Zaman telah berubah dan gaya hidup manusia pun turut berubah. Hal yang biasa dilakukan di era dulu, anggap saja era 80-90an, sekarang ada yang tidak relevan lagi untuk dilakukan. Orang mengatakan itu sudah kuno.

Ada yang menganggap kalau zaman dulu (beberapa puluh tahun yang lalu) lebih enak daripada zaman sekarang. Tapi ada juga yang mengatakan kalau sekarang lebih mudah dari zaman dulu.

Tapi di era sekarang yang orang menyebutnya generasi milenial, tidak bisa dianggap remeh. Benar jika semuanya jadi lebih mudah berkat teknologi, akan tetapi justru ini jadi tantangan tersendiri bagi anak-anak di generasi milenial ini.

Dari beberapa tantangan itu, diantaranya adalah :

#Harus bisa lebih kreatif

Anak-anak di generasi milenial yang sejak kecil sudah disuguhui teknologi terkini, harus bisa lebih kreatif lagi. Agar teknologi yang sudah ada saat ini bisa dimanfaatkan untuk kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Sehingga anak di generasi milenial ini tidak sekadar jadi pengguna saja, tetapi agar bisa juga menjadi penggiat bahkan ahli dalam bidangnya yang bisa memanfaatkan teknologi.

#Harus bisa menghargai proses

Banyak yang bilang kalau anak zaman sekarang sukanya yang serba instant. Kalau melakukan sesuatu kemudian jatuh atau gagal, langsung galau tidak karuan. Ia lupa kalau dibalik itu harus ada proses yang dilalui.

Memang benar, hidup di era sekarang ini sudah banyak platform yang membantu kehidupan kita. Yang akhirnya itu kadang memangkas proses yang perlu kita lalui. Tetapi jangan jadikan itu alasan untuk selalu mendapatkan hasil secara instant. Lalui proses yang ada agar bisa belajar dari proses itu.

#Harus lebih teliti dan jeli

Perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini begitu cepat. Adanya internet didukung munculnya berbagai media sosial dan aplikasi pesan singkat, membuat distribusi informasi antar orang ke orang semakin cepat.

Ini yang perlu diperhatikan oleh generasi milenial, jangan gegabah dalam menilai dan membaca sebuah informasi. Harus lebih teliti dalam membaca informasi, cek dulu valid atau tidaknya sebuah informasi. Dan jangan percaya pada satu sumber saja.

#Harus bisa bersikap dewasa

Kita tahu hampir semua anak-anak di generasi milenial ini sudah memiliki akun media sosial. Dan kehidupan di media sosial ini kadang 180 derajat berbeda dengan kehidupan nyata. Ada orang yang di kehidupan nyata diam dan tidak banyak tingkah, tetapi di dunia maya banyak tingkah, cerewet, bahkan berkata kotor.

Jangan sampai itu terjadi. Di era milenial sekarang ini harus bisa bersikap dewasa. Harus bisa menggunakan media dengan bijak dan dewasa. Media sosial hanyalah sebuah platform, dan tetap saja dibutuhkan etika seperti berkomunikasi secara langsung di dunia nyata.

Generasi milenial memang sangat erat dengan teknologi. Jangan sampai teknologi membunuhmu karena gaya hidup yang salah. Tetap gunakan teknologi dengan semestinya dan jaga attitude kita.