kanker adalah penyakit mematikan yang hanya dapat disembuhkan dengan perawatan dan obat-obatan rutin yang harganya mahal, itu pun tidak ada jaminan sembuh. Menjawab permasalahan ini, University of Texas membuat sebuah alat yang dapat mendeteksi kanker sejak dini.

Alat pendeteksi kanker berbentuk seperti pena ini diberi nama Masspec Pen. Maspec pen memiliki metode Frozen Section Analysis yang dapat mendeteksi kanker dalam 30 menit atau lebih menuju proses pengambilan sampel. Rencananya, Masspec pen akan digunakan dalam operasi pembedahan di masa mendatang.

Dari penemuan-penemuan tersebut, adakah yang sudah pernah Anda coba? Menurut Anda, apakah ketiga penemuan alat medis di atas sudah cukup membantu kehidupan manusia saat ini?