Menjelang pensiun biasanya akan memikirkan kesibukan pasca pensiun nanti. Meskipun sudah tidak akan kembali ke rutinitas kerja lagi, tetapi ketika sudah pensiun tetap ingin memiliki kesibukan. Kalau yang pensiunan PNS mungkin tidak perlu mempermasalah kesibukannya menghasilkan atau tidak, tapi buat yang swasta, pengennya punya kesibukan yang bisa mendatangkan uang.

Nah, salah satu kesibukan yang bisa dilakukan bagi pensiunan swasta adalah berwirausaha. Tapi usahanya bukan yang berat-berat, pengennya yang mudah dilakukan tapi menghasilkan. Apa ada yang seperti itu? Jelas ada.

Jika Anda memang ingin memiliki usaha setelah pensiun nanti, berikut ini peluang usaha yang cocok untuk pensiunan.

Budidaya Jamur

Segala jenis jamur yang bisa dikonsumsi bisa dijadikan usaha setelah pensiun nanti. Karena dalam prosesnya, perawatan budidaya jamur ini cukup mudah, apalagi untuk jamur tiram. Anda cukup siapkan modal untuk membuat rumah budidayanya serta pembelian baglognya. Perawatannya pun sangat mudah, tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak.

Lagi pula permintaan jamur ini masih banyak. Anda bisa menjualnya ke rumah-rumah atau bisa bekerja sama dengan restoran atau warung jika sudah memiliki produksi skala besar.

Coba belajar cara budidayanya melalui buku yang ada.

Buku terkait :

Ternak Ikan

Usaha yang bisa dilakukan dengan mudah lainnya adalah teknak ikan, seperti ikan lele. Ikan lele ini pasarnya luas, dan panennya juga cepat. Secara proses perawatan juga mudah, dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

Kalau Anda tidak punya kolam semen, bisa membuat kolam dengan terpal. Sudah banyak caranya budidaya ternak lele dengan kolam terpal. Hasilnya pun tak kalah bagus.

Beternak lele ini bisa sembari mengajak cucu bermain atau membaca koran di pagi hari.

Kalau ingin mengupas lebih jauh masalah ternak lele, bisa baca-baca buku ini.

Buku terkait :

Budidaya Sayuran Organik

Kalau punya lahan atau pekarangan yang cukup, bisa juga dibuat budidaya sayuran organik. Budidaya ini sangat mudah dilakukan. Anda pun bisa menggunakan sistem hidroponik atau akuaponik atau tanam dipot secara langsung.

Sekarang pun banyak sekali cara budidaya sayuran ini.

Buku terkait :

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki usaha setelah pensiun, yang paling utama lakukan atas dasar rasa senang dengan usaha ini. Jangan sekadar memikirkan hasil (uang) yang akan didapat. Karena usia Anda yang semakin menua, usaha-usaha ini bisa dijadikan juga sebagai refreshing dari pada harus duduk sambil minum kopi terus menerus.

Kalau punya usaha seperti ini kan enak. 🙂 Silakan dicoba.